Pengertian Teks Eksposisi dan Jenis-jenisnya

Pengertian Teks Eksposisi dan Jenis-jenisnya - Selama ini, anda pasti telah sering menyimak berita-berita di koran. Berita-berita ini seringkali menjelaskan informasi atau pengetahuan tertentu. Salah satu jenis berita teks berbahasa Indonesia, yaitu teks eksposisi. Kali ini, kita akan membahas tuntas tentang definisi umum dan jenis-jenis teks eksposisi. Nah sebelumnya kita akan membahas pengertian teks eksposisi.

Pengertian Teks Eksposisi dan Jenis-jenisnya

Pengertian Teks Eksposisi

Teks eksposisi ialah sebuah karangan atau paragraf yang berisi informasi atau pengetahuan yang dicerminkan dalam format padat, singkat dan jelas. Pada paragraf eksposisi itu mempunyai sifat ilmiah atau dapat kita katakan sebagai pengakuan yang mempunyai sifat non fiksi. Sebuah teks eksposisi dapat membahas mengenai pendidikan, ekonomi, dan tidak sedikit topik lainnya. Tujuan teks esposisi ialah untuk menyatakan atau mengemukakan informasi tertentu hingga dapat meningkatkan pengetahuan si pembaca.

Tujuan Teks Eksposisi

Teks eksposisi mempunyai tujuan untuk mengemukakan atau menyatakan sejelas-jelasnya tentang informasi tertentu untuk para pembaca, cukup dengan menyimak teks eksposisi maka pembaca bakal mendapatkan pengetahuan secara mendetail dari sebuah hal atau kejadian.

Ciri-Ciri Teks Eksposisi

Sama juga dengan teks pada umumnya, teks eksposisi memiliki sejumlah ciri-ciri umum teks eksposisi. Ciri-cici ini dipakai untuk memisahkan dan menilai apakah suatu teks termasuk dalam teks eksposisi atau bukan. Ciri-ciri teks eksposisi ialah sebagai berikut:

  1. Menjelaskan informasi atau pengetahuan tentang sebuah hal
  2. Gaya informasi yang mempunyai sifat mengajak 
  3. Penyampaian memakai bahasa baku dan dikatakan secara lugas 
  4. Bersifat netral atau tidak memihak 
  5. Fakta digunakan sebagai perangkat kontritasi dan perangkat kontribusi 

Struktur Teks Eksposisi

Selanjutnya, setelah kita memahami pengertian teks eksposisi dan ciri-cirinya, kita akan membahas strukturnya.

Struktur teks eksposisi lazimnya terdiri dari 4 unsur utama yaitu pembukaan, isi, argumentasi, dan penegasan ulang. Adapun keterangan tentang rangkaian teks eksposisi ialah berikut ini:

Pembukaan : Struktur teks eksposisi awal adalah pembukaan yang tidak jarang disebut dengan orientasi. Pada unsur ini anda akan menyaksikan pandangan mula yang ditulis oleh pengarang tentang sebuah persoalan dengan susunan yang paling relevan.

Isi (Thesis) : Thesis adalah isi dari teks eksposisi yang mengandung tentang pendapat orang yang dirasakan lebih berpengalaman bersangkutan persoalan dan pokok yang tengah dibahas. Mengidentifikasi struktur teks eksposisi yang satu ini paling mudah, saya dan anda bisa mengidentifikasi thesis atau isi dengan menyimak pemilihan katanya. seperti misal "menurut penuturan" dan beda sebagainya.

Argumentasi : Argumentasi ialah struktur teks eksposisi yang memuat mengenai bukti-bukti relevan yang menyokong thesis atau isi dari teks eksposisi ini. Umumnya argumentasi bakal berisi kenyataan fakta relevan yang berhubungan dengan pokok kupasan seperti tanggal, latar, narasumber, dan pemakaian angka angka yang umumnya mempunyai sifat konkrit.

Penegasan ulang : Penegasan ulang memuat benang merah yang mencakup pembukaan, thesis sampai argumentasi yang dikatakan penulis yang tentunya dikatakan dengan bahasa yang bertolak belakang dan lebih singkat.

Jenis-jenis Teks Eksposisi

Tidak terpaku pada pengertian teks eksposisi secara general saja, teks eksposisi pun terbagi ke dalam beberapa jenis.

Dalam pembahasannya teks eksposisi dipecah menjadi beberapa jumlah atau jenis. Setiap jenis teks eksposisi ini mempunyai pengertian dan pemakaian yang bertolak belakang antara satu sama lain. Secara umum teks eksposisi bisa diklasifikasikan menjadi jenis diantaranya :

1. Teks Eksposisi ilustrasi

Menggunakan penggambaran simpel atau format konkret dari sebuah ide. Mengilustrasikan sesuatu yang memiliki kesamaan sifat. Menggunakan frasa penghubung.

2. Teks Eksposisi berita

Memberikan informasi dari sebuah kejadian, teks eksposisi ini tidak jarang dijumpai dalam berita atau surat kabar.

3. Teks Eksposisi komparasi

Menerangkan gagasan atau usulan pada kalimat utama dengan cara perbandingan.

4. Teks Eksposisi proses

Berisi tentang petunjuk atau tata teknik membuat sesuatu.

5. Teks Eksposisi pengertian

Berisi tentang definisi dari sebuah obyek.

6. Teks Eksposisi pertentangan

Mengandung pertentangan antara sesuatu obyek dengan obyek yang lain. biasa memakai frasa penghubung “akan tetapi, meskipun begitu, sebaliknya.”

7. Teks Eksposisi analisis

Proses memisah-misahkan sebuah masalah dari suatu usulan utama menjadi sejumlah sub-bagian, Kemudian mengerjakan pengembangan secara berurutan.

Agar anda tidak bingung, ini contoh teks eksposisi

Contoh Teks Eksposisi

Proses Terjadinya Pelangi

Pelangi terjadi sebab pembiasan cahaya. Cahaya matahari yang melalui sebuah tetes hujan bakal dibiaskan melewatinya. Nah, proses ini yang membuat cahaya putih menjadi warna spektrum. Warna spektrum ialah warna merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, ungu. Atau yang kita sebut degan singkatan mejikuhibiniu. Kemudian warna-warna tersebut memantul di belakang tetes hujan, yang akibatnya cahaya terlihat melengkung menjadi pelangi.

Suara dan Cahaya Petir

Tahukah anda kenapa cahaya petir dan suaranya datang dalam selisih waktu yang beda? Ada perbedaan waktu kemunculan yang disebabkan adanya selisih antara kecepatan suara dengan kecepatan cahaya. Kecepatan suara 767 mil per jam (1,230 kilometer per jam), sementara kecepatan cahaya ialah 669,6 juta miles per hour (1, 08 miliar kilometres per jam).

Nah itulah pengertian teks eksposisi dan contoh-contohnya.

Postingan terkait: