Apa Itu Hosting? Ini Penjelasannya


Pernahkah kalian bertanya-tanya, bagaimana membuat sebuah website? Nah, sebelum kalian membuat website, tentunya kalian harus memiliki domain dan hosting dahulu.

Nah, kali ini kita akan membaha apa itu hosting?

Apa itu Hosting?

Apa itu Hosting?
Ya, jika domain itu nama untuk website, maka hosting adalah space atau tempat kita menyimpan kumpulan data website kita di internet. Hosting tersebut akan kita gunakan untuk menyimpan berbagai data-data situs milik kita.

Data-data tersebut bisa berupa sistem CMS, foto, gambar, tulisan (teks), video dan lain-lainnya. Entah situs perusahaan, situs pribadi, blog, dan situs lain-lainnya harus memiliki hosting.

Jadi dengan hosting orang-orang pun bisa mengaksesnya dan melihat semua konten yang ada di website kita.

Jika gambaran tersebut sedikit sulit dimengerti, mari kita analogikan secara lebih mudah.

Jika diibaratkan sebagai sebuah rumah, hosting bisa dianalogikan sebagai tanah tempat bangunan itu berdiri. Semakin luas tanahnya, maka kita pun lebih leluasa membangun dan menentukan bangunan yang ingin kita buat di sana.

Sedangkan bangunan rumah tersebut bisa kita ibaratkan sebgai website yang kita miliki. Mau dibuat rumah, apartemen, kafe, toko atau apapun itu. Di tanah tersebut, kita bisa juga membangun bangun taman, kolam renang, pagar dan lain-lainnya untuk mempercantik bangunan kita.

Nah, dengan memiliki hosting yang besar, kamu pun bisa lebih leluasa mempercantik dan membuat semenarik mungkin website kamu. Kamu bisa memuat gambar, video, animasi, artikel atau apapun itu.

bagaimana caranya memiliki hosting?

Cara menggunakan hosting dapat dilakukan dengan menyewa hosting. Untuk bisa menyewa, kamu bisa menyewanya, kamu bisa mengunjungi beberapa jasa penyedia layanan hosting.

Kini, banyak juga kok penyedia layanan hosting lokal maupun internasional dengan beragam penawaran harga yang menarik. Sebagai informasi tambahan, kamu pun bisa menyewa hosting US, Singapura, Indonesia atau lokasi lain yang kamu inginkan.

Untuk kamu yang menargetkan pengguna Indonesia, baiknya kamu menyewa hosting yang berada di Indonesia saja.

Nah, itulah penjelasan tentang apa itu hosting. Bagaimana? Tertarik menyewa hosting untuk website baru kamu?