Jelaskan Mengapa Negara Singapura Lebih Berfokus pada Perdagangan dan Industri

Jelaskan mengapa negara singapura lebih berfokus pada perdagangan dan industri - Jika ada pertanyaan mengapa Singapura lebih fokus pada perdagangan dan industri dari sektor ekonomi lainnya, tentu saja jawabannya mengacu pada lokasi Singapura itu sendiri. Ya, menyadari bahwa mereka tidak kaya sumber daya alam (SDA) sebagai negara-negara Asia Tenggara, Singapura lebih menyasar sektor perdagangan dan industri untuk mempertahankan bangsa mereka.

Jawaban tentang jelaskan mengapa negara singapura lebih berfokus pada perdagangan dan industri

Hal ini karena geografi Singapura sangat strategis. Sampai saat ini, Singapura telah menjadi jalur transit perdagangan yang melewati berbagai produk dari berbagai negara. posisi Singapura di dekat Selat Malaka mempertegasnya menjadi jalur utama perdagangan. Karena selalu jalan ini yang menghubungkan Asia Timur dengan India, Timur Tengah, Eropa ke Afrika.
Karena begitu ramai, ada banyak perusahaan asing membuat Singapura sebagai pusat distribusi bahan baku dan produk industri. Jadi ini adalah apa yang membuat Singapura lebih terfokus pada perdagangan dan industri. Tapi di samping perdagangan, sektor industri, penyulingan terutama industri dan pengolahan minyak bumi dan gas alam masih menjadi fokus utama dari Singapura juga.

Meskipun pasar domestik sangat terbatas dan kurangnya sumber daya alam, tetapi Singapura dapat bertahan dalam krisis ekonomi pada tahun 2008. Hari ini, Singapura tercatat sebagai salah satu yang paling ekonomi stabil di dunia. Singapura juga dikenal sebagai negara yang tidak memiliki utang luar negeri, selalu mendapatkan surplus, serta pendapatan pemerintah yang sangat tinggi.

Seperti dijelaskan sebelumnya, ekonomi Singapura didukung oleh kegiatan perdagangan dan industri. Ya, beberapa di antaranya diperoleh dari ekspor peralatan elektronik, jasa keuangan, pelabuhan, dan pariwisata.

Salah satu alasan mengapa jasa keuangan ke sektor yang paling menguntungkan di Singapura adalah bisnis yang stabil dan iklim politik di Singapura. Ada lebih dari 200 bank dan lembaga keuangan di Singapura yang mengendalikan ekonomi dunia. industri lain yang mendukung perekonomian Singapura adalah pelayanan kesehatan, teknologi, media, pengembangan konten digital, dan banyak lagi.

Singapore pelabuhan (Port of Singapore) adalah salah satu pelabuhan tersibuk di dunia terhadap pengiriman tonase, yang mencapai 1,15 miliar gross ton (GT) dan ditangani tidak tepat pada tahun 2005. Selain karga tonase, Singapura adalah tepat di belakang Shanghai ton sirkuit 423jt ditangani.

Selain perdagangan, dan industri berat untuk merelaksiasikan, terutama di penyulingan industri dan pengolahan minyak dan gas alam, karena dalam industri ini telah memiliki fasilitas kilang yang cukup lengkap. Dengan demikian, Singapura menjadi pusat perdagangan minyak di Asia Tenggara.

Singapore mendapatkan minyak dari yang berada di negara-negara sekitarnya, seperti Brunei, Malaysia, dan Indonesia akan mengimpor minyak mentah, kemudian diolah kembali oleh Singapura, yang akan diekspor ke negara-negara lain. Dengan sistem pengolahan seperti ini, maka Singapura akan mendapatkan keuntungan begitu besar.

Demikian pembahasan dari artikel tentang negara singapura jelaskan mengapa lebih fokus pada perdagangan dan industri.