10+ Fungsi-fungsi Komunikasi dan Penjelasannya


10+ Lebih Fungsi-fungsi Komunikasi dan Penjelasannya - Komunikasi atau yang dalam bahasa Inggris, communication, merupakan sebuah aktifitas di mana seseorang melakukan interaksi dengan orang yang lainnya menggunakan simbol-simbol verbal maupun non verbal, contohnya bahasa Indonesia (verbal) atau bahasa isyarat (non verbal). Komunikasi yang digunakan oleh seseorang memempunyai tujuan tertentu, baik itu untuk kelangsungan hidup pribadinya dan kelangsungan hidup masyarakat di sekitarnya.

Semua orang, termasuk kamu, pasti berkomunikasi baik dengan orang di lingkungannya ataupun dengan orang lain di sekitarnya. Sebab pada dasarnya dalam diri manusia terdapat sifat sosial yang tidak bisa hidup sendiri.

Dengan berkomunikasi seseorang bisa menyampaikan isi pikirannya dan berdiskusi dengan orang lain. Dengan berkomunikasi seseorang juga dapat berinteraksi dengan orang lain. Dengan berkomunikasi seseorang pun bisa menghibur, mendidik atau memprovokasi orang lain.

Komunikasi mempunyai banyak fungsi. Para orang ahi dan berpengalaman dalam bidang ilmi komunikasi, sperti halnya Effendi, Thomas M. Scheidel, Rudolf F. Verderber, Gordon I. Zimmerman, serta Judy C. Pearson & Paul E. Nelson mengungkapkan berbagai fungsi komunikasi yang dilakukannya. Berikut ini berbagai fungsi komunikasi menurut pakar komunikasi.

1. Menyampaikan opini dan perasan

Seperti yang disebutkan Effendi dalam bukunya, bahwa di antara fungsi komunikasi ialah pengungkapan emosional. Dengan berkomunikasi kamu dapat mengungkapkan apa yang kamu pikirkan dan rasakan. Mengungkapkan pendapat, pikiran dan perasaan individu untuk orang lain memang penting. Sebab dengan mengungkapkan isi pikiran dan emosi tersebut, baik marah, senang, kecewa, gembira, atau emosi, orang lainnya pun jadi memahami apa yang kamu rasakan. Di lain pihak, kamu bakal mendapatkan pengakuan dan perasaan diakui sebagai makhluk sosial yang membutuhkan interkasi dan sosialisasi

Namun terdapat batasan tertentu yang harus juga kamu jaga dalam pengungkapan isi pikiran dan perasaan. Ada norma yang mesti diperhatikan, serta menjaga perasaan individu saat berkomunikasi. Misalnya, usahakan tetap tidak mengungkapkan kemarahan pada seseorang di depan umum. Berikan teguran untuk seseorang secara individu dan halus tidak di depan umum.

Contoh lain, saat mengungkapkan perasaan lewat media sosial seperti facebook misalnya. Hindari memposting urusan yang mempunyai sifat pribadi, contohnya persoalan dalam masyarakat tempat kamu tinggal. Masalah ini bukanlah sesuatu yang layak di umbar ke publik.

2. Berinteraksi sesama manusia

Seperti yang sudah kamu ketahui bahwa manusia ialah mahluk sosial, tidak bisa hidup sendiri dan butuh bersosialisasi dengan orang lain. Thomas M. Scheidel mengatakan bahwa dengan kamu berkomunikasi, saya dan kamu bisa membina interaksi sosial sesama anggota masyarakat di lingkungan sekitar. Dengan begitu kamu tidak terisolasi atau terpencil dari pergaulan di masyarakat, sekaligus hal itu untuk mengawal dan menjaga norma dan aturan dalam kelangsungan hidup bermasyarakat.

Dengan berkomunikasi saya dan kamu bisa berdiskusi, bekerjasama, dan mengerjakan interaksi sosial lainnya bersama.

3. Memberi Informasi

Informasi merupakan hal yang cukup penting. Informasi bisa meminimalisir kita mengerjakan suatu kesalahan. Misalnya pemberian informasi tentang arah sebuah lokasi. Atau informasi tentang teknik dalam memakai sebuah alat.

Melalui komunikasi, informasi tentang sebuah peristiwa, masalah, tingkah laku, atau lainnya bisa disampaikan. Informasi yang dikatakan bisa dipakai untuk menilai dan mengevaluasi sebuah hal, dan menyerahkan alternative opsi yang dapat diambil.

4. Menambah Wawasan/ Pengetahuan

Menurtu Effendi di antara fungsi komunikasi ialah ‘to educate’ atau mendidik. Dengan melakukan komunikasi, kita bisa mengucapkan pengetahuan, ide, atau gagasannya dan memungkinkan kita untuk melakukan transfer ilmu dari seseorang untuk orang yang lain. Dengan begitu wawasan dan pengetahuan seseorang tentang sebuah hal dapat menjadi bertambah.

Contohnya komunikasi yang dilakukan oleh seoran guru kepada anak didiknya, seorang dosen untuk mahasiswanya, seorang pelatih untuk muridnya, atau seorang penceramah untuk audiencenya.

5. Aktualisasi Diri

Berdasarkan penjelasan dari Thomas M. Scheidel, seseorang berkomunikasi dengan orang lain untuk saling mengaku dan menyokong identitas dirinya. Akualisasi diri merupakan sebuah tujuan manusia, dan bisa dilakukan dengan mengerjakan komunikasi. Dengan berkomunikasi seseorang bisa mengakui eksistensi dan potensi dirinya pada orang lain. Dilain pihak, hal itu pun juga menolong seseorang untuk bisa lebih mengenal dirinya sendiri.

6. Fungsi Komunikasi untuk Hiburan

Dengan berkomunikasi seseorang bisa menghibur orang lainnya serta mendapat penghiburan dari orang lain. Rudolf F. Verderber mengaku bahwa fungsi komunikasi juga termasuk untuk kesenangan. Effendi pun mengakui bahwa di antara fungsi komunikasi ialah ‘to entertain’, yakni menghibur orang lain. Contohnya komunikasi yang bisa dilakukan adalah pelaku stand up comedy yang ketika ini sedang di gandrungi.

Hanya dengan memperhatikan ucapan dari komika yang sedang mengerjakan stand up comedy, orang-orang dapat tertawa dan terhibur. Seseorang pun dapat memberikan nuansi hiburan untuk orang lain dengan .

7. Mengurangi atau menghilangkan Ketegangan

Ketika sedang menghadapi sebuah masalah atau sedang bersiap melakukan performance di panggung, seseorang seringkali merasakan ketegangan dalam diri. Dengan berkomunikasi, seseorang dapat meminimalisir atau menghilangkan rasa tegang yang melandanya. Di samping itu, andaikan sedang terjadi pertentangan antar individu atau kelompok, sedang berada dalam ruangan bersama orang asing, dengan mulai pembicaraan dan saling bekomunikasi, ketegangan yang timbul bakal mencair dan bisa direda.

8. Mengisi waktu

Waktu berlaku sama untuk masing-masing orang. Dalam sehari, ada 24 jam atau 1440 menit yang bisa dimanfaatkan oleh manusia di bumi. Dalam mengerjakan kegiatan atau pekerjaan keseharian bisanya ada masa-masa jeda atau masa-masa kosong, contohnya ketika beirstirahat misalnya dan kamu dapat isi dengan berkomunikasi.

9. Mempengaruhi orang lain

Thomas M. Scheidel menjelaskan bahwa dengan berkomunikasi seseorang bisa mepengaruhi orang lain supaya berpikir, merasa, atau berprilaku dengan apa yang diharapkannya. Senada dengan pengakuan Effendi bahwa di antara fungsi komunikasi ialah ‘to influence’ atau memprovokasi orang lain.

Dengan mengucapkan ide, gagasan, atau apa yang kamu pikirkan untuk orang lain, saya dan kamu bisa merayu seseorang supaya mempunyai sikap serta prilaku yang sama dengan yang kamu harapkan.

10. Menunjukan Ikatan

Setiap orang mempunyai ikatan dengan orang lain, seperti pertemanan misalnya. Dengan melakukan komunikasi seseorang mengindikasikan bahwa dia mengenal dan mempunyai hubungan dengan orang yang mau diajaknya berkomunikasi. Misalnya saat memanggil seseorang dengan panggilan mama, maka orang yang mendengarnya meyakini bahwa ia mempunyai ikatan keluarga – ibu dan anak dengan orang yang dipanggilnya.

11. Memelihara Hubungan

Berdasarkan penjelasan dari Rudolf F. Verderber komunikasi yang dilaksanakan seseorang bisa membina dan merawat hubungannya dengan orang lain. Dengan berkomunikasi seseorang bisa menjalin hubungan baru, persahabatan baru, dkk dengan orang lain. Di samping hal tersebut pun, merawat hubungan yang sudah ada juga membutuhkan komunikasi. Hubungan dengan kekasih misalnya, dapat saja menjadi bobrok jika keduanya tidak memiliki komunikasi yang baik dalam jangka masa-masa lama.

12. Pengendalian

Komunikasi bisa mengatur seseorang untuk beraksi atau bersikap. Misalnya ketentuan untuk tidak menciptakan kegaduhan saat sedang di dalam perpustakaan, atau ketentuan tentang aturan kerja di sebuah perusahaan.

Terdapat banyak petunjuk formal dari sebuah lembaga atau organisasi yang me sti diikuti oleh anggotanya. Dan organisasi itu mempunyai kewenangan guna memberikan hukuman atau sanksi untuk anggota yang melanggar, contohnya mengeluarkan orang itu dari organisasi.

13. Motivasi

Fungsi Komunikasi bisa memperkuat semangat seseorang untuk mencapai dan mengerjakan sesuatu. Seperti yang dilaksanakan semua motivator dalam membangunkan kualitas hidup pendengarnya. Dengan mengkomunikasikan hal itu untuk semua pegawai serta memberitahu apa yang me sti dilaksanakan untuk menambah penjualan, para pemimpin perusahaan dapatkan andai meningkat; dan memotivasi pegawainya supaya bisa memperbaiki kinerja mereka.

14. Mengambil Keputusan

Seperti dijelaskan sebelumnya, dengan komunikasi seseorang bisa mengucapkan informasi tentang sebuah peristiwa atau persoalan sampai dapat memberikan alternative pilihan dan solusi. Dan menurut informasi yang ada, seseorang dapat memberikan penilaian dan analisis tentang keputusan terbaik yang bakal diambil setelah mendengar informasi atau berkomunikasi dengan seseorang.

15. Meminta Pertolongan

Orang tidak akan memahami andai kamu memerlukan pertolongan, dan tidak mengatakannya. Kadang kala orang beda dalam memberikan bantuan, andai kamu tidak memintanya mereka tidak akan tahu. Hanya dengan mengkomunikasikan bahwa kamu memerlukan pertolongan, dan meminta seseorang membantu, kamu dapat menerima pertolongan dari orang yang mendengarnya. Misalnya dengan menelepon nomor darurat (seperti 911), mengatakan jika kini terjadinya kebakaran dan permintaan pertolongan darurat.

Demikian tulisan kali ini tentang fungsi komunikasi ini. Ada 10 lebih fungsi komunikasi yang bisa kamu gunakan dalam dalam kesehariannya.