Cara Transfer Uang Menggunakan ATM, SMS, Mobile dan Internet Banking Mandiri


Permarksaran.com - Cara transfer uang menggunakan ATM, SMS, Mobile dan Internet Banking Mandiri kini cukup mudah dilakukan. Bank Mandiri merupakan salah satu Bank yang memiliki jumlah nasabah cukup besar.

Tidak hanya sebagai tempat menabung, Bank Mandiri juga mempermudah Anda untuk mengirim uang di mana pun, ke mana pun dan kapan pun dengan beragam fasilitas dan cara yang mudah.

Proses pengiriman atau transfer uang memang kerap dilakukan untuk berbagai keperluan. Entah untuk membayar iuran bulanan seperti air, listrik, keredit, atau pun untuk melakukan pembayaran saat berbelanja online. Bahkan, kini kegiatan transfer atau mengirim uang juga dapat dilakukan dengan beberapa pilihan.

Apabila umumnya Anda mengunjungi kantor cabang Mandiri dan mendatangi teller untuk melakukan transfer uang, kini Anda pun bisa menggunakan ATM, SMS banking, mobile banking ataupun internet banking. Berikut ini informasi mengenai cara transfer uang di Bank Mandiri:

Transfer Uang Menggunakan ATM Mandiri

Untuk melakukan transfer uang melalui ATM, caranya cukup mudah.

  1. Pertama, Anda dapat memasukkan kartu debit Mandiri Anda ke mesin ATM, Setelah itu masukan nomor PIN Anda. Pastikan nomor tersebut benar, karena jika Anda salah memasukan PIN sebanyak tiga kali berturut-turut, kartu debit Anda akan terblokir secara otomasit. Kartu debit Anda pun tidak akan dapat digunakan. Jika sudah begini, maka Anda harus mengurusnya ke Bank Mandiri terdekat.

  2. Setelah itu, akan muncul menu di layar mesin ATM, kemudian Anda dapat memilih menu “Transaksi Lainnya” jika transaksi dilakukan antar bank yang berbeda.

  3. Kemudian, pilihanlah menu “Transfer”. Jika sudah, klik “Antar Bank Online”.

  4. Nanti, Anda akan diminta memasukan tiga angka kode bank tujuan. Apabila Anda belum tahu informasi mengenai tiga angka kode unik bank tujuan, Anda dapat memilih “Daftar Kode Bank”. Di sana akan tercantum daftar-daftar nama bank beserta kode uniknyanya. Ingat-ingatlah tiga angka unik bank tujuanmu, bila perlu catat terlebih dahulu. Sebagai contoh, apabila Anda akan mentransfer uang ke Bank BCA, maka kode unik Bank BCA adalah 014.

  5. Jika sudah mengetahui “Daftar Kode Bank”, Anda dapat tekan tombol “Kembali” untuk ke menu sebelumnya, kemudian masukkanlah tiga angka kode bank tujuan yang disertai dengan nomor rekening si penerima. Kemudian klik tombol “Benar”.
    Setelah itu, segera masukan jumlah uang yang ingin Anda transfer. Lanjutkan dengan klik atau pilih “Benar”.
    Jika sudah, maka akan muncul informasi atau data-data seperti nomor rekening tujuan, nama si penerima, dan jumlah transfer uang yang dilakukan. Apabila semua data tersebut telah sesuai dan benar, klik tombol “YA”.

Maka proses transfer uang pun berhasil, dan muncul informasi di layar ATM bahwa transfer Anda berhasil. Setelah itu bukti transfer akan keluar dari mesin ATM. Bagaimana jika Anda ingin transfer uang lewat menggunakan SMS bankin Mandiri?

Cara Transfer Uang dengan Mandiri SMS Banking

Tidak hanya ATM, bank mandiri juga memiliki fasilitas SMS banking. Namun, untutk bisa menggunakannya, pastikan nomor telepon seluler yang Anda gunakan telah terdaftar sebelumnya pada fasilitas SMS banking Mandiri. Apabila belum terdaftar, Anda harus mendaftarkan nomor Anda terlebih dahulu. Caranya dengan mendatangi kantor cabang Mandiri terdekat dan mintalah CS untuk mendafarkan nomor Anda di fasilitas SMS Banking.

