Pengertian WHO, Organisasi Kesehatan Dunia bentukan PBB

Pengertian WHO - Banyak organisasi-organisasi kemanusiaan yang bernaung di bawah payung PBB. Salah satunya adalah WHO. Mungkin kamu sering mendengar organisasi kemanusiaan yang satu ini. Namun, tahukah kamu pengertian WHO itu?

Pengertian WHO atau yang dalam bahasa Indonesia adalah Organisasi Kesehatan Dunia merupakan sebuah badan bentukan PBB yang bertindak sebagai sebuah koordinator kesehatan umum internasional. WHO bermarkas di daerah Jenewa, Negara Swiss.

Keberadaan WHO pertama kali didirikan oleh PBB pada 7 April 1948. Direktur Jendral yang sekarang saat ini menjabat (ditulis pada tanggal 20/feb-2018) bernama Margaret Chan (ia menjabat sejak 8 November 2006).

Sejarah WHO Terbentuk Pertama Kali

Pengertian WHO, Organisasi Kesehatan Dunia bentukan PBB

Konstitusi WHO sendiri mnyuarakan jika tujuan didirikannya WHO adalah untuk menjaga semua orang mencapai tingkat kesehatan tertinggi. Tugas pokok utama WHO yaitu tidak lain adalah membasmi penyakit, terutama permasalahan penyakit menular yang kini banyak bermunculan dan menyebar luas hampir di berbagai belahan dunia.

Kegiatan dan Aktivitas WHO

Selain mengatur masalah penyakit internasional merebak, WHO pun ditugaskan untuk mengendalikan penyebaran penyakit menular, seperti SARS, malaria , tuberkulosis , flu babi dan AIDS , WHO serta juga mensponsori program-program yang bertujuan untuk membantu mencegah dan mengobati penyakit berbahaya tadi.

Saat ini, WHO pun menargetkan untuk bisa menyelesaikan dan memusnahkan persoalan polio dalam beberapa tahun kurun waktu terakhir. Organisasi ini pun juga sudah meluncurkan HIV/AIDS Toolkit untuk Negara Zimbabwe sejak 3 Oktober 2006 dengan standar internasional yang memadai.

Nah, itulah arti dan pengertian WHO. Semoga cita-cita luhur WHO agar bisa mensejahterakan kesehatan tertiggi manusia dapat tercapai, ya. 

Postingan terkait: