Permainan Softball Diciptakan Oleh George Hancock, Ini Sejarahnya

Permainan Softball Diciptakan Oleh George Hancock - Permainan softball adalah olahraga yang mirip dengan baseball. Permainan ini adalah olahraga tim dengan satu tim yang terdiri dari 9 pemain.
Olahraga ini pertama kali ditemukan oleh George Hancock pada tahun 1887 di kota Chicago, Amerika Serikat.

Sejarah olahraga permaian softball

Permainan softball adalah olahraga yang diciptakan oleh George Hancock. Olahraga ini lahir di Amerika Serikat, tepatnya Chicago, pada tahun 1887. Pada awalnya permainan ini hanyalah kegiatan yang dilakukan di ruang tertutup.

Olahraga ini adalah turunan langsung atau cabang daro permainan baseball. Sebenarnya, olahraga di dalam ruangan dimaksudkan sebagai sarana berlatih saat musim dingin. Karena itu, olahraga ini disebut "baseball indoor".

Uniknya, softball awalnya menggunakan sarung tinju yang dipelintir sebagai bola dan gagang sapu sebagai pemukulnya.

Kelahiran softball sangat mendadak. Suatu hari pada tahun 1887, lulusan universitas Yale dan Harvard berkumpul di Farragut Boat Club di Chicago untuk mendengar pengumuman skor pertandingan sepakbola tahunan.

Ketika skor diumumkan, seorang pendukung Yale melempar sarung tinju yang dipelintir ke pendukung Harvard, dan seorang alumnus Harvard secara spontan mengambil gagang sapu dan memutar pegangan, sebagai pemukulnya.

Saat itulah George Hancock berteriak "bermain bola!", Dan dia mengikat sarung tinju ke bola bisbol dan menggunakan pegangannya sebagai pemukul. Begitulah ide permainan softball lahir.

Seminggu kemudian Hancock mendesain bola softball yang seperti sekarang dan pemukul besar. Kemudian aturan resmi untuk permainan softball dibuat oleh Farragut Boat Club.

Permaian softball dengan cepat menyebar ke luar kota dan menjadi terkenal. Semakin permainan ini menyebar di berbagai tempat, maka diperlukanlah beberapa peraturan.

Maka lahirlah Federasi Softball Internasional (ISF). Badan inilah yang membuat aturan softball yang berlaku secara universal, baik di Indonesia maupun Eropa. Dengan pembentukan badan ini dan peraturan resminya, tentunya dimungkinkan untuk mempermudah mengadakan pertandingan softball antar negara.

Kemudian dimulailah kejuaraan nasional, regional dan dunia. Salah satu hal yang membuat softball terkenal yaitu permainan ini tidak melihat gender, baik wanita maupun pria bebas bermain di softball, tidak seperti baseball yang hanya untuk pria.

Cara bermain permaian softball

Softball dimainkan oleh dua tim. Setiap tim memiliki minimal 9 pemain dan sisanya adalah cadangan. Permainan terdiri dari 9 inning. Dalam satu babak, tim yang bersaing masing-masing memiliki kesempatan untuk memukul (memukul) untuk mencetak gol (lari). Ketika tim penyerang mendapat giliran untuk memukul, seorang pitcher bek melemparkan bola ke arah penangkap secepat mungkin sehingga bola tidak bisa mengenai.

Tim yang berjaga mencoba menghentikan anggota tim yang mendapat giliran untuk memukul. Tim yang mendapat giliran mendapat kesempatan namun gagal sebanyak 3 kali maka gilirannya digantikan oleh tim yang bertahan.
Skor atau run dihasilkan dari pelari yang berjalan menginjak semua plate secara berurutan dan kembali ke home plate.

Setiap pelari yang berhasil mengelilingi dan menginjak home plate mendapat satu poin. Waktu permainan ditentukan oleh inning. Setiap tim mendapat giliran untuk memukul hingga 3 kali dan menghentikan tim lawan 3 kali, yang disebut 1 babak. Di setiap permainan softball, durasi permainan setidaknya 7 inning tergantung pada situasinya, atau durasi 2 jam.

Setelah menghabiskan babak, tim yang mencetak angka paling banyak (lari) menang. Jika dalam babak yang ditentukan waktunya habis dan kedua tim ditarik, babak tambahan dimainkan sampai salah satu tim menang.

Kondisi itu disebut tie break atau seri. Di awal pertandingan, tim tuan rumah mendapat giliran lemparan sementara tim tamu memukul.

Tentang olahraga softball

Softball bisa dibilang olahraga yang populer bagi kaum muda, terutama pelajar di Amerika. Biasanya para pemain menggunakan seragam olahraga yang menarik, disertai dengan teriakan yell ketika mereka bermain. Ada beberapa faktor pendukung mengapa Softball sebenarnya dapat berkembang pesat di Indonesia.

1. Faktor Lapangan, lapangan permaia Softball tidak terlalu luas, dalam bentuk sisi lebar bidang 4 x 20 meter (60 kaki). Meskipun ada ukuran bidang yang terpisah, dapat dikurangi untuk berlatih di olahraga ini.

2. Faktor pemain, Softball dapat dimainkan oleh semua orang, tanpa memandang usia, baik pria maupun wanita. Setiap tim terdiri dari 9 orang, dalam permainan ada 2 tim lawan.
3. Dasar-dasar, permainan softball, sebenarnya sudah dikenal di Indonesia dengan nama permainan kasti.

4. Ciri-ciri, Softball adalah kombinasi dari kelincahan dan otak (pikiran), sehingga memiliki pengaruh yang baik pada pemain.

5. Peralatan, karena Softball adalah olahraga tim, peralatan dapat disediakan bersama. Sehingga harga peralatan yang mahal bisa dimiliki, dalam gotong royong.

6. Kompetis, karena setiap tahun acara kompetisi telah diatur, kelangsungan permainan dapat dijamin. Seperti kompetisi lokal, kompetisi nasional, kompetisi internasional, Pekan Olahraga Nasional dan sebagainya.

Saat ini ada banyak tim softball di kota-kota besar, yang setiap tahun mengadakan kompetisi antar kelompok. Di Jakarta misalnya ada beberapa klub terkenal, seperti Blue Jays, Prambors, Maluku, Rajawali dan sebagainya. Di Bandung ada Georgeous, Lodaya, Valiant dan di Surabaya VIO, Seriti dan lainnya.

Nah, sekilas tentang sejarah softball dan jawaban mengenai permainan softball diciptakan oleh George Hancock.




Add Your Comments

Disqus Comments