Jelaskan Fungsi Dari Kementerian Negara Republik Indonesia

Jelaskan Fungsi Dari Kementerian Negara Republik Indonesia - Dalam membantu tugas seorang presiden, kementrian dibentuk untuk melakukan hal itu. Kementerian negara Republik Indonesia didirikan sebagai lembaga resmi Negara.

Kementrian dipimpin oleh seorang menteri dengan beberapa staff khusus yang membantunya. Kementrian sendiri memiliki tugas untuk membantu dan bertanggung jawab langsung kepada presiden sesuai dengan bidang kementrian yang di embannya.

Setiap bidang kementrian, tentunya diberikan tugas yang berbeda sesuai bidang yang menjadi tugas lembaganya masing-masing.

Tak hanya itu, ada beberapa kementerian koordinator yang memang memiliki tugas sebagai penanggungjawab beberapa kementerian yang bergerak dengan urusan pemerintahan yang sama dan tak jauh berbeda.

Jelaskan Fungsi Dari Kementerian Negara Republik Indonesia


  1. Merumuskan kebijakan yang sesuai dengan bidang yang terkait dengan pembentukan pemerintah, otonom, pekerjaan sipil, administrasi dan pemerintahan umum
  2. Menetapkan dan melaksanakan kebijakan sesuai dengan hukum
  3. Mengatur pelaksanaan tugas dalam lingkup kementerian terkait
  4. Mengelola kekayaan negara
  5. Bertanggung jawab penuh dalam mengawasi tugas yang dilakukan
  6. Mengkoordinasikan fasilitas umum, termasuk pembuatan dan penggunaannya
  7. Melakukan penelitian dan pengembangan pemerintah yang diperlukan
  8. Mengembangkan sumber daya manusia
  9. Melaksanakan kegiatan teknis di tingkat pusat dan daerah

Kesimpulan Fungsi Dari Kementerian Negara Republik Indonesia

Kementerian negara adalah lembaga negara yang dipimpin oleh seorang menteri dan bertanggung jawab langsung kepada presiden, kementerian akan bertanggung jawab untuk membantu presiden dalam melaksanakan tugas pemerintahan dan memastikan penerapan tata kenegargaan secara adil untuk seluruh penduduk Indonesia.

Fungsi dan Tugas Pemerintahan

Kementerian terletak di ibukota Indonesia memiliki tugas melaksanakan urusan tertentu dalam pemerintahan untuk melaksanakan dan bertanggung jawab kepada Presiden dalam melaksanakan administrasi negara sebagai berikut:

Penyelenggara perumusan, penetapan, dan pelaksanaan beberapa kebijakan di bidang kementrian yang dijalaninya. Hal itu meliputi pada proses pengelolaan barang milik / kekayaan negara yang menjadi tanggung jawabnya, serta melakuka pengawas sesuai denga pelaksanaan tugas di lapangan dan kegiatan teknis dari pusat ke daerah-daerah terkait. Nah, itulah penjelasan fungsi dari kementerian negara republik Indonesia.


Add Your Comments

Disqus Comments