Arti Makalah + 5 Karakteristiknya

Iklan by Google

Iklan by Google
Iklan by Google
Permarksaran.com - Setiap pelajar, baik itu pelajar yang masih duduk di bangku sekolah menengah pertama hingga mahasiswa, pasti pernah memiliki tugas membuat makalah.

Arti Makalah

Arti Makalah
Apa sih sebenanya makalah itu? Pengertian atau arti makalah adalah tulisan resmi mengenai suatu pokok masalah yang dimaksudkan untuk dibacakan di muka umum dalam sebuah persidangan yang disusunkan untuk kemudian diterbitkan.

Arti makalah lainnya, atau dalam pengertian yang lebih sempit bagi seorang pelajar, makalah adalah karya tulis yang dibuat pelajar atau mahasiswa sebagai bentuk laporan dari hasil pelaksanaan tugas yang diberikan oleh guru atau dosen di sekolah ataupun perguruan tinggi.

Dari pembahasan di atas, maka kita bisa menarik definisi makalah sebagai suatu karya tulis ilmiah yang dibuat oleh seseorang atau kelompok yang disusun dan digunakan untuk membahas topik/pokok permasalahan tertentu ruang lingkup pembahasan atau permasalahan tertentu.

Karakteristik Makalah

  1. Makalah merupakan hasil kajian literaur, atau juga sebagai laporan pelaksanaan tentang suatu kegiatan lapangan.
  2. Ruang lingkup makalah hanya mencakup permasalahan dalam suatu mata kuliah atau pelajaran saja
  3. Makalah juga bertujuan untuk melihat kemampuan mahasiswa/pelajar mengenai permasalahan teoritis yang dikaji dan melihat kemampuannya dalam menerapkan prosedur, prinsip atau teori yang berhubungan dengan perkuliahan yang diambilnya.
  4. Memperlihatkan sejauhmana kemampuan para siswa dalam memahami isi dari sumber rujukan yang diliterasikannya.
  5. Menunjukkan bagaimana kemampuan mahasiswa dalam merangkai sumber informasi menjadi sebuah kesatuan yang sistematis.


Nah, itulah beberapa penjelasan tentang arti makalah.

Iklan by Google