Tips Ramuan Herbal Penambah Berat Badan Ayam Broiler dengan Wortel

Tips Ramuan Herbal Penambah Berat Badan Ayam Broiler dengan Wortel
Ahmad Syaifullah, Akhmad Afifudin Al-Anshori, Indah Tri Lestari, Maylendah Larasati Wibowo, dan Dhinar Ramadhani, Tim Peneliti Tips Ramuan Herbal Penambah Berat Badan Ayam Broiler dengan Wortel 

Tips Ramuan Herbal Penambah Berat Badan Ayam Broiler dengan Wortel
- Hasil penelitian yang dilakukan mahasiswa fakultas kedoktean hewan (FKH) universitas Airlangga, menyatakan hasil penelitiannya mengenai manfaat wortel (daucus carota) yang ternyata dapat dipakai sebagai bahan aditif pakan dan tips ramuan herbal penambah berat badan ayam broiler

Tim innovator yang terdiri atas beberapa orang, yaitu Ahmad Syaifullah, Akhmad Afifudin Al-Anshori, Indah Tri Lestari, Maylendah Larasati Wibowo, dan Dhinar Ramadhani tersebut menyatakan jika hasil penelitian mereka mengenai ramuan herbal penambah berat badan ayam broiler telah lolos seleksi DIKTI. Mereka pun berhak atas dana riset program PKM Kemenristekdikti tahun 2016-2017.

Wortel sendiri adalah salah satu bahan pakan yang terbilang melimpah di Indonesia. Sehingga bahan ini mudah dijadikan sebagai ramuan herbal penambah berat badan ayam broiler. Wortel sendiri dikatakan memiliki kandungan betakaroten dan tingginya kadar serat dan bermanfaat melancarkan sistem pencernaan dan menambah kinerja usus dalam penyerapan nutrisi.

Dengan potensi tersebut, wortel dapat dipakai sebagai pilihan untuk efisiensi pakan ayam broiler, jadi dapat menambah pertumbuhan berat badan secara harian pada broiler dengan siginifikan.

"Kami mengerjakan penelitian dengan 100 ekor ayam broiler yang dipelihara secara intensif. Pada usia 2 minggu dipecah dalam 5 kelompok, terdiri atas 1 kelompok kontrol dan 4 kelompok dengan yang diberi wortel dengan takaran tertentu. Selanjutnya semua takaran dicampurkan dalam air minum sesuai keperluan harian ayam broiler, dan hasilnya memuaskan,” kata  Ahmad menjelaskan.

Oleh sebab itu, ia dkk bercita-cita jika kelak hasil riset ini bisa menjadi acuan untuk para peternak ayam broiler. Keberadaan wortel di Indonesia yang melimpah, ongkos pembelian yang efisien kini sudah terbuktinya dalam uji coba dan menjadi nilai tambah tersendiri dalam menjadikan wortel sebagai tips ramuan herbal penambah berat badan ayam broiler mereka.

Sumber:http://news.unair.ac.id/2017/07/10/pakan-aditif-dari-wortel-mampu-naikkan-berat-badan-harian-ayam-broiler/


Selain tips ramuan herbal penambah berat badan ayam broiler dengan wortel, kamu juga bisa memanfaatkan bahan fermentasi dari sayuran


Memanfaatkan wortel sebagai bagian dari ramuan herbal penambah berat badan ayam broiler memang sudah diuji secara resmi. Namun selain pakan dari wortel, pakan ayam broiler dengan sayuran pun dapat menjadi solusi untuk menambah berat badan ayam broiler milikmu.

Beberapa diantara resep tersebut, bisa kamu dapatkan dengan menyaksikan video di bawah ini. Beberapa bahan yang digunakannya pun cukup mudah ditemukan. Bahkan bisa dibilang bahan-bahan tersebut hanya sebatas bahan sisa yang difermentasikan. Apa saja itu? berikut ini ulasannya.

Selain wortel, limbah sayur dan dedak pun bisa menjadi ramuan herbal penambah berat badan ayam broiler



Selain wortel,  pakan fermentasi dari daun pepaya dan daun kangkung pun bisa menjadi ramuan herbal penambah berat badan ayam broiler