Cara Membuat Paspor Online serta Persayratannya


Permarksaran.com - Ketika akan berkunjung ke Negara lain, paspor akan menjadi dokumen penting yang tidak boleh terlupakan. Paspor sendiri merupakan dokumen resmi yang dikeluarkan secara sah oleh negara. Paspor berisi informasi mengenai identitas si pemilik, meliputi foto, tanda tangan, tempat dan tanggal lahir, kebangsaan dan informasi penting lainnya.

Paspor digunakan ketika melakukan perjalanan antar negara dalam kurun waktu yang ditentukan.

Saat Anda tiba diperbatasan suatu Negara, paspor dapat diibaratkan sebagai identitas Anda sebagai warga Negara asing yang sedang berkunjung.

Namun tidak semua Negara mau menerima warga asing. Ada beberapa Negara yang hanya mau menerima wisatawan atau pendatang dari Negara tertentu saja. Hal ini tergantung kebijakan Negara tersebut.

Jika memang Anda berniat pergi atau berkunjung ke Negara luar, tentunya Anda pun akan membutuhkan paspor sebagai identitas diri nanti. Lantas bagaimana cara membuat paspor?

Cara Membuat Paspor Online

Untuk Anda yang sibuk dan belum memiliki waktu, kini Anda dapat membuat paspor secara online. Lantas bagaimana cara membuat paspor online? Baik, kita akan bahas beberapa hal terlebih dahulu.

Persyaratan Membuat Paspor

Untuk membuat paspor secara online kini semakin mudah. Jika dahulu Anda diwajibkan untuk mengunggah berkas dan dokumen pribadi ketika mendaftar, kini hal tersebut tidak perlu lagi dilakukan.

Saat ini, Anda cukup dengan mengisi data-data sesuai form permohonan pembuatan paspor saja. Permohonan tersebut dapat diajukan di situs imigrasi. Namun, saat veryfikasi nanti, Anda pun perlu membawa berkas dan dokumen tersebut ke kantor imigran domisili Anda. Dokumen dan persyaratan membuat passport tersebut diantaranya:

- KTP (Kartu Tanda Penduduk)

- Kartu Keluarga

- Akta kelahiran/Ijazah/buku nikah

- Paspor lama (Jika Anda ingin melakukan perpanjangan paspor)

Apabila passpor diajukan untuk anak-anak (belum memiliki KTP) maka persayaratannya adalah sebagai berikut:

- KTP orangtua (Ibu dan Ayah)

- Buku nikah ke dua orang tua

- Paspor Ayah dan Ibu (jika ada)

Langkah Membuat Paspor Online

1. Pertama buka situs Dirjen Imigrasi Indonesia di alamat www.imigrasi.go.id kemudian Anda akan melihat menu online service, kemudian pilih layanan paspor online.

2. Setelah itu, Anda akan dihadapkan dengan beberapa pilihan menu, kemudian Pra Permohonan Personal (Jika kita baru pertama kali membuat paspor).

3. Dihalaman ini Anda harus mengisi formulir yang tersedia secara lengkap dan benar (sesuai data yang Anda miliki). Pada kolom “Jenis Permohonan” Anda dapat memilih paspor biasa. Untuk kolom “Jenis Paspor” Anda dapat memilih 48H Perorangan.

4. Di menu ini, ada 2 jenis pilihan paspor perorangan, yaitu paspor 48 Halaman sebagai paspor umum untuk perorangan, atau paspor 24 Halaman yaitu paspor yang digunakan bagi Tenaga Kerja Indonesia (TKI).
Untuk biaya pembuatan paspor secara online kurang lebih Rp. 355.000 dengan perincian:

- Biaya paspor (48H perorangan): Rp 300.000

- Biaya biometrik: Rp55.000

Biaya untuk perpanjangan sama dengan pembuatan paspor baru.

5. Setelah itu, Anda akan di bawa ke halaman form pengisian data. Anda akan diminta mengisi semua data dengan benar.

Pastikan data yang Anda masukan sesuai, jangan sampai salah satu huruf atau angka sekalipun. Jika sudah, maka pilih “Lanjut”. Setelah itu, Anda akan dikirimkan notifikasi surat pengantar yang ditujukan ke bank untuk proses pembayaran.

6. Anda diharuskan membayar sesuai jumlah nominal yang tertera. Pembayaran dapat dilakukan atas bank BNI. Yang perlu diperhatikan, di sini Anda harus menyetor uang secara tunai. Dengan kata lain, Anda tidak bisa melakukan pembayaran melalui internet banking ataupun ATM.
(Sebagai catatan, saat pembayaran nanti, Anda akan dikenakan biaya administratif sebesar 5000 Rupiah. Anda dapat menyimpan bukti pembayarannya tersebut).

7. Setelah pembayaran dilakukan, Anda dapat membuka kembali email notifikasi yang dikirimkan oleh department imigrasi. Anda dapat klik tautan yang terlampir di email tersebut.

8. Setelah itu, Anda akan dibawa ke halaman verifikasi (www.imigrasi.go.id). Anda dapat mengisi form mengenai tanggal veryfikasi data, foto dan wawancara. Jika sudah, Anda akan menerima tanda terima permohonan yang dikirimkan ke alamat email Anda kembali.

9. Kemudian, Anda dapat mencetak dan menyatukan bukti tadi dengan berkas dan syarat pembuatan paspor yang telah diperincikan sebelumnya di pembahasan awal. Bawa semua dokumen asli dan dunakan pakaian yang rapi (jangan memakai warna putih).
Note: walaupun pembahasan kali ini cara membuat paspor online, nyatanya Anda tetap diwajibkan mendatangi kantor imigran.

Kapan Pengambilan Paspor Dapat Dilakukan?

Pengambilan paspor bisa dilakukan kurang lebih setelah 4 hari. Pengambilan terhitung dari hari di mana proses foto dan wawancara dilakukan. Untuk tanggal pasti pengambilannya akan ditentukan oleh petugas dari kantor Imigrasi terkait.

Mungkin itu saja beberapa langkah cara membuat paspor online kali ini. Keuntungan membuat paspor online, yaitu kita hanya perlu mendatangi kantor imigran sebanyak 2 kali saja, yaitu saat wawancara dan verifikasi, serta pengambilan paspor. Hal ini tentu lebih mudah dibandingkan kita mengajukan pembuatan paspor secara langsung di kantor imigrasi yang kerap kali ramai dan harus mengantri.

Sumber Referensi:
  1. https://www.cermati.com/artikel/cara-buat-paspor-online-yang-mudah-dan-cepat.

  2. http://www.pasporonline.com/cara-membuat-paspor-secara-online.