Jelaskan Cara Menerapkan Kejujuran di Rumah? Ini Contoh Sehari-harinya

Jelaskan Cara Menerapkan Kejujuran Di Rumah - Di rumah, kita harus menerapkan sikap jujur kepada orang tua. Hal itu dilakukan untuk memberitakan hal-hal yang benar. Misalnya, ketika meminta uang untuk kebutuhan sesuatu, mintalah sesuai dengan kebutuhan kita. Jangan melebih-lebihkan.

Jangan pula menutupi masalah di sekolah dengan orang tua, jangan membesar-besarkan hal-hal tertentu hanya untuk membuat orang tua bangga dengan hal yang tidak kita perbuat.

Jelaskan cara menerapkan kejujuran di rumah

1. Jujur dalam memberi kembalian saat diminta oleh ibu kita untuk berbelanja

2. saat merusak barang perabtan di rumah, maka katakana hal itu pada orang tua atau saudara kandung kita

3. Jangan berbohong dengan berkata kerja kelompok, padahal bermain sepulag sekolah. Pastikan kalian minta izin orang tua saat keluar rumah

4. Jangan menggunakan barang orang lain tanpa izin

5. Jangan makan makanan yang bukan milik kita

Pentingnya kejujuran di rumah

Kejujuran sangat dibutuhkan dalam berbagai aspek kehidupan. Dan di dalam keluarga, diperlukan kejujuran agar rasa kekeluargaan bisa dijaga dengan baik.

Jika kejujuran tidak terbiasa dilakukan dalam lingkup keluarga, maka apa yang terjadi adalah pertengkaran dan akhirnya rasa keluarga akan hilang.

Karena kejujuran adalah fondasi keimanan yang melandasi hati dan sikap seseorang. Jadi orang-orang yang tidak jujur dalam hidup mereka adalah mereka yang kehilangan kepercayaan pada kehidupan mereka.

Hal ini dimulai dari usia dini dan keluarga dapat menerapkan sikap jujur sebagai pembelajaran dinisehingga keakraban keluarga dapat terjalin lebih dekat dan tidak ada kebohongan dalam keluarga. Sikap jujur ini dapat diterapkan jika seorang anak melakukan sesuatu hal yang salah, seperti:


  1. Jika bersalah, harus mengakui kesalahannya
  2. Antara kata dan perbuatan harus sama
  3. Memberitakan sesuatu yang baik dan salah kepada orang tua jika mengetahuinya
  4. Pegang teguh dan laksanakan amanah dengan benar


Menerapkan kejujuran itu sulit tetapi sudah menjadi tuntutan hidup untuk selalu berada di jalan yang benar.

Adapun kejujuran itu adalah cerminan hati seseorang. Dan itu seharusnya dimulai sejak masa kanak-kanak karena sejak itu, maka sikap jujur akan dapat melekat dengan mudah pada anak, karena pada dasarnya sikpa yang jujur tumbuh dengan membiasakan diri.

Sikap kejujuran harus dikembangkan sejak dini. Anak-anak kita sejak kecil harus menjadi siswa yag jujur dan bertanggung jawab kepada diri mereka sendiri.

Orang tua harus memberi contoh bagi anak-anak mereka. Jadi lakukan dengan hati-hati, sedikit demi sedikit dan lakukan setiap hari.

Dengan begitu sikap jujur dalam diri akan tumbuh perlahan dan bisa menjadi kebiasaan yang tidak mudah hilang dari kehidupan.

Pemikiran itu semua dapat diterapkan oleh orang tua untuk melatih anak-anak mereka untuk mempersiapkan diri secara jujur meskipun dari hal terkecil terlebih dahulu dengan semua itu akan sangat berpengaruh dalam kehidupan yang akan datang dan kehidupan sosial.

Itulah beberapa jawaban mengenai jelaskan cara menerapkan kejujuran di rumah.


Add Your Comments

Disqus Comments