BPJSTK Mobile Gen 2, Aplikasi Pembaruan dari BPJSTK Mobile!

BPJSTK Mobile Gen 2 - BPJS Ketenagakerjaan telah merilis aplikasi peningkatan fitur layanan BPJSTK Mobile, yaitu BPJSTK Mobile Gen 2. Aplikasi yang sangat berguna dalam membantu peserta mendapatkan informasi keanggotaan, informasi saldo JHT terbaru, hingga layanan klaim saldo JHT ini bertujuan agar pengguna bisa mengecek itu semua dengan mudah hanya melalui aplikasi BPJSTK Mobile Gen 2 ini saja.

Beberapa fitur aplikasi BPJSTK Mobile Gen 2 ini dianggap sangat ramah pengguna dan peserta juga bisa mendapatkan informasi lain seperti beasiswa, uang muka kredit perumahan, dan diskon khusus di berbagai tempat hiburan dan pusat perbelanjaan.

Aplikasi BPJSTK Mobile Gen 2 ini akan terus diperbarui untuk memudahkan peserta mendapatkan layanan, terutama untuk mendapatkan berbagai jenis informasi dari BPJS Ketenagakerjaan.

Peluncuran aplikasi BPJSTK Mobile Gen 2 ini juga mempertimbangkan semua penggunanya, termasuk peserta BPJS Ketenagakerjaan yang menggunakan smartphone, baik yang berbasis Android maupun iOS.

Saat berita ini dimuat, versi terbaru hanya tersedia untuk smartphone berbasis Android, dan kemungkinan menyusul untuk smartphone berbasis iOS.

Penampilan di BPJSTK Mobile Gen 2 juga dianggap lebih menarik. Pengguna dapat mengunggah foto profil dan membagikannya ke media sosial. Juga dapat mengetahui kantor cabang dan rumah sakit terdekat dari lokasi pengguna sehingga akan memudahkan peserta untuk mengakses informasi.

Kepala Divisi Komunikasi Ketenagakerjaan BPJS, Abdul Latif, menjelaskan bahwa dengan fitur yang lebih lengkap, peserta BPJS Ketenagakerjaan disarankan untuk segera mengunduh aplikasi BPJSTK Ponsel Generasi ke-2 pada gadget masing-masing.

"Bahkan para peserta dapat mengirimkan klaim saldo JHT langsung dari perangkat smartphone mereka,".

Fitur-fitur terbaru yang terdapat dalam aplikasi BPJSTK Mobile Gen 2 ini dibagi menjadi lima menu utama yaitu menu JHT balance; fitur tambahan di kolom Nomor Kartu Peserta dan fitur pemeriksaan saldo JHT untuk peserta aktif dan tidak aktif, serta informasi terperinci tentang Saldo JHT Tahunan.

Menu kedua adalah menu klaim keseimbangan JHT di mana peserta dapat mengunggah file JHT dan mendapatkan Informasi status klaim JHT tanpa harus pergi ke kantor Ketenagakerjaan BPJS.

Berikutnya adalah Menu Simulasi; fitur tambahan dari simulasi saldo JHT dan Simulasi Jaminan Pensiun. Menu keempat adalah Menu Informasi; peserta dapat mengakses informasi program Ketenagakerjaan BPJS, lokasi rumah sakit pusat trauma, dan kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan.

Terakhir, Menu Layanan Keluhan; yaitu menu yag memberikan akses kepada pekerja yang berpartisipasi dalam BPJS Ketenagakerjaan untuk memberikan informasi terkait status keanggotaan, tingkat upah, dan perkiraan jumlah pekerja di perusahaan tempat mereka bekerja.

Jika data yang tercantum tidak cocok, peserta dapat segera menginformasikan melalui aplikasi. Informasi yang dikirim akan menjadi bahan laporan awal bagi Pejabat Pemeriksa untuk menindaklanjuti kemungkinan ketidakpatuhan perusahaan atau pemberi kerja terhadap peraturan yang berlaku.

"Dengan aplikasi terbaru ini, kami mengundang peserta BPJS Ketenagakerjaan untuk peduli tentang hak-hak mereka, dan dapat dengan bijak menggunakan aplikasi untuk menyampaikan informasi yang benar kepada BPJS Ketenagakerjaan. Identitas peserta juga dijamin kerahasiaannya," kata Latif.

Upah pekerja yang dilaporkan perusahaan kepada BPJS Tenaga Kerja memengaruhi jumlah tunjangan yang akan didapat pekerja.

Melalui aplikasi ini, peserta dapat mengetahui dengan pasti jumlah upah yang dilaporkan oleh perusahaan kepada BPJS Ketenagakerjaan, sehingga manfaat yang diterima oleh peserta adalah sebagaimana mestinya.

