Cara Perpanjang SKCK & Persyaratannya, Gampang Kok Mengurusnya

Cara Perpanjang SKCK –  SKCK atau yang dikenal dengan singkatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian adalah salah satu surat atau dokumen wajib yang digunakan untuk beberapa persyaratan dalam melamar kerja di berbagai perusahaan saat ini. Entah itu pemerintah dan swasta, umumnya mewajibkan para pelamarnya untuk memiliki surat SKCK.

SKCK sendiri berlaku kurang lebih hanya 1 tahun saja, sehingga tiap tahunnya kita diwajibkan untuk memperpanjangnya secara berkala.
Namun, nyatanya banyak yang masih bingung tentang bagaimana cara memperpanjang SKCK itu. Padaha, cara memperpanjang STNK tidaklah begitu sulit jika dibandingkan kita mengurus proses pembuatan SKCK baru. Lantas apa saja yang harus di persiapkan dalam mengurus perpanjangan SKCK?

Syarat Perpanjang SKCK

Sebelum ke tahap proses panjang SKCK, kita harus mengetahui dahulu lokasi Polsek, Polres, Polda maupun Mabes Polri terdekat. Jika sudah, kamu bisa memilih lokasi mana yang dekat dengan domisili kamu berada. Jika kamu sudah menemukan lokasi pengurusan SKCK terdekat, selanjutnya kamu harus mempersiapkan beberapa persyaratannya berikut terlebih dahulu, yaitu:

1. Surat Pengantar dari Kelurahan

Persyaratan pertama yang wajib kamu persiapkan dalam mengurus perpanjang SKCK adalah surat pengantar dari kelurahan. Namun, ada baiknya kamu pastikan jika di kepolisian tempat kamu akan melakukan perpanjang SKCK memang membutuhkan surat pengantar tersebut. Hal ini dikarenakan beberapa wilayah tidak mewajibkan kamu melampirkannya dalam proses perpanjang SKCK.

2. SKCK Lama yang Asli

Jangan lupa untuk membawa SKCK lama kamu yang asli, atau jika perlu fotokopi juga SKCK lama yang sudah dilegalisir sebelumnya (jika SKCK lama yang asli yang kami miliki sebelumnya hilang).

Bagaimana jika SKCK dan fotocopyannya hilang?

Tenang, kamu juga tetap bisa memperpanjang SKCK milikmu, tetapi prosesnya tentu akan lebih lama. Ada baiknya, kamu tanyakan ke bagian informasi di kepolisian terdekat daerahmu tentang proses selanjutnya jika SKCK asli dan fotocopynya hilang.

3. Bawa Fotokopi Kartu Keluarga
4. Sertakan pula Fotokopi Akta Kelahiran
5. Jangan lupa Fotokopi SIM atau KTP yang Masih Aktif
6. Persiapkan juga Pas Foto


Untuk Pas foto, persiapkan dengan ukuran 4×6 sebanyak 4 lembar. Warna background foto dapat disesuaikan warna background foto di KTP kamu. Sebagai gambaran, warna biru jika kamu kelahiran di tahun genap, sedangkan  warna merah jika kamu lahir di tahun ganjil.

Bagaimana Cara Perpanjang SKCK?

Jika kamu telah mempersiapkan semua syarat-syarat tadi, berarti persyaratan perpanjangan STNK telah kamu penuhi, kini tiba diproses selanjutnya.
  1. Datangi Polsek terdekat sesuai daerah domisili kamu baik di SIM ataupun KTP dengan membawa semua persayarat tadi sebelumnya.
  2. Jika sudah di lokasi, segera ambil nomor antrian.
  3. Jika nomor kamu sudah di panggil oleh petugas yang berwajib, serahkan semua berkas tersebut ke bagian loket.
  4. Untuk biaya administrasi perpanjangan, biayanya Rp 10.000,-
  5. Saat pengurusan berlangsung, kamu dapat tunggu beberapa saat.
  6. Jika sudah, kamu bisa ambil SKCK baru ke ruangan pengambilan.

Bagaimana Cara Perpanjang SKCK yang Sudah Mati Lebih dari 1 Tahun

Untuk kamu yang lupa dalam mengurus perpanjang SKCK lebih dari setahun, kamu juga bisa mengurus perpanjangannya. 

Kamu pun tidak perlu membuat SKCK baru. Cukup mengurusnya langsung saja.

Cara mengurusnya pun kurang lebih hampir sama dengan proses perpanjangan SKCK pada umumnya. Berikut panduannya:

  1. Pertama persiapkan surat keterangan dari RT dan RW juga dari pihak Kelurahan.
  2. Kemudian lakukan legalisir surat tersebut di kantor kecamatan.
  3. Jika sudah, persiapkan SKCK asli yang lama, kemudian fotokopi SIM atau KTP, juga fotokopi Akta Kelahiran, serta fotokopi kartu keluarga, jangan lupa foto berwarna dengan ukuran 4 x 6 sebanyak 4 lembar, dan buat juga surat keterangan yang sudah dilegalisir.
  4. Proses perpanjangan SKCK bisa dilakukan di Polsek.
  5. Setelah di lokasi, kamu dapat langsung menyerahkan berkas-berkas ke loket penerimaan.
  6. Bayar biaya administrasi perpanjangan Rp 10.000,-
  7. Kamu dapat tunggu hingga proses selesai dilakukan dalam beberapa saat.
  8. Kemudian setelah itu kamu bisa ambil SKCK baru di ruangan pengambilan.

Tips Mengurus Perpanjang SKCK

Agara proses perpanjangan SKCK kamu tidak mengalami kendala, berikut ini beberapa tips yang bisa kamu ikuti:

Pertama pastikan dan cek kelengkapan dokumen yang menjadi persayaratan sebelum kamu berangkat ke lokasi pengurusan.

Lebih baik datang ke Polsek lebih awal, atau saat pagi. Hal ini bertujuan agar kamu tidak terkena antrian yang panjang. Terutama saat musim pendaftaran PNS, jam 5 pagi pun banyak antrian sudah menunggu.

Bawa pula bolpoin sendiri untuk berjaga-jaga, walalupun di lokasi sudah disediakan juga peralatan tulis atau bolpoin. Hal ini untuk mengantisipasi dan berjaga-jaga jika jumlah alat tulis di Polsek habis. Kamu pun jadi tidak perlu mengantri bolpoin jika nanti bolpoin sudah habis terpakai semua.

Apabila SKCK sudah selesai dan sudah jadi, kamu dapat langsung fotokopi beberapa lembar, jangan lupa untuk segera dilegalisir. Hal ini agar nanti kamu tidak repot jika kamu ingin melegalisirnya kembali. Kamu pun nanti tidak perlu bolak-balik mengurus legalisir SKCK karena sudah memiliki cadangan fotocopi SKCK yang sudah dilegalisir jika suatu saat nanti diperlukan.

Nah itulah beberapa proses dan cara perpanjang SKCK. Mudah bukan?

Beberapa Hal Penting dalam Proses dan Kegunaan Perpanjang SKCK

Jika kamu ingin mengurus proses penting atau sedang dalam prosses melamar pekerjaan atau seleksi menjadi calon pegawai negeri sipil (CPNS), mau tidak mau kamu juga harus mengurus surat keterangan catatan kepolisian atau yang kerap disebut dengan singkatan SKCK. Surat SKCK memang kerap dibutuhkan ketika kamu melamar pekerjaan baik itu CPNS, instansi pemerintah lainnya, badan usaha milik negara (BUMN) atau pun juga melamar sebagai karyawan swasta. 

Di dalam dokumen atau surat SKCK, tentunya akan tertera catatan kriminal seseorang. Jadi jika kamu pernah memiliki riwayat kejahatan, hal tersebut akar tercatat dalam SKCK tersebut. Untuk itulah SKCK diterbitkan oleh pihal kepolisian selaku pihak berwajib. Untuk pengurusan, surat SKCK akan dikeluarkan oleh polisi sektor (polsek), polisi resor (polres), dan kepolisian daerah (polda). Dari keseluruhan, SKCK yang diterbitkan oleh pihak kepolisian yang berbeda, ternyata juga memiliki kegunaan yang berbeda pula.

Apabila kamu membutuhkan SKCK untuk tujuan atau maksud keperluan pengajuan visa ke luar negeri, maka kamu pun harus membuatnya di polda ataupun Mabes Polri. Namun jika hanya untuk urusan melamar CPNS saja, kamu dapat memenuhi persyaratan dan melakukan pendaftaran atau perpanjangan SKCK di polres.

Hal tersebut juga berlaku jika kamu ingin menjadi calon kepala desa dan anggota DPRD. Namun tidak sampai di situ, untuk beberapa persyaratan seperti ketika kamu akan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, ada juga yang menysaratakan untuk melampirkannya. Begitu juga jika kamu ingin pindah domisili.

Mungkin kamu sering mendengar jika birokrasi pengurusan surat atau dokumen penting di Indonesia sedikit berbelit-belit. Termasuk juga ketika kamu akan mengurus surat perpanjang SKCK. Namun, kini hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Karena memang untuk memperpanjang SKCK pun kini tidak seribet yang diperkirakan orang.

Bahkan, untuk proses pembuatan dan perpanjang SKCK pun bisa beres dalam satu hari saja. Yang terpenting, kamu sudah menyiapkan persyaratan dan kelengkapan dokumen yang dibutuhkan serta persiapkan diri kamu untuk datang ke kantor polisi jauh lebih awal agar bisa mengurus pertama.

Untuk lebih pastinya juga, kamu bisa lengkapi persyaratan yang dibutuhkan secara lengkap agar kelak kamu tidak bolak-balik ke kantor polisi jika ada dokumen yang kurang. Nah, jangan lupa untuk perhatikan jam operasional di kantor polisi kamu mengurus perpanjangan STNK tersebut. Jam operasional pengurusan SKCK yaitu dapat dilakukan hari Senin sampai dengan Jumat mulai dari pukul 8.00-14.30 dan untuk di hari Jumat umumnya loket istirahat sejak pukul 12.00 hingga 13.30.

SKCK yang diterbitkan polsek umumnya berlaku hingga tiga bulan, namun untuk SKCK yang dikeluarkan polres, polda dan Mabes Polri masa berlakukunya bisa hingga enam bulan lamanya sejak SKCK diterbitkan. Jika kamu ingin bingung dalaam mengurus dan cara perpanjang SKCK setelah masa berlaku sudah habis, kamu bisa mengurusnya dengan mendatangi kantor polisi lokasi yang sama ketika kamu membuat SKCK tersebut.

Postingan terkait: