Pertumbuhan UKM dan Bisnis Digital di Indonesia

Iklan by Google

Iklan by Google
Iklan by Google
UKM dan Bisnis Digital di Tanah Air - Asosiasi E-commerce Indonesia dan Prediksi Lembaga kajian ekonomi Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia, memaparkan angka fantastik pada nilai transaksi pasar e-commerce di Indonesia tahun ini.

Tidak heran, berbagai perusahaan ritel dan konvensional yang ada juga mulai merangsek ke dalam ranah e-commerce. Peluang yang masih terbuka kedepannya menjadi salah satu alasan keinginan mereka bermain di sektor digital.

Begitu pula dengan para usaha kecil menengah (UKM), para pelaku UKM juga mulai memasuki pasar e-commerce secara bertahap. Transisi para pelaku UKM di lini ini diharapkan dapat menjadi tren yang kian memudahkan para produsen membeli secara cepat tanpa terhalang jarak dan waktu.

Pertumbuhan UKM dan Bisnis Digital

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara, mengharapkan keberadaaan UKM dapat berkontribusi besar bagi pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Sebelumnya pemerintah memang berencana menjadikan Indonesia sebagai Digital Energy in Asia, untuk itu pemerintah juga berusaha turut mengembangkan strategi digital ke para pelaku UKM yang ada saat ini. Selain mempengaruhi pertumbuhan ekonomi, meningkatnya pasar UKM juga berpengaruh terhadap pembukaan lapangan kerja yang cukup besar.

Jumlah UKM di Indonesia diperkirakan mencapai 65 juta, dengan kontribusi Produk Domestik Bruto (PDB) nasional hingga mencapai 58% pertahunnya. Dari total itu pula, hanya 5% yang sudah merambah sektor digital. Padahal, Indonesia sendiri memiliki target di tahun 2020 susah mencetak 1.000 digital technopreneur, serta 8 juta UKM sudah merambah pasar digital.

Apabila para UKM sudah mampu melakukan pemasaran online secara mandiri, bukan tidak mungkin kedepannya mereka dapat dilirik para investor asing yang tertarik menanamkan modal di Indonesia. Secara garis besar, ada tiga jenis bisnis yang dijajahkan melalui pemasaran online saat ini, yakni startup, UKM, dan perusahaan mapan (company).

Pemerintah sendiri sudah cukup keras melakukan berbagai manuver untuk membantu proteksi UKM yang ada di Tanah Air. Salah satunya menyiapkan sebuah road map bisnis khsus untuk ekosistem e-commerce. Melalui road map ini, diharapkan dapat mempercepat penyelesaian permasalahan investasi, sistem pembayaran, dan pajak.

Dengan dukungan tersebut, diharapkan pelaku UKM yang ada kian tumbuh dan mampu melakukan penetrasi pasarnya masing-masing, khususnya di ranah digital yang kian terus berkembang.
Iklan by Google