Manfaat Pancasila Sebagai Dasar Negara Dan Pandangan Hidup

Manfaat pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup - Bagi setiap warna negara Indonesia, Pancasila sudah menjadi hal yang asing bagi setiap masyarakat kita karena pancasila sudah menjadi ideologi negara Indonesia. Beberapa manfaat pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup antara lain:

Sebagai ciri dan jiwa bagi bangsa Indonesia itu sendiri Sebagai pandangan, cara hidup, dan cita-cita leluhur bangsa Indonesia. Sebagai tombak negara dalam menghadapi masalah ekonomi, budaya, politik, dll. Sebagai sarana pemersatu persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Sebagai alat untuk mempertahankan kekokohan pendirian bangsa Indonesia

Manfaat pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup

  1. Selain sebagai lambang negara kita (Indonesia). 
  2. Pancasila adalah dasar bagi ideologi negara Indonesia. 
  3. Pancasila adalah rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia. 
  4. Sejatinya, pancasila memiliki manfaat bagi permersatu kesatuan dan persatuan bangsa dan seluruh masyarakat Indonesia. 
  5. Pancasila berdampak luar bisa untuk kelangsungan bangsa Indonesia itu sendiri. 

Penjelasan lebih lanjut mengenai manfaat pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup, berikut ini penjelasan lebih lanjutnya.

1.Pancasila Menjadi Pandangan Hidurp Bangsa Indonesia

Pancasila sebagai fungsi pandangan bangsa. Untuk itu bangsa Indonesia harus dipandu oleh Pancasila dalam kehidupan sehari - hari. Semua bentuk budaya dan cita-cita - cita-cita Indonesia dan moral harus bersumber dari Pancasila. Hal ini dilakukan dalam rangka mencapai kemakmuran bagi seluruh masyarakat Indonesia.

2.Pancasila Menjadi Jiwa Bangsa Indonesia

Pancasila sebagai jiwa bangsa Indonesia untuk tetap bisa bekerja. Setiap bangsa tentu memiliki jiwa atau ideologinya masing-masing. Dalam hal ini, Pancasila menjadi jiwa dari Indonesia. Pancasila itu sendiri telah ada sejak proklamasi kemerdekaan dilalukan.

3.Pancasila Sebagai Kepribadian Bangsa

Pancasila memiliki fungsi sebagai kepribadian bagsa. Untuk itu rakyat Indonesia haruslah memiliki kepribadian pancasila ini dalam setiap aktifitasnya. Hal inilah yang memberikan pembeda dan ciri khas bangsa Indonesia dengan bangsa-bangsa lain.

4. Pancasila Menjadi Perjanjian Luhur

Pancasila sebagai perjanjian jiwa luhur telah disepakati melalui Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia pada tanggal 18 Agustus 1945. Meskipun disahkannya Pancasila hanya oleh PPKI, namun PPKI sebenarnya hanya tubuh yang mewakili suara rakyat. Jadi Pancasila merupakan hasil kesepakatan semua rakyat Indonesia.

Nah itulah penjelasan mengenai manfaat pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup.


Add Your Comments

Disqus Comments