Daftar Harga AC Hemat Listrik


Daftar Harga AC Hemat Listrik - Cuaca panas terkadang membuat suasana tidak nyaman, termasuk saat Anda berada di dalam ruangan. Keberadaan AC tentunya menjadi solusi untuk masalah ini.

Tetapi apa yang harus dipertimbangkan ketika memilih AC yang tepat? Satu hal yang pasti, Anda perlu memastikan untuk memilih AC hemat listrik.

Apa yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli AC?


Nah, berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memutuskan untuk membeli AC:

1. Efisiensi energi

Biaya bulanan listrik yang terus meningkat, tentunya jadi penting untuk kita agara membeli AC hemat listrik. Pastinya yang dapat mendinginkan ruangan tetapi mengkonsumsi lebih sedikit listrik.

2. Kualitas udara

AC Anda harus dilengkapi dengan unit dehumidification yang baik untuk mengurangi kelembaban ruangan, sehingga membuatnya lebih dingin, dan lebih nyaman. Sebuah AC dengan dehumidifier dapat mendinginkan ruangan lebih baik selama cuaca panas.

Yang juga perlu Anda pertimbangkan adalah filter. Filter yang baik dapat membuatnya lebih dingin dan meningkatkan efisiensi AC itu sendiri.

3. Instalasi, pemeliharaan, dan pembersihan AC

Kinerja AC tergantung pada pemasangannya, jadi penting untuk memastikan AC dipasang oleh orang yang berpengalaman. Selain itu, AC split memiliki unit kompresor di luar. Pendingin udara tertentu membutuhkan sedikit perawatan. Anda perlu bertanya seberapa sering AC harus dibersihkan agar kinerjanya tetap optimal.

4. Kecepatan mendinginkan ruang

Sebuah AC dengan suhu yang dapat diatur, dua kipas, dan variasi kecepatan akan membantu Anda membuat pengaturan berbeda pada waktu dan kebutuhan yang berbeda pula. Ini berarti Anda dapat menggunakan lebih sedikit listrik saat Anda ingin ruangan tidak terlalu dingin.

Penting juga untuk membeli AC yang bekerja dengan suara tenang tanpa bising. Biasanya bunyi AC saat dinyalakan tidak lebih dari 60 desibel.

Fungsi restart otomatis juga penting. Hal ini berarti AC dapat disetel kembali ke pengaturan semula ketika daya dihidupkan kembali.

Demi kenyamanan tidur Anda di malam hari, fungsi mode tidur sangat berguna karena dapat mengatur suhu secara otomatis. Hal ini tidak hanya menghemat energi tetapi juga memastikan bahwa suhu di dalam ruangan tidak terlalu rendah dan dapat menjaga tidur Anda tetap nyaman.

Daftar harga AC hemat listrik? Ini merek yang direkomendasikan untuk AC hemat listrik

Berikut ini adalah daftar merek pendingin ruangan hemat listrik bagi Anda yang berencana menggunakan pendingin ruangan di apartemen atau rumah:

Daikin AC FTNE15JEV 1/2 PK

AC Daikin FTNE15JEV dirancang cocok untuk kamar atau ruang kantor. Terlihat menarik dan modern. Penggunaannya tahan lama dan ramah lingkungan serta hemat listrik.

Spesifikasi Daikin AC FTNE15JEV 1/2 PK:


  • Harga: Rp. 3.450.000
  • Garansi Suku Cadang 1 Tahun
  • Garansi kompresor 3 tahun
  • Kapasitas 1 / 2PK
  • Freon R410
  • Buku panduan
  • Daya rendah 340 Watt
  • Tenaga kuda 0,5
  • Ukuran (L x W x H cm) 85x25x30
  • Berat (kg): 30
  • Split Air Conditioner Tipe 1


Sharp AC 1 / 2PK AH-A5SEY Standard

Sharp AC ini menggunakan teknologi Powerful Jet Stream dan cara kerjanya hanya membutuhkan daya listrik 390W. Didukung oleh fitur Swing Otomatis membuat angin sejuk lebih jauh.

Spesifikasi Sharp AC 1 / 2PK AH-A5SEY Standard


  • Harga: Rp 2.925.000
  • Garansi resmi Sharp Indonesia 1 tahun, suku cadang 1 tahun, dan kompresor 3 tahun
  • Kekuatan 390W
  • Freon R410A Ramah Lingkungan
  • Jetstream yang Kuat
  • Unit Indoor, Unit Outdoor
  • Manual, Remote
  • Ukuran (L x W x H cm) 88x30x23
  • Berat (kg): 35
  • Kapasitas 1 / 2PK


Samsung AC Split 1 / 2PK AR05JRFLAW Standard R410

Samsung AC ini hanya membutuhkan daya listrik 360W. Produk ini dapat mendinginkan udara di ruangan berukuran 3 × 3 m2. AR05JRFLAW juga menggunakan Freon R410 yang ramah lingkungan dan fitur Pendinginan Cepat yang mampu mendinginkan suhu ruangan lebih cepat.

