Syarat Membuat NPWP Karyawan, Ini yang Harus Dipersiapkan!

Syarat Membuat NPWP Karyawan - Membayar pajak adalah kewajiban bagi warga negara Indonesia yang memiliki penghasilan baik sebagai pengusaha atau bekerja sebagai karyawan negeri sipil atau karyawan kantoran swasta. Namun, ternyata masih banyak orang yang belum memenuhi kewajiban ini.

Untuk dapat membayar pajak, setiap orang perlu memiliki NPWP, sehingga tidak mengherankan jika seorang pengusaha atau karyawan diharuskan memiliki NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak). Hampir semua perusahaan sekarang menyediakan persyaratan bagi karyawan untuk memiliki TIN. Sayangnya, ternyata masih banyak yang belum mengetahui syarat membuat NPWP karyawan?

Mengapa Harus Membuat NPWP Karyawan?

Bagi yang sudah memiliki NPWP akan diberikan kartu, kartu tersebut dibuat di Kantor Pajak sesuai dengan Domisili, dan proses pembuatan NPWP memerlukan waktu sekitar 1 hari kerja, itupun semua persyaratan harus lengkap, jika tidak lengkap maka pembuatan TIN tidak bisa diproses.

Jika Anda bekerja sebagai karyawan, atau ingin melamar pekerjaan pastinya ada kondisi yang harus dipenuhi dalam bentuk TIN. Maka, Anda dapat membuatnya terlebih dahulu.

Saking pentingnya, NPWP kini telah menjadi persyaratan umum yang harus dilampirkan ketika sesorang melamar pekerjaan sebagai karyawan swasta ataupun membuka rekening tabungan di bank.

Syarat Membuat NPWP Karyawan

Persyaratan untuk NPWP ini bisa Anda siapkan sebelum pergi ke kantor Pajak:
  1. Foto copy SK PNS atau Deskripsi Pekerjaan dari tempat kerja Anda
  2. untuk Warga Negara Indonesia: fotokopi Kartu Tanda Penduduk
  3. untuk Warga Negara Asing, beberapa persyaratan yang bisa dipersiapkan antara lain fotokopi paspor, fotokopi Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS)
  4. Isi Formulir Pendaftaran (Untuk dokumen ini diisi saat di Kantor Pajak)
Persyaratan yang di atas, adalah beberapa persyaratan umum dalam membuat NPWP, namun tidak menutup kemungkinan ada persyaratan tambahan lain yang harus diselesaikan dan dipersiapkan. Tentunya, hal itu sesuai dengan kebutuhan kantor pajak setempat.

Tenang saja, pembuatan NPWP grati, kok. Bagaimana? Sudah tahu syarat Membuat NPWP Karyawan?

Ingin membuat NPWP Karyawan? Langsung ke kantor pajak atau online?

Selain datang langsung ke kantor pajak, para karyawan dapat membuat NPWP online, yang juga gratis. Cara membuat TIN online adalah dengan menggunakan layanan e-registrasi kantor pajak yang dapat dilakukan di mana saja selama Anda terhubung ke koneksi internet:

Kunjungi situs web resmi Direktorat Jenderal Pajak (DJP) RI di www.pajak.go.id, lalu cari dan klik tautan e-registrasi di bagian DJP Online. Atau Anda juga bisa langsung menuju ke alamat https://ereg.pajak.go.id.

Login atau buat akun terlebih dahulu dengan email aktif untuk mendaftar.

Isi setiap bagian dari formulir pendaftaran, terutama bidang yang wajib diisi.

Jika Anda kesulitan mengisi formulir online, wajib pajak dapat menghubungi Kantor Pajak pada 1500-200 untuk mendapatkan panduan.

Tunggu formulir pendaftaran DJP Online untuk diproses (biasanya membutuhkan sekitar 14 hari kerja).

Jika Anda menginginkan proses yang lebih cepat, wajib pajak dapat meluangkan waktu untuk pergi ke kantor pajak setempat untuk membuat NPWP secara langsung dengan mengikuti langkah-langkah ini:

Datang sendiri (tanpa perwakilan) ke kantor pajak setempat dan pergi ke departemen manufaktur NPWP.

Bawa persyaratan untuk membuat NPWP pribadi yang sebelumnya sudah dijelaskan di atas.

Isi formulir dengan data yang benar, terutama nomor identifikasi wajib pajak, alamat, sumber pendapatan, kisaran pendapatan, dan jumlah tanggungan.

Jangan ragu untuk bertanya kepada petugas pajak jika Anda kesulitan mengisi.

Setelah selesai, kirimkan formulir beserta dokumen yang diperlukan.

File NPWP akan diproses pada hari yang sama, tetapi biasanya Sertifikat Terdaftar (SKT) dan Kartu NPWP akan dikirim ke alamat terdaftar melalui pos.

Nah, itulah beberapa syarat membuat NPWP karyawan dan proses mendaftarnya secara online ataupun datang langsung ke kantor pajak sekitar.


Add Your Comments

Disqus Comments