5 Tips Psikotes Menggambar Orang Saat Melamar Pekerjaan


5 Tips Psikotes Menggambar Orang Saat Melamar Pekerjaan - Salah satu hal yang paling sulit ketika melamar pekerjaan adalah psikotes, dimana proses ini mengharuskan Anda untuk dapat menggambar objek manusia atau orang. Agar Anda bisa memenuhi syarat pada tahap ini, pastinya Anda bisa mengikuti tips psikotes menggambar orang berikut.

Untuk mendapatkan hasil terbaik dari proses psikotes menggambar saat melamar pekerjaan, Anda dapat mengikuti 5 tips jitu di bawah ini

Tips psikotes menggambar orang

5 Tips Psikotes Menggambar Orang Saat Melamar Pekerjaan

Saat menjalani proses penerimaan karyawan baru di sebuah perusahaan, Anda pasti akan menjalani sejumlah tes yang dibutuhkan oleh perusahaan. Salah satu tes yang sudah pasti Anda ketahui adalah tes psikologi menggambar orang.

Pada tahap ini, Anda akan dipaksa untuk berpikir mulai dari memikirkan berapa ukuran dan besarnya gambar, posisi gambar, hingga aktifitas obyek seorang yang Anda gambar.

Ketika Anda diminta untuk menggambar, ternyata hal itu bisa menggambarkan tingkat wawasan, rasa tanggung jawab, kepercayaan diri, dan pengetahuan Anda pada pekerjaan.

Menggambar psikotes tentunya terbilang rumit, apa lagi bagi Anda yang tidak pandai menggambar, tapi tengan! Psikotes menggambar ini tidak dinilai baik atau buruknya gambar anda.

Namun, lebih kepada detail ketika menggambar objek tersebut. Selain itu, terlihat juga dari goresan yang telah Anda buat. Di mana goresan ini dapat mencerminkan karakteristik pribadi penggambarnya.

Tips psikotes menggambar orang saat melamar pekerjaan

Perlu dipahami, ketika Anda menjalani tes psikologi, ada beberapa tips untuk membantu Anda menyelesaikanya denga baik. Sehingga Anda dapat lulus tes menggambar orang tersebut. Nah, langsung saja berikut ini ulasannya:

1. Gambar sesuai dengan jenis kelamin

Tips untuk berhasil dalam tes pertama menggambar orang adalah menggambar objek menurut jenis kelamin. Jika Anda perempuan, obyek perempuan yang harus Anda pilih dan jika Anda berjenis kelamin pria buat juga gambar orang dengan jenis laki-laki. Ketika Anda mulai menggambar, pastikan menjaga posisi gambar tepat di tengah kertas dalam posisi simetris.

2. Gambar dengan lengkap, jangan menggambar kartun atau sketsa

Tips berikutnya adalah menggambar bentuk dari objek secara keseluruhan dan lengkap, dari kepala sampai kaki. Anda juga perlu menunjukkan bagian tubuh, seperti mata, alis, hidung, telinga, tangan, mulut, sampai jari sekalipun.

Kenapa begitu? Karena tes menggambar orag akan dinilai bukan dari seberapa baik gambar anda, tapi bagaimana rincian dan detail Anda dalam menggambar sebuah objek. Dengan menggambar secara detail, Anda dianggap sebagai karyawan yang bekerja sangat rinci dan teliti.

3. Profesi jenis objek dari orang yang digambar

Dalam psikotes yang mengharuskan Anda untuk menggambar objek manusia, sebaiknya Anda memilih objek professional dalam artian sesuai dengan posisi yang Anda lamar. Kami menyarankan Anda menggambar objek dengan satu set pakaian beserta aksesoris yang dikenakannya.

Selain itu, pastikan menggambarkan ekspresi benda tersebut dengan ekspresi wajah bahagia atau tersenyum saat melakukan aktivitas atau pekerjaannya. Pada tahap ini, nilai yang diambil oleh psikolog, adalah nilai optimis Anda dalam melakukan berbagai tugas kantor.

4. Posisi obyek dan gaya orang tersebut

Anda tentu bebas untuk menggambir orang dengan berbagai aktivitas dari objek yang menarik sesuka anda, misalkan seperti duduk, berdiri, berbaring, menghadap ke kanan, menghadap arah kiri, dan berbagai gaya posisi lainnya. Pilihlah gaya yang lebih mudah dan dapat menyesuaikan dengan kemampuan Anda untuk menggambar manusia tersebut. Pastikan objek dalam posisi dan gaya yang menarik sesuai dengan kegiatan profesi yang Anda cari.

5. Perhatikan tekanan dan garis pada gambar

Ada beberapa arti ketika Anda melakukan tekanan pensil saat menggambar. Misalnya, tidak memberikan penekanan yang berlebihan pada wajah karena akan menunjukkan bahwa Anda adalah orang-orang yang tidak percaya diri.

Anda juga harus memperhatikan ukuran gambar. Jika Anda menggambarkan objek terlalu besar, maka Anda akan terlihat sebagai orang yang dominan. Selain itu, pastikan bahwa Anda menggambar tangan terbuka dan menunjukkan detail dari jari.
Serangkaian tes psikologi seperti menghitung, menjawab pertanyaan, dan menggambarkan objek manusia atau orang telah menjadi wajib untuk diselesaikan.

Karena dengan menyelesaikan serangkaian tes tersebut, maka psikolog dapat menentukan karakter dan sifat pekerjaan anda. Apa Anda cocok dengan pekerjaan itu atau tidak, bahkan jika Anda tidak dapat menggambar seseorang baik tentnya bukan masalah. Karena bagus tidaknya gambar buka persoalan. Namun, lebih menilai makna gambar yang Anda buat.

Dan penilaian dari tes ini lebih ke persoalan detal atau rinci gambar yang dibuat. Goresan pada gambar pun menjadi poin penilaian. Nah, tips gambar psikotes di atas, dapat Anda mulai dengan membuat referensi sebelum Anda melakukan tes psikologi tersebut.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah bahwa sebelum Anda menggambar, Anda harus berpikir bagaimana objek yang Anda ingin gambar. Dibutuhkan konsentrasi ketika Anda melakukan tes psikologis, maka sebaiknya cukupi waktu beristirahat dan pastikan sarapan sebelum menjalani tes tersebut. Nah, itulah tips psikotes menggambar orang yang bisa kamu ikuti.