Spesifikasi Samsung AC Split 1 / 2PK AR05JRFLAW Standar Android R410


  • Harga: Rp. 2.550.000
  • Samsung Indonesia memberikan garansi Resmi 1 tahun, suku cadang dan kompresor 3 tahun
  • Pendinginan cepat
  • Tenaga Listrik 360W
  • Freon R410A Ramah Lingkungan
  • Unit Indoor, Unit Outdoor
  • Manual, Remote
  • Tenaga kuda 0,5
  • Ukuran (L x W x H cm) 72x24x18
  • Berat (kg): 30


Samsung AC 1/2 PK AR05JRFLAW

Samsung AC 1/2 PK AR05JRFLAW memiliki fitur Pendinginan Cepat yang dapat membuat ruangan lebih cepat dingin. Filter Full HD menjadikan udara yang dihasilkan lebih bersih dan sehat.

Spesifikasi Samsung AC ½ PK AR05JRFLAW


  • Harga: Rp. 3.000.000
  • Garansi Suku Cadang Resmi 1 Tahun
  • Desain elegan, menghadirkan teknologi terbaru
  • Produk Asli, Produk Buku Manual
  • Konsumsi Daya (W): 360
  • Ukuran (L x W x H cm): 72 x 18 x 24
  • Berat (kg): 6,7


Panasonic AC Split Standar Rendah 1/2 PK - CS CU-YN5RKJ

Low Watt Single-Split Panasonic AC adalah pendingin udara Single Split 1/2 PK yang hemat listrik, ramah lingkungan, tahan lama, dan lulus pengujian SNI.

Dengan menggunakan produk ini Anda dapat menghemat listrik hingga 20%. Yang menarik untuk mencegahnya menjadi terlalu dingin, ada fitur untuk meningkatkan suhu 1 ° C setiap 1 jam setelah 2 jam diaktifkan.

Spesifikasi Panasonic AC Low Wall Mounted Split 1/2 PK - CS CU-YN5RKJ

Harga: Rp. 2.849.000
Hemat listrik / watt rendah
1 Tahun Garansi Indoor, 3 Tahun Outdoor
Ukuran (L x W x H cm) 25 x 100 x 30 cm
Berat (kg): 45

Panasonic PN05RKJ Eco Smart AC Split 1 / 2PK

Pendingin udara PN05RKJ Panasonic dirancang dengan penampilan yang sangat elegan, membuat Anda lebih nyaman saat menghabiskan waktu di dalam ruangan.

Spesifikasi dari Panasonic PN05RKJ Eco Smart AC Split 1 / 2PK

Harga: Rp. 2.850.000
Garansi resmi 1 tahun
Suku Cadang & Kompresor 3 Tahun
Deluxe Standar 1/2 PK
Unit Indoor & Outdoor
Remote, Buku Panduan
Tenaga kuda 0,5
Konsumsi Daya (W): 380 menghemat listrik
Ukuran (L x W x H cm): 80 x 20 x 30
Berat (kg): 33

Daftar Merek AC Hemat Listrik Lainnya

AC Gree

Gree adalah merek AC hemat listrik dari Jepang. Teknologi dan fitur produk ini selalu menjadi yang terdepan.

AC Gree dilengkapi dengan Frozen Power yang dapat mendinginkan ruangan 30 persen lebih cepat meskipun AC baru saja dihidupkan. Beberapa seri AC Gree termasuk Gree U-Crown Deluxe Inverter, Gree Low Watt COO Series, dan Gree Standard WOO Series.

AC Hemat listrik merek LG

LG adalah merek terkenal di Indonesia. Pendingin udara LG ini dilengkapi dengan Ionizer Sterilisasi yang dapat mensterilkan bakteri dan menghilangkan bau hingga 99 persen.

Tampilan AC yang indah dapat ditemukan pada seri LG D10SMV dengan panelnya yang tersembunyi. AC LG juga dilengkapi dengan Jet Cool yang mampu mendinginkan ruangan lebih cepat.

AC AUX

Meski tidak dikenal di Indonesia, merek AC ini memiliki kualitas yang cukup bagus. AUX AC dilengkapi dengan fitur multi fan speed yang membuat udara dikeluarkan dari pendingin AC lebih cepat meskipun AC baru saja dihidupkan. Beberapa seri AC AUX termasuk FO TYPE, DA TYPE, YR TYPE, dan FFR1 TYPE.

AC Mitsubishi hemat listrik

Teknologi terbaru yang digunakan dalam AC Mitsubisi adalah "I see sensor" yang membuat kontrol AC lebih baik sehingga kinerja AC dapat dioptimalkan.

