Pengertian dari Informasi

Iklan by Google

Iklan by Google
Iklan by Google
Pengertian dari Informasi - Mungkin kalian sering mendengan kata informasi, bukan? Ya, informasi kini memang mudah didapatkan baik melalui buku, media cetak, media elektronik, hingga media online yang kini sedang trend. Tapi tahukah kalian apa pengertian dari informasi itu?

Pengertian informasi ialah pesan (bisa dalam bentuk ucapan atau ekspresi) atau juga kumpulan berbagai pesan yang terbentuk dari simbol yang dapat diartikan yang kemudian direkam atau ditransmisikan.

Pada konsepnya, pengertian informasi juga mempunyai banyak makna yang kompleks dan berbeda. Informasi dapat dikatakan sebagai pengetahuan yang dapat diperoleh dari pembelajaran, pengalaman, atau instruksi. Namun, istilah informasi juga mempunyai banyak makna yang bergantung pada konteksnya.

Dalam sejumlah hal tertentu, pengetahuan mengenai peristiwa-peristiwa atau kondisi tertentu yang telah dikumpulkan atau diterima dengan proses komunikasi, pendataan intelejen, ataupun diperoleh dari berita juga dapat disebut sebagai informasi.

Dengan kata lain, informasi bisa dikatakan sebagai kumpulan data dan fakta.
Dalam bidang ilmu komputer, informasi bisa diartikan sebagai data yang disimpan, diproses, atau ditransmisikan.

Sebagai contoh, dokumen berbentuk spreadsheet (seperti dari Microsoft Excel) seringkali dipakai untuk membuat laporan laba rugi dan neraca, sedangkan angka-angka di dalamnya adalah data yang sudah diberi konteks sehingga memiliki arti dan instrumen.

Beberapa pengertian dari informasi menurut para ahli 

Informasi ialah data yang sudah di rangkum atau di manipulasi dalam format lain yang bertujuan dalam proses mengambil keputusan (William, 2007).

Sedangkan menurut keterangan dari (Fajri, 2014) informasi dapat ditafsirkan sebagai suatu data yang sudah diproses dan diolah menjadi konteks yang berarti dan mempunyai makna dan nilai untuk penerimanya dan biasa dipakai untuk mengambil sebuah keputusan.

Nah, itulah pengertian dari informasi secara umum. Kurang lebih, seperti yang dikatakan oleh William dan Fajri, informasi adalah kumpulan data yang memiliki makna dan nilai yang bisa dijadikan sebagai pertimbangan dalam proses mengambil keputusan.

Baik itu informasi dalam bentuk kata ataupun data, keduanya sama-sama berpengaruh dalam proses pengambilan keputusan kamu dan bertindak.
Iklan by Google