Laptop untuk Desain Grafis Harga 5 Jutaan

Permarksaran.com - Seorang yang berprofesi sebagai design grafis profesional akan membutuhkan laptop design berspesifikasi lengkap yang mampu menunjang aktifitas dan perkerjaannya sebagai seorang designer.

Tidak hanya para professional saja, mahasiswa yang mengambil jurusan design grafis atau para freelance designer juga pasti membutuhkannya.

Namun, sebelum lanjut ke pembahasan, kita akan membahas terlebih dahulu, apa berbedaan laptop untuk design grafis dengan laptop kebanyakan lainya.

Perbedaan Laptop untuk Desain Grafis


Memang, perbedaan laptop untuk design grafis tidak terlalu mencolok dalam sisi fisik, namun akan terlihat dari spesifikasi dapur pacu yang dimilikinya.

Untuk mendukung aktifitas seorang desainer, perangkat atau laptop yang digunakannya haruslah memadai, khususnya dalam akselerasi visual dan kecepatan. Apalagi, kemajuan bidang design terus berkembang hingga ke aspek animasi dan visual.

Tentu tidak salah jika spesifikasi laptop yang akan Anda beli nanti harus betul-betul sesuai dengan kebutuhan desian Anda.

Namun karena itu pula tidak jarang laptop untuk desain grafis bisa berharga lebih mahal. Apabila keterbatasan dana kerap menjadi pertimbangan Anda, maka berikut ini beberapa daftar laptop untuk design grafis harga 5 jutaan kebawah yang bisa Anda pilih.

6 Laptop untuk Desain Grafis Harga 5 Jutaan Kebawah


1. HP Pavilion 14-AF118AU

Laptop untuk design grafis harga 5 jutaan pertama yang bisa Anda pilih yaitu HP Pavilion 14-AF118AU. HP merupakan salah satu produsen laptop yang sudah cukup terkenal sejak dahulu.

Selain harga yang terjangkau, seri HP Pavilion 14-AF118AU kali ini juga sudah dilengkapi finishing glossy, sehingga layar dapat dengan mudah dibersihkan, khususnya bekas sidik jari yang kerap menempel.

Dengan harga kurang dari 5 jutaan, laptop ini dapat diandalkan ketika menunjang pekerjaan sebagai seorang desain grafis. Dapur pacu yang dibenamkannya pun cukup dapat diandalkan, yaitu prosesor AMD A8-7410 Quad Core 2.2 GHz, dukungan grafis AMD Radeon R5, Ram 4 GB, serta memori penyimpanan HDD dengan kapasitas 500 GB. Hal ini tentu sangat ideal dalam menjalankan aktivitas multimedia, termasuk aplikasi dan kebutuhan desain.

Spesifikasi - HP Pavilion 14-AF118AU


Ukuran Layar: 14 inch

Resolusi Layar: 1366 x 768 Pixel

Tipe Prosesor: AMD A-Series

RAM:  4 GB

Storage Size: 500 GB

Kartu Grafis: AMD

Graphic Card Memory Size: 512 MB

USB 3.0: 1 Port(s)

OS:  DOS

Tipe Kartu Grafis:  Radeon R5 Graphics

2. ASUS X200MA-KX153D

Daftar laptop untuk desain grafis harga 5 jutaan selanjutnya adalah ASUS X200MA-KX153D. Laptop yang juga didukung dengan RAM 4GB ini memiliki ukuran yang lebih minimalis. Seri asus ini menawarkan spesifikasi layar sebesar 11,6 inch dengan sukunganresolusi HD.

Walaupun didukung RAM 4GB, namun prosesornya masih mengandalkan Intel Celeron Quad Core N2920. Sehingga, beberapa program desain tergolong berat akan kurang ideal dan terasa kurang smooth.

Namun dalam sisi audio, laptop ini didukung speaker dengan teknologi SonicMaster.

Spesifikasi ASUS X200MA-KX153D

Ukuran Layar      11.6 inch

Resolusi Layar     1366x768 Pixel

Tipe Prosesor      Intel Celeron

RAM                   4 GB

Storage Size       500 GB

Kartu Grafis        Intel

USB 3.0              1 Port(s)

OS                    Windows 8


3. Dell Inspiron 14-3458

Daftar laptop dengan dukungan 4GB RAM untuk desain selanjutnya merupakan produk dari Dell seri Inspiration 14-3458. Seri Dell ini hadir dengan harga kurang dari Rp 5 juta. Spesifikasi yang dibenamkan cukup tangguh, dan performanyapun cukup cepat.

Dengan prosesor Intel Core i3 seri 4005U, layar 14 inch HD, serta dukugan teknologi TrueLife, membuat laptop ini dapat diandalkan untuk mendukung kegiatan desain Anda.

VGA yang ditanamkannya pun tidak main-main, yaitu NVIDIA GeForce 820M, sehingga cukup menunjang aktifitas render kegiatan multimedia.

Spesifikasi Dell Inspiron 14-3458

Ukuran Layar     14 inch

Resolusi Layar     1366 x 768 Pixel

Tipe Prosesor       Intel Core i3

RAM                   4 GB

Storage Size       500 GB

Kartu Grafis        NVIDIA

Graphic Card Memory Size      2 GB

USB 3.0               1 Port(s)

OS                      DOS

Tipe Kartu Grafis    GeForce 820M

4. Axioo Neon RNE 7845

Laptop untuk desain grafis harga 5 jutaan selanjutnya hadir dari produsen local. Walaupun laptop ini merupakan keluaran produsen lokal, namun siapa sangka, laptop ini mampu menunjang kebutuhan desain grafis dengan cukup baik.

Dengan desain yang elegan. Laptop ini mengusung konsep SkinnyBook, Axioo Neon RNE 7845 memiliki dapur pacu dengan prosesor Intel Core i7 2640M, VGA Intel HD Graphics 3000, serta RAM 4 GB, sehingga mampu menjalankan aplikasi desain grafis yang tergolong berat dengan cukup baik.

Tidak hanya aplikasi desain grafis saja, game 3D pun dapat berjalan cukup lancer. Laptop yang dibendrol dengan harga ini didukung layar seluas 14 inch beresolusi HD 1366 x 768 piksel.

Spesifikasi Axioo Neon RNE 7845

Ukuran Layar     14 inch

Resolusi Layar    1366×768 Pixel

Tipe Prosesor      Intel Core i7

RAM                  4 GB

Storage Size       500 GB

Kartu Grafis        Intel

OS                      DOS

Tipe Kartu Grafis    HD Graphics 3000

5. Lenovo IdeaPad G40-45-SID

Tidak jauh berbeda dengan spesifikasi laptop desain di atas lainnya, kali ini Lenovo IdeaPad G40-45-SID juga hadir dengan membawa dukungan panel LED seluas 14 inch beresolusi HD. Dengan ukuran tersebut, laptop ini cukup ideal dalam menunjang aktivitas desain dan multimedia.

Tidak hanya kebutuhan editing saja, laptop dengan harga terjangkau ini juga dapat diandalkan dalam urusan gaming. Dukungan RAM 4GB dengan prosesor AMD A8 6410, serta kartu grafis Radeon R5 M230, membuat penggunanya dapat dengan leluasa melakukan aktivitas hiburan, maupun pekerjaan.

Spesifikasi Lenovo IdeaPad G40-45-SID

Ukuran Layar     14 inch

Resolusi Layar    1366 x 768 Pixel

Tipe Prosesor      AMD A-Series

RAM                  4 GB

Storage Size       500 GB

Kartu Grafis        AMD

Graphic Card Memory Size          512 MB

USB 3.0              1 Port(s)

OS                     DOS

Tipe Kartu Grafis  Radeon R5 M230

6. Dell Vostro 5470

Laptop untuk desain grafis selanjutnya adalah Dell Vostro 5470. Laptop yang juga menyandang laptop bisnis ini diusung dengan desain yang elegan. Dengan berat yang hanya 1.54 Kg, membuatnya cukup ringan dibawa kemanan saja, bahkan cukup nyaman ketika dibawa oleh wanita.

Didukung layar 14 inch beresolusi HD, prosesor Intel Core i3 4010U dan RAM 4GB, laptop desain ini dapat bekerja dengan baik untuk keperluan editing dan multimedia lainnya. Yang tidak kalah penting, Laptop ini disupport dan terintegrasi oleh kartu grafis 3D GPU Intel HD 4400.

Spesifikasi Dell Vostro 5470

Ukuran Layar     14 inch

Resolusi Layar    1366 x 768 Pixel

Tipe Prosesor      Intel Core i3

RAM                  4 GB

Storage Size       500 GB

Kartu Grafis        Intel

Graphic Card Memory Size          -

USB 3.0 1 Port(s)

OS                      Windows 8

Tipe Kartu Grafis    HD 4400

Syarat dan Spesifikasi Ketika Membeli Laptop untuk Desain Grafis


Spesifikasi apa yang harus diperhatikan saat akan membeli laptop untuk design grafis?

Processor

Processor dapat dibaratkan sebagai otak dari laptop tersebut. Jadi, apabila processor yang digunakan memiliki performa yang menunjang, maka aktifitas saat menjalankan aplikasi juga akan lebih cepat dan smooth.

Saat memilih laptop untuk desain, perhatikan pula clock speed dalam satuan GHz yang dimilikinya, selain itu juga jumlah inti otak (core), system hyper threading dan juga  kapasitas cache-nya. Pilihlah lapto yang minimal memiliki kemampuan di atas core i3 untuk Intel, atau AMD dengan core kemampuan yang setara.

RAM

RAM dapat merupakan memory yang berfungsi untuk menyimpan data sementara ketika program sedang berjalan. Apabila kapasitas RAM-nya semakin besar dan cepat, maka kinerja laptopnya pun akan lebih menunjang.

Untuk itu, pilih lah spesifikasi RAM dengan kapasitas minimal 4 Gb, akan lebih baik lagi jika lebih. Pilih pula laptop yang sudah memiliki RAM dengan teknologi DDR3. Karena kali ini kita membahas laptop untuk design grafis harga 5 jutaan, maka spesifikasi yang kita pilih akan disesuaikan dengan kebutuhan desain.

VGA

Komponen VGA juga tidak kalah vital. VGA berfungsi sebagai komponen yang mengelola performa visual tampilan gambar pada laptop. Untuk  spesifikasi VGA Laptop desain grafis, usahakan spesifikasi minimal di atas 1 GB. Untuk standar desain, 1 GB cukup smooth ketika menjalankan aplikasi Photoshop, namun untuk seri Photoshop CS 5 ke atas, akan terasa kurang smooth, dan terkadang terjadi lag.

Dalam memilih VGA laptop, usahakan untuk tidak memilih laptop dengan on board VGA. Pilih laptop dengan VGA yang memiliki RAM Terpisah.

VGA on board memiliki skema berbagi 2 dengan RAM. Jadi, jika laptop memiliki RAM 4 GB dengan skema VGA on board, maka RAM 4 GB tersebut akan dibagi untuk memory RAM dan untuk memory VGA.

Hal ini dapat memperlambat kinerja serta menurunkan performa tampilan visual laptop. Untuk hasil yang maksimal, gunakan laptop yang menggunakan VGA Nvdia atau ATI Radeon.

Itulah beberapa daftar harga list laptop untuk desain grafis harga 5 jutaan kebawah. Perhatikan pula 3 kompenen penting tadi saat akan membeli laptop untuk desain grafis.

Postingan terkait: