Fakta Rumah Orang Eskimo Yang Biasa Disebut Igloo

Fakta Rumah Orang Eskimo Yang Biasa Disebut Igloo - Mungkin kamu pernah melihat tayangan di televisi tentang suku yang mendiami rumah igloo di kawasan kutub bumi, di mana kawasan itu terkenal akan cuaca dan iklim es-nya yang begitu dingin bukan?Ya, orang-orang tersebut kerap disebut sebagai orang Eskimo.

Siapa sih mereka itu? Orang es kimo sendiri sebenarnya adalah sekumpulan orang-orang yang tinggal dan mendiami daerah belahan kutub bumi, terkecuali Skandinavia dan sebagian besar Rusia.

Orang es kimo sendiri masuk di kawasan timur Siberia. Selain pakaian mereka yang terbuat dari bulu beruang dan srigala salju, rumah mereka yang berbentuk seperti mangkok telungkup juga tidak kalah uniknya.

Nah, pada kesempatan ini kita akan membahas beberapa fakta seputar rumah orang eskimo yang biasa disebut igloo ini.

Nah apa saja fakta-fakta itu? Berikut ini ulasannya satu persatu

Rumah iglo atau igloo berasal dari bahasa Inuktitut: iglu / แƒแ’กแ“—, yang berarti "rumah", atau dalam bentuk jamak: iglooit atau igluit. Definisi itu juga mengacu sebagai tempat tinggal sementara. Berbeda dari rumah kebanyakan, rumah igloo ini berbentuk kubah dan dibangun dari susunan balok-balok salju yang disusun berdampingan.

Rumah iglo umumnya memang identik dengan tempat tinggal orang Inuit, namun siapa sangka ternyata rumah igloo juga banyak dibangun oleh orang Kanada yang tinggal di kawasan Arktik Tengah, serta juga dikawasan Thule di Greenland.

Salju juga kerap dipergunakan oleh sebagian orang Inuit untuk melapisi rumah mereka yang dibangun dari tulang ikan paus dan juga kulit hewan.

Menurut mereka, salju sangat cocok digunakan sebagai insulator atau bahan penyekat untuk kawasan yang memiliki cuaca dingin yang ekstrim.

Uniknya, di dalam rumah igloo, justru suhu ruangan jauh lebih hangat. Sehingga juga memungkinkan manusia hidup di sana. Walalupun suhu di luar bisa mencapai -46 °C.

Walaupun secara garis besar rumah Igloo dibuat dari salju yang dipadatkan, namun orang Eskimo ternyata tidak menetap atau tinggal di sana untuk jangka waktu yang lama. Rumah igloo hanya dijadikan rumah atau tempat tinggal sementara saat mereka berburu hewan saja.

Untuk rumah permanen tinggal mereka, adalah igloo yang dibuat dari material kayu, tulang paus yang kemudian ditutup dan dilapisi dengan kulit ikan hiu.

Jika memang frekuensi musim panas ternyata lebih singkat, orang Eskimo akan lebih memilih tinggal di tenda-tenda yang dibuat dari kulit binatang dibandingkan dengan rumah igloo dari salju.

Secara garis besar, rumah orang eskimo yang biasa disebut igloo ini terbagi menjandi 3 jenis


1. Igloo yang memiliki ukuran kecil, umumnya dibangun dalam jangka waktu 1-2 malam. Selain itu, rumah ini pun hanya digunakan mereka untuk perjalanan kelompok Eskimo saja, di mana untuk menunjang kebiasaan kelompok Eskimo yang kerap menjelajah lautan es saat berburu.

2. Igloo selanjutnya berukuran sedang dengn bangunan rumah semi permanen. Rumah ini umumnya digunakan sebagai tempat tinggal. Rumah juga hanya terdiri dari 1-2 ruangan saja, di mana hanya bisa menampung dua keluarga saja.

3. Igloo yang berukuran besar. Nah, rumah ini justru dibangun untuk menampung sebanyak 20 orang, dan merupakan rumah permanen para orang eskimo tersebut di musim panas.

Lalu, bagaimanakah bentuk konstruksi rumah Igloo ini?

Salju hanya material utama dasar saja, rumah Igloo para orang eskimo pun harus memiliki kekuatan struktural yang cukup kuat. Hal ini tentunya agar balok es tersebut dapat dipotong dan ditumpuk.

Jenis salju yang bisa digunakan adalah jenis salju yang telah ditiup oleh angin, di mana salju ini bisa mengunci kristal es.

Blok rumah igloo yang berbentuk persegi panjang 2-4 kaki, atau setara dengan 60cm-120cm, umumnya memiliki dinding es berketebalan 20 cm. sedangkan ventilasi udaraya sendiri berada di atas langit-langitnya.

Keunikan arsitektur lainnya dari rumah Igloo ini yaitu langit-langit yang berbentuk kubah di mana penyusunanya ternyata dilakukan dengan cara dinaiki.

Nah, itulah beberapa fakta tentang rumah orang eskimo yang biasa disebut igloo