Bagaimana Penerapan Pancasila Sebagai Dasar Negara Pada Masa Awal Kemerdekaan

Bagaimana penerapan pancasila sebagai dasar negara pada masa awal kemerdekaan - Penerapan Pancasila di masa-masa awal kemerdekaan bangsa Indonesia yaitu menghadapi berbagai tantangan baru. Berbagai tantangan baru yang dihadapi oleh masyarakat Indonesia dalam penerapan Pancasila di masa-masa awal kemerdekaan seperti upaya mengganti ideologi rakyat Indonesia oleh PKI dan DI / TII, serta upaya menerapkan Pancasila terhadap kaum Liberal.

Pancasila adalah bukti nyata dari hasil perjuangan bangsa Indonesia dalam memerangi penjajahan, tetapi dalam menerapkan zaman, Pancasila memiliki begitu banyak tantangan.

Bagaimana penerapan pancasila sebagai dasar negara di awal kemerdekaannya?

Pada masa-masa awal kemerdekaan Bangsa Indonesia, penerapan Pancasila yang telah diratifikasi oleh PPKI tidak serta merta dilanjutkan. Suasana transisi dari masyarakat terjajah ke masyarakat mandiri menimbulkan banyak masalah baru.

Berbagai masalah yang telah dihadapi oleh masyarakat Indonesia dalam penerapan Pancasila di masa-masa awal kemerdekaan seperti upaya mengganti ideologi masyarakat Indonesia oleh PKI dan DI / TII, serta upaya menerapkan Pancasila ke arah Liberal.


Bagaimana pancasila berlaku pada masa periode orde baru?

Selama era Orde Baru, ada upaya untuk menerapkan Pancasila yang awalnya otoriter untuk memiliki konsep yang lebih demokratis. Pada masa ini, pemerintah Orde Baru memiliki visi untuk mengimplementasikan Pancasila dan UUD 1945 secara murni dan konsisten dalam setiap aspek kehidupan masyarakat Indonesia. Namun, dalam penerapannya, pemerintah masih otoriter seperti pemerintah sebelumnya, karena Kepala Pemerintahan (Presiden) saat itu adalah pusat dari semua proses politik di Indonesia. Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan Pancasila selama era Orde Baru masih jauh dari harapan.

Jelaskan tantangan bangsa-bangsa indonesia dalam menerapkan pancasila sebagai negara berdasarkan reformasi?

Selama masa reformasi, tantangan dalam mengimplementasikan Pancasila tidak datang dari ancaman pemberontakan lagi, tetapi tantangan yang dihadapi berasal dari kondisi kehidupan masyarakat yang diwarnai oleh kehidupan yang sepenuhnya bebas (kebebasan berekspresi, kebebasan berserikat, kebebasan berbicara, dll.) penurunan rasa persatuan dan persatuan di antara warga negara bangsa, serta tantangan terhadap perkembangan dunia yang begitu cepat dan mendasar juga menjadi permasalahan baru.

Nah itulah penjelasan mengenai bagaimana penerapan pancasila sebagai dasar negara pada masa awal kemerdekaan.


Add Your Comments

Disqus Comments