Pengertian Manajemen Proses dan Penjelasannya

Pengertian Manajemen Proses - Dalam berbagai kegiatan bisnis maupun organisasi, aktifitas manajemen memang sangat dibutuhkan. Namun, ada hal lain yang tidak kalah pentingnya, apa itu? Ya, prosesnya itu sendiri. Sehingga, memahami apa itu manajemen proses juga tidak kalah penting.

Apa pengertian manajemen proses itu?

Manajemen proses merupakan serangkaian aktivitas dari sebuah perencanaan dan pengawasan kinerja suatu proses, terutama dalam proses bisnis.

Manajemen proses akan dimulai dengan mengaplikasikan pengetahuan, ketrampilan, peralatan, teknik, serta sistem untuk mendefinisikan, memvisualisasikan, mengukur, mengontrol, melaporkan, dan memperbaiki proses yang keseluruhannya bertujuan untuk meningkatkan keuntungan atau laba dari perusahaan itu sendiri.

ISO 9001 sendiri digunakan untuk mempromosikan pendekatan proses untuk mengelola suatu organisasi atau perusahaan.

Manajemen proses, dan aktivitas-aktivitas yang berkaitan

Dalam dunia computing atau komputer, manajemen proses juga dimanfaatkan dalam menjalankan sebuah sistem oprasi atau program.

Proses bisa diibaratkan sebagai sebuah program yang sedang dieksekusi. Sebuah proses juga membutuhkan beberapa sumber daya agar dapat menyelesaikan tugasnya. Alokasi sumber daya itu kemudian dikelola oleh Sistem Operasi. Contohnya, bisa menggunakan memori oleh CPU, file-file yang terbuka, dan penggunaan oleh perangkat-perangkat input ataupun output lain.

Ketika proses tersebut berhenti dan tidak dijalankan, sistem operasi pun akan mendapatkan kembali semua sumber daya yang bisa digunakan kembali. Sistem operasi juga akan bertanggung-jawab atas aktivitas-aktivitas yang berkaitan dengan manajemen proses yang dijakankannya, seperti:

  1. Membuat dan menghapus proses pengguna dan sistem proses.
  2. Menunda atau melanjutkan proses.
  3. Menyediakan mekanisme untuk sinkronisasi proses.
  4. Menyediakan mekanisme untuk komunikasi proses.
  5. Menyediakan mekanisme untuk penanganan deadlock.
Nah, itulah pengertian manajemen proses jika kita menelaah dalam dua bidang yang berbeda, yaitu bisnis dan komputer. Namun, pengertian manajemen proses kurang lebih sama, yaitu bagaimana kita mengatur sebuah skema aktifitas bisnis/alur program dari awal hingga akhir.

Postingan terkait: