Cara Membuat Yoghurt Dengan Cimory Mudah di Rumah


Cara Membuat Yoghurt Dengan Cimory - Membuat makanan sendiri tentu mengasyikkan. Apalagi jika makanan tersebut dibuat dan dikerjakan dengan anggota keluarga lainnya.

Disamping menyenangkan, pekerjaan ini akan menciptakan hubungan kekeluargaan yang semakin dekat dan lebih harmonis. Memang, kegiatan masak memasak kerap dilakukan oleh para wanita, namun sebenarnya laki-laki pun tak apa bila hendak belajar memasak. Tidak perlu yang sulit, yang mudah seperti yoghurt pun bisa kamu coba.

Untuk yoghurt sendiri, persiapannya tidak mudah dan tidak butuh alat dan bahan sulit. Yoghurt sendiri adalah susu yang difermentasikan oleh bakteri. Yoghurt bisa dibuat dengen memakai susu.

Belakangan ini, produk yoghurt yang ada di beberapa pasar besar swalayan, umumnya menggunakan susu sapi. Nah, untuk mempermudah, kita dapat mencoba cara membuat yoghurt dengan cimory

Mengkonsumsi yoghurt secara rutin dapat menjaga kesehatan pencernaan kita dan keluarga. Pencernaan yang sehat dapat membuat tubuh tetap terjaga. Membuat yoghurt di dapur tidaklah susah. Bahan-bahan yang dibutuhkan pun juga mudah di dapat.

Bahan dan cara membuat yoghurt dengan cimory

Cara Membuat Yoghurt Dengan Cimory Mudah di Rumah
  1. 1000 ml Susu segar Cimory
  2. 1/2 Cangkir yoghurt Plain (yoghurt dengan kandungan bakteri yang masih hidup/bakteri probiotik)
  3. Berikut tahap-tahapannya
  4. Tuangkan susu ke dalam wadah panci dan panaskan memakai kompor dengan api kecil saja dengan diaduk perlahan. Kamu dapat juga memakai oven dengan temperature 85 derajat celcius
Yang perlu diperhatikan, saat proses pemanasan susu tidak boleh sampai mendidih dan hangus. Proses ini bertujuan untuk mengolah struktur protein susu agar menjadi padat.

Apabila suhu dirasa sudah cukup, segera angkat susu dan kemudian dinginkan dengan meletakan panci tadi ke dalam sebuah baskom atau wadah yang mengandung air yang kemudian sambil diaduk dengan perlahan sampai suhu susu menyentuh 43 derajat celcius.

Saat temperatur sesuai dengan yang diinginkan, tuangkan yoghurt plain tadi kedalam panci yang mengandung susu tersebut. Kemudian, aduk yoghurt dengan susu sampai rata secara merata.

Pindahkan susu yang telah tercampur dengan yoghurt plain ke dalam wadah bersih. Tutup rapat agar suhu ruang menjadi kedap udara sehingga proses inkubasinya bisa berlangsung dengan sempurna.

Saat proses inkubasi terjadi, diamkan cairan yoghurt agar bakteri pada yougurt dapat tumbuh dan berkembang. Pastikan temperatur ketika proses inkubasi di angka 38 derajat celcius. Proses ini tentunya dapat memakan waktu sekitar 7 jam. Semakin lama didiamkan maka tingkat keasamannya tentu semakin tinggi dan tekstur akan lebih kental.

Setelah didiamkan sekitar 7 jam atau lebih, dinginkan yoghurt yang sudah mengental beberapa jam saja sebelum yoghurt dapat dikonsumsi agar bisa lebih tahan lama. Sehingga bisa menambahkan masa kadaluarsa hingga 1 sampai 2 minggu.

Mudah bukan cara membuat yoghurt dengan cimory. Selain mudah, yoghurt pun sehat untuk tubuh. Tertarik mencoba membuatnya?