"Ini adalah salah satu cara untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian peserta terhadap hak-hak mereka, yaitu keseimbangan JHT, untuk menginformasikan jika ada perbedaan dalam data upah pekerja yang dilaporkan oleh perusahaan kepada kami," kata Latif.

"Aplikasi ini bahkan dapat meningkatkan kredibilitas perusahaan melalui kepatuhan terhadap peraturan," tambahnya.

Pengenalan fitur-fitur baru dari aplikasi BPJSTK Mobile Generation 2 kepada para pemangku kepentingan dan Konfederasi serta Federasi Serikat Buruh dan Serikat Buruh bertujuan untuk membuat semua pihak memahami pentingnya melaporkan data nyata dan bagaimana cara menginformasikan BPJS Ketenagakerjaan.

"Kami akan terus mengembangkan aplikasi ini, untuk memudahkan peserta mendapatkan informasi, memastikan para peserta mendapatkan hak mereka sesuai dengan peraturan yang berlaku, dan meningkatkan kepatuhan perusahaan dalam melaporkan data tenaga kerja yang sebenarnya. Hingga saat ini, jumlah total pengguna Ponsel BPJSTK Mobile mencapai 1, 61 juta pengguna dengan total 3,2 juta unduhan atau percobaan, "kata Latif.

Belum mendownload BPJSTK Mobile Gen 2? Yuk, download dan daftar!

Sekarang, BPJS sudah memiliki aplikasi bernama BPJSTK Mobile, bahkan sudah diperbarui menjadi Gen 2. Aplikasi tersebut dapat Anda gunakan untuk memeriksa saldo Jaminan Hari Tua (JHT).

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, BPJSTK Mobile Gen 2 memiliki fitur lain yang dapat dimanfaatkan oleh peserta Ketenagakerjaan BPJS untuk dapat mengetahui informasi program Ketenagakerjaan BPJS terbaru, pusat layanan, dan kantor cabang.

Aplikasi ini juga dapat memberi Anda simulasi perhitungan JHT yang akan Anda terima. Dan tentu saja, ada juga layanan pengaduan yang dapat Anda gunakan pada aplikasi BPJSTK Mobile Gen 2.

Penasaran dengan aplikasi tersebut? Baik! Mari kita cari tahu bagaimana kita dapat menginstal aplikasi ini.

1. Buat akun BPJSTK

Sebelum menginstal aplikasi, Anda harus memastikan bahwa Anda memiliki akun BPJS. Jika Anda tidak memilikinya, cukup buat di situs web menggunakan nomor KPJ yang tercetak di kartu BPJS atau Jamsostek Anda.

2. Unduh aplikasi BPJSTK Mobile Gen 2

Cari aplikasi pertama di Google Play Store atau App Store
Pertama-tama cari aplikasi di Google Play Store atau App Store
Karena ini adalah aplikasi smartphone, jika Anda ingin memilikinya, Anda harus mengunduhnya terlebih dahulu di Google Playstore. Setelah itu, akan diinstal. Dalam hitungan beberapa detik, Anda juga sudah memiliki aplikasi ini.

3. Pendaftaran BPJSTK Mobile Gen 2

Akan ada tulisan yang muncul ketika Anda membuka aplikasi BPJSTK Mobile Gen 2. Hal berikutnya yang harus Anda lakukan adalah mengklik tombol "Setuju" dan "Terima".

Setelah itu, daftar, dengan mengklik kata "Daftar Baru". Jangan lupa untuk memasukkan nama lengkap dan alamat email Anda. Nanti BPJS akan mengirim PIN ke email Anda.

4. Periksa kotak masuk email pribadi Anda

Jangan lupa untuk memeriksa email untuk verifikasi akun (email / asianefficiency)
Jika Anda belum menemukan pemberitahuan email tentang PIN yang disediakan oleh BPJS, klik "Kirim Ulang PIN" di aplikasi BPJSTK Mobile Gen 2. Tetapi jika sudah, maka cukup masukkan pin di formulir aplikasi BPJSTK Mobile.

5. Pendaftaran JHT

Setelah memasuki dasbor, pilih menu "JHT SERVICE" dan isi data yang diminta, termasuk nomor KPJ, tanggal lahir, nama dan PIN. Setelah itu klik "KIRIM".

6. Masukkan nomor telepon

Pada tahap akhir, BPJSTK Mobile akan meminta Anda untuk memasukkan nomor telepon pribadi. Cobalah untuk terus mengubah nomor ini. Setelah memasukkan nomor, Anda dapat menggunakan aplikasi BPJSTK Mobile Gen 2.

Nah, itulah beberapa penjelasan tentang BPJSTK Mobile Gen 2, apllikasi pembaruan dari BPJSTK Mobile.