Cara Bayar Listrik di Indomart dan Alfamart Kini Semakin Mudah

Permarksaran.com - Retail swalayan Indomart dan Alfamart kini semakin berkembang hingga ke pelosok-pelosok daerah. Keberadaan Indomart dan Alfamart hampir dapat ditemui di sepanjang jalan hingga lokasi umum, seperti sekolah, kampus bahkan perumahan sekalipun.

Tidak hanya sebagai retail yang menjual  berbagai kebutuhan rumah tangga saja, bisnis waralaba ini juga menjual jasa dan kebutuhan lainnya, seperti pembayaran listrik, saldo listrik, salso pulsa, bayar BPJS Kesehatan, kredit leasing, telpon atau yang lainnya.

Salah satu layanan pembayaran yang paling banyak digunakan yaitu layanan pembayaran listrik.  Kedua ritel ini memang mempermudah bagi kita yang ingin membeli dan membayar iuran dan saldo listrik secara mudah dan cepat. Karena lokasinya yang tersebar dan mudah ditemui, tentu membeli di Indomart dan Alfamart dapat menjadi pilihan dibandingkan kita mencari konter pembayaran listrik biasa.

Untuk Anda yang masih bingung mengenai cara bayar listrik di Indomart dan Alfamart, kali ini kita akan membahasnya satu persatu. Sebagai gambaran, membeli listrik di Indomart dan Alfamart akan jauh lebih efektif dan efisien.

Bayar Listrik di Indomart, Bagaimana Caranya?

Persaingan kedua retail waralaba ini memang sudah berlangsung lama, di mana usia Indomart ternyata satu tahun lebih tua diabanding usia berdirinya Alfamart, yaitu pada tahun 1988. Sampai saat ini pula, Indomaret diperkirakan telah memiliki lebih dari 12.000 gerai. Di mana keseluruhannya telah tersebar tidak hanya di pulau jawa saja, namun juga kawasan Indonesia lainnya. Seperti yang telah dibahas sebelumnya, Indomart juga menyediakan jasa pembayaran listrik.

Cara membayar tagihan listrik di Indomaret juga cukup mudah. Caranya adalah:

  1. Kunjungi gerai Indomaret terdekat domisili Anda

  2. Langsung temui kasir, kemudian berikan ID pelanggan PLN milik yang Anda miliki.

  3. Setelah itu, pegawai kasir tersebut akan mengeceknya data tersebut di perangkat komputer.

  4. Pegawai kasir akan memberitahukan total tagihan listrik yang akan Anda bayar.

  5. Bayarlah total tagihan listrik Anda sesuai tagihan yang disebutkan oleh petugas kasirnya.

Nanti, Anda juga akan diberikan bukti transaksi jika pembayaran listrik Anda telah dilakukan.

Bayar Listrik di Alfamart, Ini Caranya

Hampir sama seperti Indomart, Alfamart juga diyakini telah memiliki gerai hingga lebih dari 12.000. Terpaut satu tahun, yaitu sejak tahun 1989, Alfamart terus tumbuh membayangi kesuksesan Indomart. Alfamart sendiri tidak hanya menjual produk kebutuhan rumah tangga dan makanan saja, namun juga jasa pembelian vocher, pembayaran cicilan dan tagihan, pengisian saldo pulsa, pemesanan tiket transportasi, wahana dan konser, jasa kurir, hingga pembayaran listrik.

Caranya hampir sama seperti penjelasan sebelumnya, yaitu:

  1. Anda dapat mendatangi salah satu gerai Alfamart terdekat.

  2. Lalu datangi meja kasir. Jika terdapat antrean, silakan tunggu antrian hingga selesai.

  3. Bilang kepada petugas kasirjika Anda ingin membayar tagihan listrik.

  4. Setelah itu berikanlah nomor ID pelanggan PLN Anda.

  5. Tunggu dan bairkan petugas kasir tersebut mengeceknya.

  6. Anda setelah itu akan diberitahu total tagihan listrik yang harus Anda bayar sesuai jumlah di layar monitor kasir.

  7. Serahkan uang pembayaran Anda sesuai jumlah total tagihan yang sebelumnya telah mereka sebutkan.

  8. Jika sudah, Anda akan diberikan bukti pembayaran oleh petugas kasir.

Bagaimana? Mudah bukan cara bayar listrik di Indomart dan Alfamart itu? Yang terpenting, Anda harus mengetahui nomor ID pelanggan PLN yang Anda miliki. Tanpa nomor ID tersebut, Anda tidak bisa membayar listrik di Indomart maupun di Alfamart. Hal ini juga berlaku sama ketika Anda membeli saldo listrik prabayar PLN.

Postingan terkait: