Diet Finansial, Solusi di Saat Pengeluaran Membengkak

Iklan by Google

Iklan by Google
Iklan by Google
Diet tidak hanya berlaku untuk tubuh saja. Ada kalanya kondisi keuangan juga diharuskan mengikuti program diet. Perencana keuangan Finansia Consulting, Eko Endarto menyatakan, bahwa tujuan utama melakukan diet finansial yaitu untuk menjaga kondisi keuangan Anda tetap berada dalam porsi yang seimbang.

Seimbang yang dimaksud yaitu kondisi dimana pendapatan dan pengeluaran Anda tetap dalam kondisi stabil, dengan kata lain pengeluaran Anda masih dalam batas wajar.

Diet keuangan tidak hanya dilakukan pada orang-orang yang sedang mengalami masalah keuangan saja. Anda yang memiliki keuangan masih dalam batas koridor baik pun bisa melakukannya. Selain dapat membantu menekan pengeluaran Anda lebih rendah, program diet finansial juga dapat menjadi solusi mengendalikan sifat konsumtif.

Untuk mengetahui harus tidaknya Anda mengikuti program diet finansial, Anda harus meninjau kembali rasio keuangan dengan melihat rasio utang yang Anda miliki. Apakah tidak lebih dari 30% penghasilan Anda perbulan, atau sudah melebihi nilai tersebut. Jika memang rasio keuangan Anda berada di atas 30%, berarti ini saat yang tepat untuk melakukan diet finansial.

Sama seperti diet tubuh. Anda juga diharuskan membuat plan tersendiri untuk keuangan Anda. Plan ini berlaku selama beberapa minggu, atau sebulan. Buat list hal-hal apa saja yang berpotensi membuat pengeluaran Anda lebih besar, dan mana saja yang dapat menjadi alternatif atau solusi dari besarnya pengeluaran tersebut.

Cari tahu masalahnya,deteksi penyebabnya, setelah itu tentukan formula yang cocok. Merasa pengeluaran Anda kian gemuk? Inilah saatnya untuk diet finansial.
Iklan by Google