Apabila sudah, Anda bisa mengikuti caranya seperti di bawah ini:

  1. Pertama pilihlah menu SMS di layar telepon seluler.

  2. Kemudian ketik TRT dan kirimkan ke nomor 3355.

  3. Setekah itu Anda akan mendapat balasan pesan yang berisikan informasi mengenai konfirmasi PIN. Setelah itu, Anda dapat memasukan nomro PIN yang sesuai.

  4. Untuk setiap aktifitas transfer uang melalui SMS banking Mandiri, maka Anda akan dikenakan biaya kirim SMS. Biaya yang dibebankan sesuai dengan tarif operator masing-masing oprator. Untuk setiap SMS transaksi SMS banking, Anda juga akan dikenakan potogan pulsa sebesar Rp500. Selain itu ada pula cara lain untuk transfer uang dari bank Mandiri, yaitu dengan Mandiri Mobile Banking.

Cara Transfer Uang dengan Mandiri Mobile Banking

Cara menggunakan Mandiri Mobile harus dilakukan dengan smartphone. Karena itu, kita harus mendownload aplikasi mandiri Mobile terlebih dahulu.

  1. Anda dapat mengunduhnya di PlayStore Android atau App Store iOS.

  2. Jika Anda sudah mendownload Mandiri Mobile, maka Anda dapat masuk ke akun Mandiri Anda dengan memasukkan nomor PIN Anda.

  3. Jika sudah berhasil masuk ke dalam akun, segera pilih menu “Transfer”. Kemudian masukkan kode Bank tujuan yang diikuti nomor rekening tujuan dan nominal uang yang akan Anda transfer.
    Setelah itu, Anda akan menerima SMS yang berisi one time password.

  4. Bila sudah, segera masukan password tersebut, kemudian masukkan PIN Mandiri Mobile, dan proses transfer uang selesai.

Selain Mandiri Mobile Banking, Anda juga bisa menggunakan Internet Banking Mandiri.

Cara Transfer Uang Menggunakan Internet Banking Mandiri

Untuk menggunakan Internet Banking Mandiri, baik untuk transaksi atau mentransfer uang, berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Pertama siapkan token internet banking yang sudah Anda dapatkan dari bank sebelumnya. Jika belum, Anda dapat mendaftarkan diri Anda di Bank Mandiri terdekat dan mintalah akses untuk bisa menikmati fasilitas Internet Banking. Setelah itu, Anda juga akan diberi token internet banking.

  2. Pastikan komputer atau smartphone Anda memiliki jaringan internet cukup bagus. Setelah itu, buka halaman www.ib.bankmandiri.co.id menggunakan browser baik di smartphone atau laptop/PC.

  3. Pada laman utama internet banking, Anda akan menemukan form untuk memasukkan username dan PIN Internet Mandiri Anda. Masukan PIN yang berupa enam digit tersebut.

  4. Jika sudah, Anda akan dibawa ke akun Mandiri Anda, pilih “Transfer”, kemudian pilih menu “Antar Bank Online” jika transaksi atau transfer uang dilakukan dengan bank yang berbeda.

  5. Lengkapi semua kolom yang diminta seperti jumlah uang yang akan ditransfer, bank tujuan, serta nomor rekening si penerima.

  6. Setelah itu klik “LANJUTKAN”, maka akan muncul informasi mengenai transaksi atau transfer yang akan Anda lalukan.

  7. Jika data dirasa sudah benar, segera hidupkan token internet Banking Anda, kemudian klik APPLI 1 pada token.

  8. Masukkan angka challenge code yang muncul di laman transfer ke dalam token. Tunggu hingga kode di token muncul.

  9. Jika sudah masukan kode di token ke laman transfer Anda, dan klik “LANJUTKAN”. Maka proses transfer pun selesai.
Nah, itulah beberapa cara transfer uang lewat atm, SMS, Mobile dan Internet Banking Mandiri. Ke-empat fasilitas tersebut memiliki kekurangan dan keunggulan tersendiri. Tinggal pilih mana yang Anda anggap paling mudah.