Pengertian Yupa dan Fungsinya

Pengertian Yupa - Pada artikel ini admin akan mengulas tentang Understanding Yupa. Tentunya banyak dari kita tidak tahu apa itu Yupa, mari kita lihat secara lengkap.

Memahami Pengertian Yupa dan Fungsinya

Pengertian Yupa adalah monumen batu atau monumen yang dibuat oleh para Brahmana untuk mengenang kejayaan Raja Mulawarman.

Selama kerajaan Hindu ada banyak Yupa. Yupa-yupa bahkan masih ada sampai sekarang walaupun sudah mengalami sedikit kerusakan.

Batu bertulis itu dibuat oleh para Brahmana karena kemurahan hati Raja Mulawarman yang menawarkan 20 ribu ekor sapi. Tulisan pada Yupa ini menggunakan surat kuno yang disebut huruf palawa.

Perbedaan Pengertian Prasasti dan Yupa

Yupa dan Prasasti keduanya dalam bentuk monumen batu. Yang membedakannya adalah Yupa adalah peninggalan khusus kerajaan Hindu di Kutai, Kalimantan Timur.

Adapun prasasti adalah peninggalan ras Hindu lainnya.

Yupa menjadi peninggalan tertua abad ke-5 M. Dikatakan bahwa Yupa adalah batu tulis hubungan geologis pada masa pemerintahan Raja Mulawarman.

Kerajaan Kutai adalah kerajaan Hindu tertua dan saat ini tujuh Yupa telah ditemukan yang menceritakan tentang Raja Asmawarman dan Raja Mulawarman.

Raja Asmawarman adalah putra Raja Kudungga, raja pertama kerajaan Kutai. Asmawarman memiliki tiga putra. Salah satu yang paling terkenal adalah Raja Mulawarman yang banyak disebut di Yupa.

Raja Mulawarman dikenal luas karena kemurahan hatinya dan juga sifatnya yang murah hati.

Fungsi yupa

Sebagai tempat penyembelihan
Untuk memperingati kejayaan Raja Mulawarman
Menceritakan sejarah kerajaan Kutai

Demikian informasi terkait pembahasan kali ini. Semoga artikel mengenai pengertian Yupa dan fungsinya kali ini bisa menjadi informasi untuk kamu ya.


Add Your Comments

Disqus Comments