Apa Manfaat Wayang Bagi Pengembangan Warisan Budaya Indonesia

Manfaat Wayang Bagi Pengembangan Warisan Budaya Indonesia

Manfaat wayang bagi pengembangan warisan budaya Indonesia - Wayang telah dinyatakan UNESCO sebagai warisan budaya bangsa Indonesia sebagai mahakarya dunia semenjak tahun 2003 lalu.

Di samping menjadi kesenian yang berisi gambaran pandangan hidup dari adat budaya Jawa yang memiliki beragam pesan moral yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, menyaksikan pagelaran wayang juga bertujuan agar budaya wayang tersebut tidak hilang dan agar penontonnya dapat memahami akan arti yang terdapat dalam kisah wayang tersebut.

Sehingga pelestarian wayang dapat menjadi pengembangan warisan adat yang mencakup dalam berbagai aspek kehidupan manusia. Nah, inilah manfaat wayang bagi pengembangan warisan budaya.

Apa manfaat wayang bagi pengembangan warisan budaya

  1. Wayang sebagai media pendidikan
  2. Manfaat wayang sebagai media informasi
  3. Manfaat wayang sebagai media hiburan
  4. Manfaat wayang sebagai kehidupan sosial manusia 

1. Wayang sebagai media pendidikan

Wayang mempunyai peran sebagai keberagaman budaya dan adat di Indonesia dalam dunia pendidikan, yakni dapat difungsikan sebagai pembelajaran sekaligus pendidikan mental yang bermanfaat untuk menjaga peran manusia sebagai makhluk sosial.

Apalagi sekolah hanya merupakan tempat dimana generasi muda bakal menjadi penerus bangsa, pastinya mesti ditanamkan pemahaman tentang pendidikan mental yang terdapat dalam wayang. Selain mengenalkan manfaat wayang bagi pengembangan warisan budaya, pendidikan tentang wayang semenjak dini, bertujuan supaya kebudayaan wayang tidak dilupakan dan terus dilestarikan.

2. Manfaat wayang sebagai media informasi

Dari aspek penampilannya, manfaat wayang bagi pengembangan warisan budaya juga berperan sebagai media informasi guna menghubungkan dan mendekatkan antara tradisi dengan masyarakat. Di samping banyaknya yang mempelajari ilmu pengetahuan dan teknologi, wayang juga berperan sebagai sarana yang komunikatif untuk mempelajari nilai-nilai yang terdapat di dalam kisah wayang.

Cerita wayang mempunyai pesan moral yang berhubungan dengan masalah di kehidupan sosial masyarakat. Sehingga dengan menyaksikan pagelaran dan memahami kisah wayang, tidak hanya mengerti tentang seluk beluk tradisi dari jaman dahulu namun juga aka mengetahui tentang nilai dalam kehidupan bermasyarakat.

3. Manfaat wayang sebagai media hiburan

Hiburan tidak hanya didapatkan dari televisi saja. Masyarakat pun juga kerap manfaat wayang untuk pengembangan warisan dan menjadi media hiburan bagi masyarakat. Di jaman yang telah serba canggih dan modern sekarang ini, keberadaan wayang sebagai peragaan dan media hiburan masih digunakan walalupun tak sebanyak dahulu.

Tidak hanya meliputi wayang kulit saja, ada pun wayang wong, wayang golek, wayang motekar dampai wayang suket yang dapat terus berkembang sebagai media pertunjukan. Tak hanya itu, penggemar atau penontonnya pun dapat mendapatkan sensasi spiritual dari pagelaran wayang yang diadakan.

4. Manfaat wayang sebagai kehidupan sosial manusia

Sejalan dengan faedah wayang sebagai media pembelajaran atau pendidikan, kisah wayang tidak sedikit juga berisi idiologi dan nilai dalam kehidupan manusia. Cerita wayang mempunyai pesan atau nilai yang baik sebagai seorang pribadi maupun sebagai seorang manusia ydi dalam aggota masyarakat.

Manfaat wayang itu menjadikan seseorang agar dapat mempelajari ilmu pengetahuan sosial dalam kehidupan bermasyarakat. Pada umumnya kisah pada pagelaran wayang berisi banyak pesan dalam kehidupan, contohnya tentang kebenaran, keadilan, kejujuran, kesusilaan, filsafat, psikologi, kepahlawanan dan beragam masalah kehidupan yang berbeda dan mencerminkan watak dan sifat manusa yang sulit di pahami dan dimengerti.

Dengan begitu banyak manfaat wayang bagi aspek kehidupan di atas, maka kesenian wayang meharuslah terus dilestarikan dan diperkenalkan untuk generasi penerus bangsa. Kesimpulannya, wayang ialah warisan adat dan budaya miliki bangsa Indonesia yang menjadi identitas diri bangsa, yang keberadaannya mesti terus dilestarikan di antara gempuran teknologi canggih saat ini.

Kesimpulan Apa manfaat wayang bagi pengembangan warisan budaya Indonesia

Walaupun pertamanya wayang dikenal sebagai bagian dari budaya khususnya sebagai seni tradisional, namun di luar itu manfaat  wayang bagi pengembangan warisan budaya Indonesia juga diakui ke absahannya.

Bagaimana wayang bisa bermanfaat sebagai pengembangan warisan budaya Indonesia, tentnunya karena seni budaya ini memiliki manfaat sebagai media pendidikan, media informasi, sekaligus media hiburan secara bersamaan. Karena itulah wayang bisa dibilang sebagai bagian dari pengembangan warisan budaya.

Mungkin banyak dari kamu yang masih bertanya-tanya, bagaimana wayang bisa bermanfaat sebagai media pendidikan? Tentu saja tak lain karena wayang banyak berisi informasi yang memberikan pendidikan khususnya dalam kehidupan sosial dan bertingkah laku pada diri manusia.

Pada era teknologii yang telah maju dan semakin modern ini, wayang juga mulai digalakan sebagai sebagai media informasi. Jika kita lihat lebih lanjut, banyak sekali pagelaran wayang yang disisipi informasi tentang program pembangunan yang digalakan oleh bangsa Indonesia. Contohnya seperti pada pada program keluarga berencana (KB), pemilihan umum, dan program pemerintah dan non-pemerintah lainnya. Yang terakhir manfaat wayang yang bisa kamu rasakan adalah sebagai media hiburan. Meski semakin jarang diadakan, baik secara langsung atau melalui siaran televisi, namun wayang masih tetap menjadi media hiburan yang cukup disukai oleh kalangan budayawan atau masyarakat daerah.

Apa manfaat wayang bagi pengembangan warisan budaya?

Jika harus menyimpulkan apa manfaat wayang bagi pengembangan warisan budaya, ada 4 aspek yang harus kita bawahi yaitusebagai media pendidikan, media informasi, dan media hiburan dalam berbagai bidang kehidupan manusia, terutama budaya masyarakat Indonesia.

Nah itulah sekilas, mengenai apa manfaat wayang bagi pengembangan warisan budaya Indonesia.