Freelance dan Freelancer adalah? Ini Penjelasannya

Freelance dan Freelancer adalah? Saat pertama kali mendengarnya, mungkin kamu memiliki penafsiran yang berbeda-beda.

Freelance adalah?

Pengertian freelance adalah sebagai jenis pekerjaan yang menawarkan jasa seputar keahlian yang dimiliki kepada orang lain tanpa adanya ikatan kerja.

Bagi kamu yang memiliki keterampilan lebih di suatu bidang, namun ingin bekerja dengan waktu yang lebih fleksible, freelance adalah pekerjaan yang tepat. Kamu dapat memanfaatkan kelebihan itu untuk menjadi pekerja freelance atau yang disebut sebagai freelancer.

Jadi, freelancer adalah?

Freelancer adalah para pelaku pekerja freelance

Apa freelance cocok untuk mahasiswa?

Tentu saja! Jika kamu seorang mahasiswa jurusan matematika, kamu dapat bekerja sebagai tenaga pengajar freelance di tempat bimbingan belajar. Atau, jika kamu yang memiliki kemampuan bahasa asing, kamu juga dapat menjadi seorang translator atau penerjemah.

Jika kamu dapat melihat potensi dengan baik, banyak sekali peluang yang dapat kamu manfaatkan untuk melakoni profesi yang satu ini.

Keuntungan lainnya menjadi seorang freelancer adalah penentuan jam kerja yang fleksibel dan bisa kamu atur sendiri. Tidak semua, tapi beberapa pekerjaan freelance memang disesuaikan dengan waktu perkerja. Tentunya harus didasari kesepakatan dua belah pihak (pekerja dan pemberi kerja).

Walaupun jam kerja seorang freelancer itu fleksibel, jangan lupa, kamu memiliki tanggung jawab pekerjaan. Waktu tetap harus kamu prioritaskan.

Apa kerja freelance harus sesuai dengan bidang akademisi?

Untuk menjadi seorang freelancer, kamu bukan hanya bisa memanfaatkan kelebihan akademis yang saat ini kamu miliki. kamu juga dapat memanfaatkan peluang dari hobi yang kamu senangi.

Bagaimana mencari lowongan kerja freelance?  Saat ini, banyak perusahaan yang memanfaatkan pemasaran digital sebagai strategi pemasarannya. Bagi kamu yang menyukai dunia tulis menulis, freelance penulis artikel online dapat menjadi pilihan.

Atau, kamu yang memiliki hobi men-design gambar, tidak ada salahnya mencoba menjadi pekerja freelance designer.

Banyak sekali portar pencari lowongan kerja freelance yang dapat kamu manfaatkan, seperti:
  1. sribulancer.com

  2. freelancer.co.id

  3. Projects.co.id.

Tanggung jawab dan keuntungan freelance adalah?

Keuntungan menjadi freelance akan berbeda dengan magang. Porsi dan tanggung jawab pekerjaan yang kamu tangani akan sepenuhnya kamu tanggung. Jika belum tahu pengertian magang kamu bisa baca terlebih dahulu.

Berkerja sebagai freelance dapat menjadi sarana bagi kamu utnuk belajar memahami arti tanggung jawab sesungguhnya. Kelak saat menjadi profesional, kamu pun akan memiliki tanggung jawab pekerjaan yang lebih besar dibanding saat ini.

Menariknya, kamu akan mendapat bayaran yang jumlahnya lebih besar di banding menjadi karyawan magang. Setelah mengetahui apa itu kerja freelance, tertarikah kamu mencoba?

Jenis-jenis freelance job

Memilih pekerjaan freelance atau freelance job memang penuh perhitungan. Apalagi, freelance job tidak rutin selalu mendapat project, sehingga tidak menghasilkan uang rutin sama seperti halnya bekerja full time.

Namun, di balik itu semua, bekerja freelance tentunya mempunyai keuntungan tersendiri.

Pertama, pastinya jam kerja kita lebih leluwasa dan fleksible, karena kamu dapat bekerja tanpa harus berangkat ke kantor, kemudian waktu kerjanya pun dapat diseusiakan dengan yang  kamu mau.

Selain itu, karena jam kerja yang fleksible, kita pun dapatkan bekerja di lebih dari satu perusahaan secara sekaligus.

Lantas, apa saja freelance job yang banyak dicari dan populer saat ini? Berikut ini lowongan kerja freelance yang banyak diminati pencari kerja?

  1. Frelance penulis artikel

Jika kamu merasa mempunyai talenta dalam menulis, tentu kahlian tersebut tidak boleh disia-siakan begitu saja. Menulis adalah salah satu kegiatan yang banyak dicari oleh freelancer.

Selain itu, kini kemampuan tersebut banyak dibutuhkan. Apalagi, semakin berkembangnya dunia internet dan digital, banyak perusahaan e-commerce atupun media online yang mencari penulis freelance online untuk mengisi artikel di website mereka.

Jika kita merasa bisa mengekspresikan informasi ataupun berita menarik melewati kata-kata, kamu bisa memilih untuk menjadi seorang penulis freelance saja.

Selain kegiatan tersebut tidak memakan banyak waktu dan tenaga, kegemaran kamu juga dapat tersalurkan, bukan?

Setidaknya sekarang tulisan kamu dapat dibaca dan di-share oleh orang di luar sana. Menulis freelance tentunya juga sangat cocok dipilih oleh kalian para mahasiswa jurusan komunikasi.

Banyak info tentang lowongan freelance job yang dapat ditemukan di internet. Selain itu, kamu juga bisa menemukan informasi lowongan tentang penulis freelance di forum-forum seperti Kaskus.com.

Kamu bisa menggunakan keyword: content writer atau freelance content writer untuk mencari pekerjaan penulis freelance di Kaskus.com.

  1. Freelance pemandu wisata

Jika kita memiliki latar belakang pendidikan perguruan tinggi pariwisata, profesi freelance sebagai pemandu wisata di travel agent bisa menjadi pilihan yang tepat.

Tidak hanya untuk kamu yang berlatar belakang pendidikan pariwisata, jika kamu suka atau hobi wisata dan jalan-jalan, profesi ini juga sangat sempurna. Tapi dengan catatan, kamu harus menyukai travelling dan mempunyai wawasan luas tentang lokasi pariwisata.

Cobalah ambil pekerjaan pemandu wisata sebaai freelance job-nyadi waktu akhir pekan, supaya kamu lebih fleksibel dan bebas, serta waktu tersebut pun tidak menggangu jadwal perkuliahan atau kerja tetap kamu.

  1. Freelance guru les private

Kamu mempunyai pengetahuan atau keahlian pada mata kuliah atau bidang tertentu? Jika ya, kamu bisa menjadi guru les private sebagai freelance job kamu.

Karena selain uang tambahan yang bisa didapatkan, kamu juga dapat berbagi ilmu yang kamu miliki. Ingat, mengajari orang termasuk salah satu teknik belajar bagi diri kita sendiri, sehingga ilmu yang kita miliki tidak mudah terlupakan, loh.

Kamu memiliki keterampilan berbahasa asing yang mumpuni? Coba lamar kerja di lokasi atau tempat kursus bahasa asing.

Pandai matematika? Banyak anak SMA yang memerlukan les privat latihan tersebut. Apalagi jika mendekasi ujian sekolah

Orang tua mereka pun banyak yang rela membayar uang kursus agar anak-anak mereka mendapatkan pendidikan dan ilmu tambahan di luar sekolah.

Memang diperlukan kesabaran yang ekstra untuk itu, namun apa yang kita pelajari di bangku kuliah setidaknya dapat digunakan secara nyata. Ditambah, kita pun bisa mendapatkan penghasilan, menarik bukan?

  1. Freelance reporter atau kontributor

Jika kita kuliah di bidang ilmu komunikasi jurnalistik, atau minimal kita mempunyai minat di dunia jurnalistik, coba gunakan keterampilan tersebut untuk bekerja menjadi reporter sebagai freelance job kamu di media cetak atau online.

Di zaman modern saat ini, seorang jurnalis tidak mesti bekerja full time dan berada di satu kantor.

Berkat internet, citizen jurnalis sekarang dapat memberikan kontribusi dalam mengabarkan dan menyiarkan berita yang terjadi di sekitarnya.

Banyak media cetak dan online yang kini membuka lowongan part time atau freelance sebagai contributor media mereka. Walaupun tugasnya lumayan sederhana, tetapi cukup menantang.
  1. Freelance proofreader

Kamu merasa diri kamu sangat teliti dalam editing atau proofreading suatu karya tulisan? Ada loh sejumlah media atau penerbit yang memerlukan part time dan freelance job sebagai proofreader!

Tugasnya ialah mengecek serta mengoreksi naskah agar tidak terdapat kekeliruan penulisan, serta sesuai dengan EYD.

Maka dari itu, pekerjaan ini diperlukan ketelitian dan kejelian yang tinggi dalam mengkoreksi setiap tulisan yang dibacanya.

  1. Freelance barista

Suka nongkrong di coffee shop bersama teman-teman, atau kamu suka mencoba berbagai jenis minuman baru?

Kenapa tidak mencoba menjadi baristanya saja? Lowongan sebagai barista untuk freelance job kini banyak sekali, loh. Terutama, saat ini coffee shop kian menjamur. Selain itu, jam kerjanya pun dapat dicocokkan sesuai jam kuliah kamu.

