Hak Prerogatif Diartikan Sebagai Kekuasaan Apa? Ini Jawabannya

Hak prerogatif diartikan sebagai kekuasaan – Mungkin kamu sudah tak asing lagi dengan istilah hak prerogatif. Hak ini memang melekat dengan hak seorang pemimpin suatu Negara.

Di indonesia sendiri hak ini melekat dengan presiden selaku seorang eksekutif negara. Apabila dilihat dalam sejarahnya, hak prerogatif menjadi hak yang tentunya sangat istimewa. Mengapa? Karena dahulunya hak ini merupakan hak yang hanya dimiliki oleh seorang raja, di mana hak ini pertama kali diterapkan dalam konteks tatanegara pada kerajaan inggris. Hak istimewaan ini merupakan hak bagi penguasa politik dalam memutuskan dan menentukan sesuatu berdasarkan pertimbangan sendiri secara pribadi.

Yang menjadi keistimewaan hak ini yaitu putusan dapat dilakukan tanpa ada alasan apapun atau alasan tertentu. Hal itu murni kehendak pribadi dari sang pemimpin negara itu sendiri.

Dalam konteks negara kita, yaitu yang menjunjung demokrasi dengan kepala negara seorang presiden, kekuasaan presiden sebagai kepala negara tersebut sering disebut dengan istilah “hak prerogatif presiden” yang berarti  kekuasaan mutlak presiden yang tak dapat diganggu oleh pihak lain, baik dari luar ataupun dari dalam Negara itu sendiri.

Pengertian hak prerogatif yang diartikan sebagai kekuasaan

Prerogatif dalam bidang hukum, merupakan hak khusus yang bersifat istimewa. Hak yang diberikan hanya kepada pemerintah atau penguasa negara saja ini diberikan kepada seorang atau sekelompok orang, yang tentunya terpisah dari hak-hak masyarakat pada umumnya berdasarkan hukum yang berlaku.
Pendapat atau pengertian hak prerogatif sebagai kekuasaan, menurut John Locke (1689) adalah "kekuasaan tanpa memastikan ketentuan hukum, kadang-kadang, atau bahkan dapat melawan hukum menurut keputusan sendiri untuk kebaikan publik".
Jika dilihat dari sudut pandang teoritis, hak prerogatif ini merupakan hak istimewa yang dimiliki oleh lembaga-lembaga negara tertentu. Hal yang bersifat mandiri dan independen ini bersifat mutlak yang artinya tak bisa digugat baik itu oleh lembaga negara lainnya.

Pada sistem pemerintahan negara-negara modern yang ada saat ini, hak kekuasaan progresf dimiliki hanya oleh kepala negara, baik raja ataupun presiden, serta kepala pemerintahan dalam bidang-bidang tertentu di mana hal itu harus termuat dan disahkan dalam konstitusi negara yang bersangkutan.

Prerogatif sendiri diambil dalam bahasa latin yaitu praerogativa (dipilih sebagai orang paling dahulu memberi suara), praerogativus (diminta sebagai orang pertama memberi suara), praerogare (orang diminta sebelum meminta yang lain).
Hak prerogatif sejatinya dimuat berdasarkan dari dua suku kata berbeda, yaitu hak dan prerogatif.
Berdasarkan kata yang dimuat dari kamus besar bahasa Indonesia, hak sendiri memiliki arti sebagai kekuasaan atau kewenangan seseorang untuk dapat melakukan sesuatu.

Sedangkan prerogatif memiliki perngertian sebagai hak istimewa yang dimiliki oleh kepala negara tertentu, mengenai hukum dan undang-undang di luar kekuasaan badan-badan perwakilan yang bersangkutan.

Lebih lanjut mengenai hak prerogatif diartikan sebagai kekuasaan, kita dapat memahami terlebih dahulu arti sepenuhnya prerogatif berdasarkan Kbbi. Pengertian hak prerogatif adalah hak khusus atau hak istimewa yang diberikan kepada seseorang karena kedudukannya, yaitu sebagai kepala negara, contoh hak prerogatif di antaranya seperi memberikan tanda jasa, gelar, grasi, atau amnesti.

Nah, sekian pengertian hak prerogatif diartikan sebagai kekuasaan yang dimiliki oleh seorang kepala negara, baik presiden ataupun raja.



Add Your Comments

Disqus Comments