Kesimpulan dalam memilih AC Hemat Listrik

Memang, memilih AC Hemat Listrik bisa menjadi tugas yang sulit dan membingungkan, terutama dengan banyak pilihan di pasar. Panduan di atas adalah hal dasar yang perlu Anda pertimbangkan ketika membeli AC untuk memastikan produk yang Anda gunakan tidak hanya baik tetapi juga sepadan dengan harganya.

Pendingin udara yang hemat listrik tentunya dapat membuat pengeluaran menjadi lebih ekonomis. Tetapi bagaimana cara memilih unit yang tepat dan sesuai kebutuhan?

Ruanga yang nyaman tentu akan meningkatkan kualitas istirahat yang kita lakukan. Tetapi apakah kita rela jika kenyamanan akhirnya terganggu karena udara di rumah kita selalu terasa panas?

Sebenarnya kita tidak perlu khawatir dengan masalah suhu panas. Alasannya sekarang pilihan pendingin udara atau AC menawarkan banyak fitur efektif yang dapat memberikan kenyamanan dalam hal pengaturan suhu kamar.

Dengan begitu banyak merek AC di pasar, pertanyaannya adalah bagaimana memilih AC hemat listrik yang tepat?


Selain memiliki banyak fitur yang mendukung, alasan yang sering menjadi keputusan seseorang untuk membeli AC adalah soal daya dan hemat listrik. Jadi, selain menawarkan kenyamanan, juga bisa membantu mengurangi pengeluaran bulanan.

Untuk menghindari masalah dan kebingungan saat memiluh daftar harga AC hemat listrik, berikut ini cara menentukannya:

Pilih pendingin udara hemat listrik yang memiliki daya rendah ketika baru dinyalahkan.

Berbagai jenis pendingin udara ditawarkan di pasar. Namun untuk urusan penghematan listrik, hal itu akan terkait dengan daya atau watt yang dikonsumsi oleh perangkat yang digunakan tersebut.

Seperti dibahas sebelumnya, memilih AC harus disesuaikan dengan luas ruangan yang akan didinginkan. Luas ruangan akan disesuaikan dengan kapasitas AC PK yang harus dibeli.

Karena AC dengan PK besar pasti akan berbanding lurus dengan konsumsi listrik atau watt yang dibutuhkan. Tentunya konsumsi PK AC masing-masing berbeda. Oleh karena itu, jika Anda ingin memilih AC hemat listrik, maka bandingkan dari jenis yang sama, lalu cari tahu berapa banyak konsumsi listrik (watt) pada tarikan awal atau pertama dihidupkan sampai AC bekerja.

Meski begitu, jika kita menginginkan AC yang mendingin dengan cepat tetapi tetap menghemat listrik, ada AC canggih yang menyediakan fitur dan kemampuan mendinginkan ruangan lebih optimal. AC dirancang dengan Kompresor Dua Tahap (kompresor dua tahap) yang berfungsi untuk membuat pendingin udara lebih cepat dan menghemat lebih banyak listrik dibandingkan dengan jenis AC lainnya.

Pilih jenis yang sesuai; watt rendah, standar, dan inverter

Saat ini, AC split untuk penggunaan rumah dibagi menjadi 3 jenis yaitu tipe AC standar, AC watt rendah, dan AC inverter. Jenis watt rendah sebenarnya adalah tipe standar, tetapi penggunaan daya kompresor berkurang sehingga dapat menghemat listrik lebih banyak. Oleh karena itu, jenis watt rendah biasanya digunakan pada tipe perumahan yang memiliki daya listrik rendah.

Dari beberapa jenis yang tersedia, inverter AC memiliki penggunaan daya listrik yang lebih tinggi pada tarikan awal. Tujuannya agar dapat mendinginkan ruangan sesuai dengan suhu yang diinginkan dan mengatur pada remote.

Tetapi ketika telah mencapai suhu yang diinginkan, kinerja AC akan berkurang sampai dapat menekan penggunaan watt rendah setelah mencapai titik stabil. Dengan kemampuan ini, banyak yang mengatakan jika jenis AC inverter dianggap lebih hemat energi karena memiliki penggunaan watt yang relatif rendah ketika ruangan dingin.

Pilih pendingin udara yang memiliki fitur ramah lingkungan

Fitur yang tidak dapat diabaikan dalam hal penghematan listrik adalah pendingin ruangan yang ramah lingkungan. Melalui fitur ini sirkulasi freon diatur sehingga menjadikan AC ini lebih hemat energi.

Selain itu, pilih AC yang menggunakan Freon R32 yang merupakan freon generasi terbaru yang sangat ramah lingkungan. Seperti diketahui, jika dibandingkan dengan freon R410A, freon R32 dapat mengurangi pemanasan global hingga 75%, tidak merusak lapisan ozon bumi, dan dapat mengurangi tingkat pembuangan karbon dioksida, dan mudah didaur ulang.

Nah, itulah sekilas tentang daftar harga AC hemat listrik dan tips cara memilih ac yang hemat listrik.


Add Your Comments

Disqus Comments