Pengertian 5W+1H dalam Dunia Jurnalistik

Pengertian 5W+1H adalah istilah yang umum di dunia jurnalisme, tetapi tidak hanya di dunia jurnalisme. Dalam setiap penulisan informasi apakah itu dalam teks berita atau apa pun. Elemen 5w+1h digunakan untuk menjamin bahwa suatu informasi dapat disampaikan dengan benar.

Lalu, apa itu 5w+1H? apa pengertian dan penjelasan masing-masing bagian? Apa contoh penerapan 5w + 1H untuk sebuah cerita? Dalam artikel singkat ini kami akan memberikan sedikit penjelasan.

5W+1H atau disebut juga "adiksimba" adalah elemen yang digunakan untuk memahami esensi sebuah cerita atau juga untuk menentukan judul berita. Sebuah berita dapat dikatakan baik jika dapat menjawab elemen-elemen yang terkandung dalam 5W+1H.

Pengertian 5W+1H dan elemennya

  1. Apa
  2. Dimana
  3. Kapan
  4. Siapa
  5. Mengapa
  6. Bagaimana
Dalam bahasa Indonesia, untuk memudahkan menghafal 6 elemen ini, singkatan ADIKSIMBA, yang merupakan kependekan dari “What is When When Who Who Why?

5W+1H umumnya digunakan untuk mengembangkan ide cerita yang bagus, berita, fiksi, dan cerita apa pun. Penggunaan elemen 5W+1H untuk membuat berita atau cerita tertulis memiliki alur dan inti yang jelas.

Elemen 5W+1H terdiri dari apa, di mana, kapan, siapa, mengapa dan bagaimana dapat dipahami dengan membaca detail berikut:

1. Elemen 5W+1H, Apa

Apa atau elemen pertama yang harus ada dalam sebuah tulisan. Karena, sebuah tulisan harus memiliki tema atau inti cerita yang ingin disampaikan.

Elemen ini akan menjawab pertanyaan tentang apa yang terjadi. Elemen inilah yang akan mendorong penulis untuk mengumpulkan fakta sebanyak mungkin terkait dengan peristiwa yang terjadi.

Misalnya elemen apa yang dapat digunakan untuk membuat pertanyaan dalam menulis berita sebagai berikut:

Apa: Peristiwa apa yang terjadi? Apa dampaknya? apakah itu menyebabkan kerusakan? Apa yang orang pikirkan tentang kejadian itu? dll.

2. Elemen 5W+1H, Siapa

Mengetahui cerita atau cerita tidak akan lengkap jika tidak tahu siapa yang terlibat di dalamnya. Elemen siapa dalam 5W+1H memudahkan untuk memberikan informasi tentang orang-orang yang terlibat dalam cerita yang ditulis.

Selain aktor utama dalam cerita, penting juga untuk menjelaskan aktor atau orang lain yang mendukung cerita. Misalnya, dalam sebuah cerita disebutkan bahwa ada seorang warga Amerika Serikat yang dilaporkan dibunuh oleh suku terasing di Indian.

Kemudian elemen yang dalam berita tersebut akan menggambarkan tentang warga AS yang dilaporkan tewas (sebagai korban), suku Indian yang terisolasi (sebagai pelaku), saksi mata atas pembunuhan tersebut, serta mereka yang memiliki kesaksian akan kebenaran cerita tersebut.

3. Elemen 5W+1H, Kapan

Peristiwa yang diceritakan dalam sebuah cerita atau cerita perlu disertai dengan deskripsi waktu yang jelas. Ini berguna untuk memberikan informasi akurat tentang peristiwa yang terjadi.

Misalnya, berita bahwa warga AS dilaporkan terbunuh oleh suku yang terisolasi di India akan lebih bermanfaat jika pembaca tahu kapan insiden itu terjadi. Ini juga dapat berguna jika informasi waktu yang ditulis dalam sebuah cerita dapat membantu lembaga penegak kebenaran dalam menyelidiki insiden tersebut.

4. Elemen 5W+1H, Di mana

Sebuah cerita yang jelas akan menggambarkan adegan suatu peristiwa. Karena, semua acara harus memiliki lokasi pemandangan. Ini untuk mendukung pembaca dalam memahami alur cerita bersama dengan deskripsi yang jelas tentang tempat suatu peristiwa.

Misalnya dengan berita "warga AS yang terbunuh oleh Suku Isolated di India, penulis perlu menuliskan lokasi kejadian di mana korban dibunuh secara khusus.

5. Elemen 5W+1H, Kenapa

Suatu peristiwa harus terjadi bukan tanpa alasan. Oleh karena itu penulis berkewajiban mencantumkan alasan dalam tulisannya untuk menjelaskan penyebab suatu peristiwa.

Misalnya, untuk pembunuhan warga negara AS oleh suku terpencil di India, penulis juga perlu menjelaskan mengapa insiden itu bisa terjadi. Sehingga pembaca dapat dengan mudah memahami situasi dan kondisi acara yang sedang terjadi.

6. Elemen 5W+1H, Bagaimana

Bagaimana atau bagaimana, elemen ini menuntut penulis untuk menggambarkan bagaimana proses acara tersebut. Penggunaan elemen bagaimana ini akan membantu pembaca memahami alur cerita dan dapat mendukung pernyataan mengapa elemen yang telah dijelaskan sebelumnya.

Misalnya untuk berita yang sama, maka unsur bagaimana akan menjelaskan bagaimana proses membunuh warga AS dan bagaimana warga AS terbunuh.

Nah, itulah pengertian 5W+1H, dan beberapa contohnya penjelasannya.


Add Your Comments

Disqus Comments