Protista Mirip Tumbuhan Berdasarkan Pigmen Warnanya

Protista Mirip Tumbuhan - Kali ini kita akan berbicara tentang jenis protista yang menyerupai tanaman. Apa yang kamu pikirkan jika mendengar ganggang? Nah, ganggang atau alga ini adalah nama lain dari protista, memang, Protista mirip tumbuhan.

Namun, apa yang menyebabkan tanaman protista dikatakan mirip dengan tumbuhan? mari kita cari tahu artikel di bawah ini!

Photoautotrophs atau ganggang adalah protista yang dapat membuat makanan sendiri melalui fotosintesis. Meskipun kelompok ini memiliki klorofil dan mampu melakukan fotosintesis seperti tumbuhan pada umumnya, tapi ganggang tidak memiliki bentuk tubuh yang sama seperti tanaman.

Mengapa? Karena cara tubuhnya tidak dapat membedakan antara akar, batang dan daun. Oleh karena itu, alga hanya dapat dikatakan menyerupai tanaman, tidak termasuk spesies tanaman.

Karakteristik protista

ada banyak karakteristik Protista, apa saja itu? protista menyerupai tanaman ini dibagi menjadi enam kelas dikelompokkan sesuai dengan pigmen dominan mereka, termasuk:

Chlorophyta (alga hijau)

Kelompok pertama adalah Chlorophyta. Chlorophyta pigmen klorofil a dan klorofil b lebih dominan daripada xantofil dan karoten pigmen. Apasih klorofil a dan klorofil b itu? Ketika pigmen klorofil menghasilkan warna hijau kebiruan pada tanaman, sedangkan klorofil b adalah pigmen yang menghasilkan warna kuning-hijau.

Kelompok ganggang hijau memiliki kloroplas membentuk bermacam-macam bentuk, termasuk bintang, mangkuk dan spiral. kebanyakan Chlorophyta hidup di air tawar, tetapi terkadang bisa juga ditemukan di lingkungan yang lembab, seperti tanah atau batang pohon basah. Contohnya termasuk Chlorophyta Ulva sp., Spirogyra sp., Dll

Chrysophyta (ganggang keemasan)

kelompok Chrysophyta memiliki pigmen warna dominan adalah karotenoid (coklat kuning) dan pigmen berwarna lainnya seperti klorofil a dan klorofil c. C Klorofil adalah pigmen tanaman hijau coklat. Chrysophyta terdiri dari satu sel atau beberapa sel dan memiliki bentuk disk kloroplas, tape, atau oval. Kelompok ini dapat ditemukan di air tawar dan air laut. Misalnya Chrysophyta adalah diatom, Navicula sp., Pinnularia sp., Dll

Phaeophyta (ganggang coklat)

Kelompok ketiga adalah Phaeophyta alga. Phaeophyta milik ganggang coklat yang memiliki fikosantrin pigmen (coklat) lebih dominan dan pigmen klorofil a, klorofil c, dan karotenoid. Kelompok ini adalah multiseluler dan sebagian besar ditemukan di laut. Contohnya termasuk Phaeophyta Fucus sp., Turbinaria sp., Laminaria sp., Sargassum sp., Dll

Rhodophyta (alga merah)

Berikut ini adalah Rhodophyta. Rhodophyta memiliki fikoeritrin pigmen (merah) lebih dominan daripada pigmen karoten, xantofil dan klorofil. Rhodophyta umumnya makroskopik dan multiseluler. Kelompok ini digunakan sebagai bahan makanan atau manufaktur kosmetik. Contohnya termasuk Eucheuma spinosum Rhodophyta, Gracilaria sp., Gelidium sp., Erytrophylum sp., Macrocladia sp., Dll

Pyrrophyta (alga api)

Pyrrophyta disebut juga dengan nama ganggang api karena mereka dapat memancarkan cahaya merah yang terlihat cerah. Pyrrophyta pigmen klorofil a dan klorofil c. Kelompok ini alga terdiri dari sel dan bergerak berbentuk flagela dua cambuk.

Pyrrophyta dapat hidup di air tawar dan air asin. Contoh Pyrrophyta adalah Gymnodinium, Peridinium, Ceratium, dan Gonyaulax.

Euglenophyta

Dan yang terakhir, ganggang adalah kelompok Euglenophyta. Protista ini menyerupai tanaman dikarenakan Euglenophyta memiliki klorofil a, klorofil b, dan karotenoid yang dapat melakukan fotosintesis.

Sementara itu, beberapa mengatakan menyerupai hewan karena Euglenophyta memiliki alat gerak berupa flagel yang juga keluar dari selnya. Kelompok ini dapat hidup di air. Contohnya termasuk Euglena Euglenophyta.

Nah, itulah pembahasan kita mengenai protista mirip tumbuhan kali ini. Nah, sekarang kalian tahukan apa saja kelas protista mirip tumbuhan sesuai dengan dominan pigmen warnanya.



Add Your Comments

Disqus Comments