Cara Membuat Halaman di Word 2007

Cara Membuat Halaman di Word 2007 - Nomor halaman mempunyai kegunaan cukup banyak. Hal utamanya yaitu untuk memahami jumlah kuantitas eksemplar halaman dan mengecek bab tertentu. Cara membuat halaman di word 2007 ini bisa dibilang mudah.jika kamu belum menguasainya, maka kamu dapat membaca ulasan cara membuat halaman di word 2007 berikut.

Buat dokumen baru atau buka dokumen yang telah kamu tulis sebelumnya. Kemudian klik menu insert – page number dan pilih posisi yang kamu inginkan. Jika kita ingin memilih yang di atas halaman, maka klik opsi top of page- plain number 1.

Cara Membuat Halaman di Word 2007

Hasilnya seperti ini, nomor halaman berada di atas.


Cara yang paling banyak digunakan, yakni dengan:
Klik insert – page number- bottom of page – plain number 3.


Maka, hasilnya akan seperti ini. Mudah kan?

Membuat nomor halaman romawi atau format lainnya

Jika kamu hendak membuat nomor halaman dalam bentuk berbeda, contohnya romawi atau huruf lainnya maka klik insert – page number – format page numbers.


Di bagian number format silahkan pilih bentuk yang kamu inginkan, setelah itu klik ok.


Apabila kamu hendak menomorkan halaman dimulai dari urutan tertentu, contohnya dari angka romawi iii bukannya i, maka kamu dapat dengan memilih pilihan page numbering – start at dan pilih sendiri format yang kamu inginkan mulai dari nomor berapa. Pilihan yang ada di panel ini tergantung opsi step di atas.

Selesai, cara membuat halaman di word 2007 bisa kamu coba, mudah bukan?

Tujuan membuat halaman di Word 2007

Saat menciptakan sebuah buku, skripsi, proposal atau karya tulis lainnya yang berupa naskah dengan banyak halaman, seringkali akan disertai dengan halaman denga susunan isi yang banyak. Untuk itu juga nomor halaman atau page number berfungsi untuk memberikan nomor halaman. Ada dua bentuk nomor halaman, yaitu bentuk nomor halaman dengan angka romawi kecil, dan penomoran halaman dengan angka standart.

Penomoran halaman dengan angka romawi kecil yakni i, ii, iii, dst seringkali diberikan mulai halaman judul, abstrak, halaman pengesahan, halaman motto, hingga dengan halaman susunan isi atau kata pengantar. Sedangkan normor halaman yang memakai angka standart 1, 2, 3, dst diserahkan pada halaman bab i pendahuluan dan seterusnya.

Dan seringkali aturan letak menyerahkan nomor halaman pun berbeda. Halaman judul hingga dengan kata pendahuluan yang memakai angka romawi kecil seringkali terletak di bagia footer dan center (berada di tengah-tengah).

Sedangkan halaman bab i pendahuluan dan seterusnya memakai angka standart dan nomor halamannya terletak pada footer sebelah kanan (right) kecuali pada masing-masing halaman bab berada pada header (atas) sebelah kanan.

Untuk menata halaman seperti itu, seringkali penulis atau yang ngetik naskah membagi menjadi dua atau tiga file yang terdiri dari file yang mengandung halaman judul dan satunya lagi file dengan halaman dengan nomor angka standart (bab i, dst).

Namun urusan itu dapat kamu jadikan satu file saja yang terdiri dari halaman dengan nomor romawi dan halaman dengan nomor angka standar.

Postingan terkait: