Daftar Situs Belanja Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia


Daftar Situs Belanja Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia - Kian cepatnya pertumbuhan teknologi internet di indonesia, membuat kemunculan situs belanja online atau e-commerce kian menjamur. Tidak hanya situs belanja online besar saja, online shop yang masih berstatus pribadi dan UKM pun juga banyak bermunculan.

Tidak hanya itu, saat ini banyak start up besar muncul dengan beragam keunggulannya masing-masing. Tidak hanya menjual produk atau brand miliknya sendiri, banyak pula start up yang mengusung situs belanja online dengan mengusung konsep market place.

Konsep market place memang sedikit berbeda, di mana website yang dibangun bertujuan untuk mewadahi para penjual dan pembeli bertemu. Sehingga, mereka dapat melakukan transaksi dengan lebih mudah dan cepat.

Dalam perkembangan bisnis jual beli online, memang ada perbedaan mencolok terkait tipe bisnis yang diusung masing-masing website, seperti: C2C (Cunsumer to Consumer) dan B2C (Business to Consumer).

Berikut ini beberapa situs belanja online yang bisa Anda kunjungi, selain belanja online menjadi lebih aman, produk yang tersedia pun juga sangat lengkap. Dukungan aplikasi yang tersedia juga kian mempermudah proses jual beli menjadi lebih cepat dan mudah. Tidak salah jika ke 16 situs e-commerce ini masuk ke dalam daftar situs belanja online terbaik dan terpercaya di kalangan pencinta belanja online di Indonesia.

1# Bukalapak

Bukalapak.com adalah salah satu situs pasar online atau yang dikenal sebagai market place. Nama Bukalapak memang cukup populer di Indonesia, bahkan terkenal pula karena jaringan toko online dan komunitasnya yang kuat.

Secara khsusus, Bukalapak memang mewadahi komunikasi dan diskusi antar sesama penjualnya melalui Komunitas Bukalapak. Di forum tersebut, banyak penjual yang saling bertukar pendapat, berdiskusi, berbagai tips serta ilmu berjualan di Bukalapak.

Bukalapak berdiri diatas nama PT. Bukalapak. Seperti halnya situs belanja online lainnya, model bisnis yang disusung market placenya adalah consumer to consumer (C2C), di mana Bukalapak menyediakan sarana ataupun wadah bagi penjual untuk menjual produknya ke konsumen.

Dengan begitu, siapa pun dapat berjualan di sini. Para penjual bisa menjadi pembeli, begitu juga pembeli bisa menjual barang. Itulah sebabnya model bisnis ini disebut (C2C).

Bukalapak menjadi salah satu market place jual beli dengan iklan pemasaran yang cukup nyentrik. Branding dan awareness yang dibangunnya berhasil mencuri perhatian publik. Terutama iklan mass medianya yang cukup kencang berpromosi.

Mulai dari layar kaca, selective ads (di commuter line Jabodetabek), hingga digital marketing yang menyeluruh telah mereka canangkan. Hasilnya pun cukup memuaskan. Bukalapak menjadi salah satu situs belanja online dengan trafik dan transaksi perharinya dengan nilai fantastis.

Yang menarik dari iklan dan promo yang dilakukan Bukalapak, yaitu konsep humor dan lucu yang acap kali ditampilkan. Tidak hanya website, Bukalapak pun menyediakan mobile aplikasi baik Android maupun IOS.

2# Lazada Indonesia

Lazada merupakan salah satu situs belanja online atau pusat belanja online yang sudah terkenal di beberapa negara, termasuk Indonesia. Lazada Indonesia menawarkan berbagai jenis produk, seperti elektronik, buku, mainan anak dan perlengkapan bayi, alat kesehatan dan produk kecantikan, peralatan rumah tangga, dan perlengkapan traveling bahkan peralatan olah raga sekalipun.

Lazada Indonesia berdiri pada tahun 2012 lalu. Situs belanja online ini merupakan salah satu cabang dari jaringan retail online besar, yaitu Grup LAZADA International.

Lazada tersebar di beberapa negara di asia Tenggara, yang meliputi Lazada Indonesia, Malaysia, Vietnam, Thailand dan Filipina. Tidak salah, jika Lazada dikatakan sebagai salah satu situs belanja online terbaik di Asia Tenggara saat ini.

Di balik pertumbuhan Lazada, tentu ada nama besar yang menyokong operasional bisnis mereka, yang tidak lain adalah Rocket Internet, yang berasal dari Jerman. Rocket Internet adalah salah satu perusahaan incubator di bidang teknologi internet. Rocket Intenet telah sukses membangun banyak perusahaan-perusahaan online inovatif yeng tersebar dari berbagai penjuru dunia.

3# FJB Kaskus

FJB Kaskus merupakan bagian atau sub forum dari Kaskus. Saat ini, sub Forum Jual Beli Kaskus atau yang dikenal FJB Kaskus berdiri sebagai tempat menjual atau membeli barang, bahkan jasa antar sesama anggota forum.

Kaskus merupakan produk buatan orang Indonesia asli, bernama Andrew Darwis. Awalnya, Kaskus hanya sebuah forum komunitas saja, namun sub forum ini muncul karena banyaknya pengguna kaskus (kaskuser) yang memanfaatkannya sebagai salah satu media atau tempat bertransaksi jual beli online.

Di Forum FJB ini semua user dapat menjual dan membeli barang maupun jasa dengan mudah. Di sub forum jual beli ini, mereka dapat menemukan kategori produk yang cukup lengkap. Dengan sistem rekber (rekening bersama) yang sudah dikelola oleh Kaskus, tentu transaksi jual beli yang terjadi akan lebih aman.

4# Tokopedia

Tokopedia.com adalah salah satu situs belanja online terbaik dan terpercaya yang mengusung konsep mal online di Indonesia. Dengan model bisnis market place, situs jual beli online ini diluncurkan secara gratis.

Tokopedia memang memiliki visi untuk membangun Indonesia yang lebih baik lewat internet. Sejak peluncurannya, Tokopedia mendukung pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air, terutama dalam memasarkan produknya secara online.

Saat ini, Tokopedia telah berhasil menjadi salah satu perusahaan internet terbesar di Indonesia karena keberhasilannya menggait banyak penjual dan transaksi di websitenya. Saat ini Tokopedia bersaing ketat dengan Bukalapak di ranah market place tanah air.

5# Bhinneka

Bhinneka.com adalah salah satu situs e-commerce pelopor online store di Indonesia. Situs jual beli ini masih eksis sampai saat ini. Bahkan, pertumbuhannya pun terus berkembang dan meningkat pesat. Tidak hanya pengunjung dan konsumennya saja yang terus meningkat, merchant yang menjual produknya di situs belanja online ini pun kian banyak. Beragam jenis produk dari berbagai kategori telah tersedia di situs belanja online ini.

Awalnya, Bhinneka pernah menjadi salah satu situs e-commerce terbesar di Indonesia. Di-launching sekitar tahun 1996-1999, Bhinneka.com mengusung slogan Indonesia #1 Webstore. Tagline tersebut memang menunjukan visi dari Bhinneka sendiri, yaitu ingin menjadi platform pilihan online shopping pertama bagi masyarakat Indonesia.

6# Blibli

Blibli.com juga menjadi salah satu e-commerce yang cukup terkenal di Indonesia. Dengan mengusung konsep belanja online ala mal. Blibli.com hadir dengan beragam promo yang tampil di berbagai lini media massa.

Konsep belanja online ala mal yang disusung Blibli.com memang dimaksudkan agar masyarakat Indonesia yang sebelumnya terbiasa belanja di mall secara offline, kini dapat menemukan barang yang mereka inginkan dan membelinya secara online di Blibli.com.

Blibli.com merupakan produk pertama dari PT. Global Digital Niaga, selaku anak perusahaan rokok ternama di Indonesia, yaitu Djarum Grup. Berdiri pada tahun 2010, Blibli bekerja sama dengan berbagai provider kelas dunia, mitra logistik besar, banking partner dan merchant partner dengan menerapkan standar tertentu demi kenyamanan berbelanja para pengunjungnnya.

Tidak sampai di situ, saat ini Djarum Grup melalui Global Digital Prima Ventures (GDP) juga membentuk inkubator yang diberi nama Merah Putih Inc. Inkubator ini merupakan start up berbasis komunitas yang bertujuan memberikan bantuan modal bagi start up lokal yang memiliki inovasi yang baru dan berbeda.

7# Elevenia

Elevenia merupakan salah satu situs belanja online yang mengusung konsep open market place nomor 1 di Indonesia. Beroperasi di atas naungan bendera PT. XL Planet, Elevania hadir untuk memberikan kemudahan, kenyamanan dan keamanan berbelanja secara online.

Situs jual beli online ini memiliki kategori yang cukup lengkap. Dengan menawarkan berbagai macam produk unggulan bagi para pecinta belanja online, saat ini Elevenia memiliki lebih dari 2 juta produk yang ada, dengan 16.000 seller di dalamnya.

Kategori yang tersedia di Elevenia, diantaranya: fashion, beauty, health, babies, kids, home, garden, gadget, komputer, elektronik, sports, hobby, service dan food.

Di bulan Februari 2015 lalu, Elevenia berhasil meningkatkan jumlah seller mereka hingga lebih dari 23.000 seller, dengan live listing kurang lebih 2 juta produk.

Di kurun waktu periode tahun 2015-2016 lalu, Elevenia berhasil menggapai pengguna hingga 1 juta user. Selain itu, mereka telah mengirim lebih dari 400.000 produk. Diperkirakan pula mereka telah meraih pendapatan hingga 250 milyar Rupiah pada tahun 2014 lalu.

8# Zalora Indonesia

Zalora Indonesia merupakan situs web belanja online yang berfokus pada mode pakaian dari berbagai merek, baik lokal dan internasional. Pelanggan yang datang berbelanja, akan disuguhkan servis dan pelayanan yang memuaskan. Bagaimana tidak, berbelanja di Zalora tidak dikenakan biaya pengiriman, bahkan hingga ke seluruh Indonesia.

Selain itu, situs belanja online ini juga memberikan garansi pengembalian barang apabila barang yang didapat konseuman berbeda. Dengan kata lain, Zalora sangat menjunjung tinggi kepuasan pelanggan atas produk yang diterimanya.

Zalora Indonesia di bawah naungan dan dikelola oleh PT. Fashion Eservices Indonesia. Didirikan tepat di tahun 2012 lalu oleh Catherine Sutjahyo, yang juga merupakan bagian dari Zalora Grup di Asia. Bisnis Zalora sendiri tersebar di beberapa negara Asia, seperti Zalora Singapura, Zalora Malaysia, Zalora Vietnam, Zalora Taiwan, Zalora Thailand dan Zalora Filipina.

Zalora memang merupakan anak dari perusahaan online Zalando, yang juga merupakan proyek dari Rocket Internet. Sama halnya dengan Lazada, Zalora secara tidak langsung juga digawangi oleh Rocket Internet.

9# Mataharimall

Mataharimall.com merupakan situs belanja online yang berfokus pada ranah jual beli online yang dimiliki pusat perbelanjaan terbesar di Indonesia, Matahari Departemen Store.

Mataharimall.com memiliki visi sebagai e-commerce yang terbesar dan terlengkap di Indonesia. John Riyadi yang menjabat sebagai Direktur Grup Lippo menyatakan, Grup Lippo sebelumnya telah menginvestasikan dana dengan nominal hingga mencapai US$ 500 juta (Rp 6,5 triliun) sebagai dana operasional bagi Mataharimall.com. Dana ini diberikan untuk oprasionalnya selama 2-3 tahun ke depan.

Sama dengan Bukalapak dan Blibli.com, Mataharimall.com pun juga cukup gencar beriklan dan berpromosi di mass media, seperti televisi.

10# Jualo

Jualo.com merupakan salah satu situs jual beli online yang mengusung keamanan dalam berbelanja. situs belanja online ini juga mengusung jenis C2C (Customer to Customer). Anda dapat dengan mudah menemukan barang baru dan bekas di situs e-commerce ini.

Memang, Jualo didirikan sebagai marketcplace jual beli barang bekas, di mana mereka juga berfokus pada pembeli dengan fitur geo-search, atau mencari barang sesuai dengan estimasi jarak.

Uniknya, pengguna bisa memilih untuk membeli, menjual ataupun menawar barang di Jualo. Selain itu, Jualo juga akan membantu memfasilitasi setiap proses jual beli yang terjadi.

Situs jual beli online ini berada dibawah nama PT. Jualo, berlokasi di Wisma Barito Pacific Lantai 6A Jl. S. Parman kav 62-63 Slipi, Jakarta Barat.

11# OLX

Nama OLX mungkin sudah cukup familiar di telinga masyarakat Indonesia. Dahulunya, situs belanja online barang bekas ini adalah leburan dari dua website jual beli online besar, yaitu Tokobagus.com dan Berniaga.com. Di negara asalnya, OLX merupakan sebuah situs iklan baris yang berasal dari New York, Amerika Serikat.

Dengan trafik yang sangat besar, OLX menjadi salah satu situs belanja online barang bekas yang banyak digunakan para pemburu barang second.

12# Jakarta Notebook

JakartaNotebook merupakan situs e-commerce yang menjual produk komputer dan aksesorisnya. Tidak hanya kategori itu saja, situs belanja online ini kini juga telah merambah alat-alat fotografi, software dan produk IT lainnya.

JakartaNotebook tidak hanya bergerak di lini online saja. Mereka juga telah mendirikan beberapa toko offline yang tersebar di beberapa kota besar, seperti Jakarta dan Surabaya.

Kini merekajuga telah menelurkan situs marketplace bernama JakMall.com untuk me-rebranding JakartaNotebook yang sebelumnya lebih dikenal dengan produk notebook dan komputernya.

Dengan rebranding ini, JakMall ingin menunjukan bahwa mereka tidak fokus situs belanja online untuk peralatan komputer dan asesorisnya saja, namun juga kategori lainnya.

13# Orami

Orami merupakan peleburan antara Bilna Indonesia dan Moxy yang berasal dari Thailand. Dahulunya bilna merupakan situs e-commerce yang menjual produk untuk ibu dan bayi. Namun dengan meleburnya kedua brand tersebut, mereka kini menyasar pasar wanita secara luas. Terbukti dengan tersedianya beragam kebutuhan dan kategori wanita secara lengkap di situs belanja online mereka.

14# Berrybenka

Berrybenka juga merupakan situs e-commerce jual beli yang mengusung konsep sama seperti halnya Zalora. Mereka memang menyasar produk fashion untuk wanita. Namun, kini mereka juga telah merambah produk fashion pria dan produk kecantikan. Berbeda dengan situs fashion lain, Berrybenka memilih bermitra dengan produsen dari lokal dan independen.

15# Qoo10


Qoo10 merupakan salah satu situs e-commerce hasil dari kerja sama antara eBay dengan salah satu marketplace asal Korea Selatan, yaitu Gmarket. Sebelumnya, Qoo10 telah memiliki lebih dari 850.000 pengguna terdaftar. Nilai transaksi yang dicapainya pun menembus angga hingga US$2,4 juta (sekitar Rp 32 miliar) di tahun 2014 lalu.

16# Blanja

Blanja merupakan situs belanja online hasil dari joint venture antara Telkom Indonesia dengan eBay. Belanja sudah beroprasi sejak tahun 2013 lalu. Dimulai dengan 600 penjual, kini Blanja telah memiliki kategori produk lebih banyak dan lengkap.

Itulah 16 Daftar situs belanja online terbaik dan terpercaya di Indonesia. Dengan pertumbuhan yang kian besar, tentu menunjukan bahwa transaksi jual beli online di Indonesia sangat massif.

Apalagi dengan konsep market place yang telah diusung beberapa platform seperti Bukalapak dan Tokopedia, tentu kian memudahkan kita menjual produk secara online. Terlebih fasilitas tersebut dapat digunakan secara gratis.