Seputar Pengertian Kreativitas

Seputar Pengertian Kreativitas
Pengertian kreativitas - Kreativitas adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru, entah apakah itu benar-benar sesuatu yang baru atau ide baru yang diperoleh dengan menghubungkan atau mengembangkan beberapa hal yang ada sehingga mampu menjadi sesuatu yang baru. Selain itu, kreativitas adalah hal-hal yang dikagumi karena hal-hal itu dianggap sebagai baru dan belum ada sebelumnya. Pada dasarnya,  kreativitas adalah mewujudkan ide-ide cemerlang yang dimiliki setiap orang. 

Pengertian kreatifitas

Umumnya pengertian kreativitas adalah kemampuan untuk menghasilkan produk, atau ide dari apa yang pada dasarnya baru dan sebelumnya tidak diketahui. Yang dapat berupa imajinatif atau sintesis pemikiran yang menghasilkan penciptaan pola-pola baru dan informasi gabungan yang berasal dari pengalaman sebelumnya.

Berdasarkan hal di atas, kreativitas adalah kemampuan untuk menghasilkan sesuatu yang baru yang belum pernah ada sebelumnya. Proses untuk menghasilkan hal-hal baru yang dapat diturunkan dari penciptanya sendiri, juga dapat berasal dari informasi dan pengalaman sebelumnya dari hal-hal yang akan dibuat, maka gabungan pencipta dan pembaharuan ide-ide yang pernah dihasilkan sebelumnya.
Kreativitas sebagai proses atau kemampuan yang mencerminkan keluwesan (fleksibilitas) dan orisinalitas dalam berpikir, serta kemampuan untuk menguraikan (mengembangkan, memperkaya) ide. Pemahaman di mana lebih menekankan pada proses perubahan (inovasi dan variasi).

Dari beberapa pendapat di atas, dapat disimpulkan bahwa kreativitas pada dasarnya kemampuan seseorang untuk menciptakan sesuatu yang baru yang relatif berbeda dari yang sudah ada, berdasarkan fleksibilitas, orisinalitas dalam berpikir dan kemampuan untuk menguraikan masalah. Produk kreativitas bukanlah sesuatu yang benar-benar baru, tetapi bisa menjadi kombinasi dari penemuan sebelumnya sehingga dapat menghasilkan sesuatu yang berbeda.

Contoh kreativitas di bidang fashion

Seberapa besar minat kamu dalam mode atau fashion? Mungkin tidak banyak. Tapi cerita ini tentunya menarik untuk dilewatkan. Kisah mengenai pakaian, pakaian pekerja kerah putih ikonik.

Sepanjang sejarahnya pada perkembangan sosial dan berasimilasi dengan budaya Eropa sebelum merembas ke tempat di dunia saat ini. Tuksedo atau apa yang kita kenal dengan nama jas berjenis pakaian formal biasanya digunakan oleh pengusaha atau kelas atas untuk menunjukkan status atau posisi orang tersebut.

Pada abad ke-19 awal, napoleon mengenakan pakaian frock mantel abu-abu yang terkenal sebagai karakteristik kaum tersebut. Pakaian pria kemudian lebih sederhana berbentuk dan gelap. Pengaruh jas Inggris telah membuat orang-orang di Eropa berpakaian dengan gaya yang lebih kompak, nyaman dan gelap.

Pada pertengahan abad ke-19 muncul setelan jas terbuat dari bahan yang sama untuk jaket dan celana. Yang disebut jas klasik dan menjadi pelopor bagi terciptanya pakaian pria modern, yaitu setelan bisnis.

Tuksedo biasanya digunakan sebagai pakaian laki-laki selama acara resmi atau undangan untuk menghadiri acara. Rupanya, tuksedo pertama kali dibuat di inggris untuk seorang pangeran. Mulai dari raja edward VII pada tahun 1867 dengan setelan pakaian yang sama dengan bahan celana panjang selama acara makan malam. 

Enam tahun kemudian, pangeran Edward VII diundang ke Amerika oleh seorang jutawan bernama James potter. Pada saat itu, pangeran merekomendasikan kepada James bahwa pakaian untuk Henry Poole untuk digunakan pada acara tersebut. James juga setuju. James menyukai usul itu, maka ia menggunakan jas saat pergi ke klub-klub top negara itu di New York, tuxedo park club. Akhirnya, pakaian menyebar dan populer di Amerika Serikat dengan nama tuksedo.

Sampai saat itu, tuksedo dikembangkan mengikuti perubahan mode, dan terus memperkuat sebagai ikon fashion untuk pria. 

Nah, hal itulah yang disebut dengan kreatifitas, yaitu menciptakan sesuatu yang dianggap sebagai sesuatu hal yang baru. Karena, orang kreatif kerap diidentikan dengan seni, maka tak jarang makna kreatif pun kerap disangkut pautkan dengan bidang seni.