  1. Fotografer

Di zaman fotogenik kini tidak sedikit yang membutuhkan keahlian memotret foto. Banyak sekali acara atau event yang membutuhkan jasa seorang fotografer.

Salah satu contohnya adalah pesta pernikahan, ulang tahun, wisuda, dan event-event konser music eksklusif lainnya.

Jika kamu sangat hobi dan menyukai dunia fotografi, tentu jika didukung keterampilan memotret dan skill editing gambar yang mempuni, kamu bisa menjadi fotografer freelance job-nya.

Cobalah dengan menawarkan keahlian tersebut kepada teman-teman terdekat dahulu. Cukup dengan bermodalkan kamera DLSR dan kemampuan memotret, kamu bisa memulai karir kamu bekerja sebagai fotografer freelance.

Hitung-hitung juga untuk mengembangkan skill fotografi kamu. Bisa saja kelak dari bisnis kecil-kecilan fotografi ini, bisnis kamu bisa menjadi besar, bukan begitu?

Profesi Freelance untuk Menambah Uang Tambahan

Sudah tahu kan jenis profesi freelance job apa saja yang ada saat ini? Selain bisa mendapat uang tambahan lebih, skill dan keterampilan kita pun akan lebih terasah.

Jadi freelance online? Menulis artikel saja!

Profesi jenis-jenis freelance job yang mana menerutmu yang paling manarik untuk dijadikan pilihan?

Profesi penulis artikel freelance cukup diminati saat ini, khususnya bagi kamu yang ingin bekerja tanpa terikat jarak dan waktu.

Cepatnya perkembangan informasi membuat penulis artikel freelance semakin banyak dibutuhkan. Kepopuleran pekerja freelance selaras dengan tumbuh besarnya perusahaan tenaga kreatif di bidang digital.

Meningkat dan bertumbuhnya bisnis digital membuat antusias banyak orang mulai melirik profesi ini. Suksesnya kamu melakoni profesi penulis artikel atau content writer freelance, tentu bukan hanya dinilai dari kemampuan menulis saja, namun juga bagaimana cara menuangkan idea dan topik agar menjadi tulisan yang menarik.

Jika kamu tertarik, kamu dapat mencari pekerjaan penulis artikel freelance di sribulancer.com atau projects.co.id. Untuk kamu yang berminat dengan freelance content writer, berikut tips dan ulasannya:

1. Gunakan gaya bahasa popular dan komunikatif

Tips menjadi penulis artikel freelance yang pertama adalah kemampuan menggunakan beberapa gaya bahasa. Bahasa baku terkadang sedikit membosankan untuk dibaca. Ada kalanya kamu harus mengemas tulisan kedalam bahasa yang lebih popular dan ringan.

Tulisan dengan gaya demikian, diyakini lebih mudah difahami dan readable. Khususnya jika target pembaca kamu adalah usia muda.

Untuk menciptakan kesan dua arah antara kamu dan pembaca, kamu juga harus mengemas tulisan menjadi lebih komunikatif.Buatlah seolah-oleh pembaca dan kamu sedang berkomunikasi, bukan sedang membaca tulisan kamu. Ajak pembaca seolah-olah ikut serta kedalam tulisan yang kamu buat.

2. Buat pelanggan kamu puas

Service atau pelayanan yang memuaskan adalah hal wajib bagi seorang penulis artikel freelance. Mampu memberikan tulisan terbaik kepada pelanggan adalah hal penting. Namun, mampu mengerjakannya sesuai dengan waktu dan deadline yang disepakati adalah keharusan.

Pelanggan akan menilai tidak hanya dari kualitas tulisan, tapi juga estimasi waktu. Untuk itu, seorang penulis artikel freelance tidak hanya pandai menulis, tetapi juga mampu menjaga kualitas pelayanannya.

3. Sesuai kaedah bahasa Indonesia dan SEO friendly

Tips menjadi penulis artikel selanjutnya mungkin lebih ke arah teknis. Selain kemampuan akedimis, hal lain yang tidak luput diperhatikan dari seorang penulis artikel freelance adalah penggunaan kaedah bahasa Indonesia yang benar.

Kaedah yang dimaksud seperti: tidak ada kesalahan tulis, ejaan, penggunaan tkamu baca dan kaedah penulisan lainnya. Pelanggan kamu tentu ingin artikel yang dipesannya dapat mendongkrak nilai SERP web-nya di halaman search engine.

Untuk itu, kamu juga harus mengetahui bagaimana penggunaan link, pemilihan dan penempatan keyword. Ada baiknya, kamu juga harus update terhadap berita atau isu teknis tentang search engine optimizing.

Profesi penulis artikel freelance ini juga sarat dengan profesionalitas seperti halnya pekerjaan formal lainnya. Menjadi seorang penulis artikel freelance berarti kamu harus mampu memenuhi standar penulisan yang diinginkan pelanggan kamu.

Mampu yang saya maksud, berarti tidak hanya kualitas artikel saja, tapi juga mampu menerapkan professionalisme dan menjaga kepercayaan pelanggan kamu. Bagaimana tips menjadi penulis artikel freelance di atas? Ada masukan lain?

Menulis, aktifitas ini mungkin sudah menjadi hal yang biasa dilakukan setiap orang. Bahkan, kegiatan ini sudah menjadi bagian dari rutinitas sehari-hari setiap orang.

Sejak duduk di bangku sekolah dasar pun kita sering melakukan aktifitas ini. Belum lagi saat menjadi mahasiswa, kita dituntut membuat berbagai tugas dan makalah ilmiah setiap harinya.

Tentu saja, aktifitas tulis menulis sudah menjadi hal yang sepele, bukan begitu? Berarti semua orang bisa melakukannya, bukan?

Ya, mungkin topik yang akan saya bahas kali ini cukup klise. Tapi rasanya sedikit mengganjal jika tidak diungkapkan. Bagaimana tidak, profesi penulis atau kegiatan tulis menulis kini dianggap sebagai aktifitas yang mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja.

Apa itu masalahnya? Oh, bukan! Akar masalahnya yaitu anggapan bahwa aktifitas tulis menulis itu mudah. Sehingga, banyak orang yang menghargai jasa para penulis dengan harga sangat murah.

Entah itu content writer, copywriter, atau apapun profesi tersebut selagi berhubugan dengan kegiatan tulis menulis (apalagi jika penulis tersebut berstatus sebagai freelance) maka upah atau harga yang diberikan kerap bikin meringis.

Kita memang tidak bisa memukul rata akan hal ini. Banyak pula pihak yang masih menghargai profesi di bidang tulis menulis dengan bayaran yang sesuai. Walaupun, umumnya pihak tersebut pasti sudah berbadan perusahaan atau corporate besar.

Namun jangan salah, ada pula agensi pemasaran digital yang membayar upah para pekerja content writer freelance dengan bayaran yang cukup memuaskan.

Kembali ke topik utama kita. Menulis mungkin hanya dianggap sebagai kegiatan senggang. Hanya perlu berpikir, mencari ide sebentar, kemudian menuangkannya menjadi tulisan. Sekilas flow chart-nya mudah, namun bagaimana kenyataanya? Tentu alur tersebut hanya konsep pepesan kosong belaka.

Sama seperti memasak, resepnya sama, bahannya sama, tapi mengapa rasanya berbeda?

Setiap penulis tentu memiliki perspektif dan cara yang berbeda dalam mengupas sebuah objek tulisan. Semakin dalam, tentu semakin berbobot. Semakin lama riset yang dilakukan dalam mencari bahan dan dasar tulisannya, tentu semakin kredibel tulisan yang dibuatnya.

Anggapan akan hal-hal tersebutlah yang kini sudah pudar. Ya, para pemilik blog, atau perusahaan yang membutuhkan artikel untuk kegiatan content marketingnya, acap kali menghargai tulisan dengan sangat murah. Kalau kamu tidak percaya, coba kamu lihat di sribulancer.com atau projects.co.id.

Di sini, saya tidak membahas kedua platform tersebut. Mereka hanya sebatas media yang mempertemukan kita, sebagai freelance content writer dengan para klien yang membutuhkan jasa kita.

Dengan adanya kedua platform tersebut justru sangat membantu profesi kita sebagai seorang freelance.

Permasalahannya, yaitu mindset menulis itu mudah yang ada di pikiran para klien.

Apalagi, banyak sekali para penulis yang legowo tulisannya dihargai segitu. Dengan alasan, saya masih penulis pemula, rezeki jangan ditolak, atau alasan lainnya yang sebenarnya tidak ada korelasinya sama sekali.

Sikap para penulis yang seperti itu tentu membuat anggapan para pencari jasa penulisan berfikir memang segitulah harga yang pantas untuk sebuah karya tulis.

Kemudian anggapan ini pun dipikul rata kepada setiap penulis. Dan, beginilah akhirnya. Harga sebuah tulisan menjadi sangat murah, tanpa melihat kedalaman tulisan, EYD, originalitas dan kredibilitas penulis.

Mungkin kalian punya pengalaman berbeda? Atau, mungkin kalian punya cerita menarik seputar topik kali ini? Coba sharing pengalaman kalian, dan menurut kalian berapa harga yang pantas untuk sebuah artikel.

Mungkin saya akan persempit pertanyaan tersebut, menjadi: Berapa harga yang pantas untuk sebuah tulisan dalam bentuk artikel dengan 500 kata, bertopik produk gadget dan teknologi yang didukung data yang valid (bukan sekedar opini penulis)?