Cara Memilih Asuransi Mobil Terbaik dengan Lebih Mudah

Asuransi Mobil Terbaik - Kecelakaan mobil bisa terjadi pada siapa saja dan kapan saja, bahkan untuk kendaraan Anda yang terlihat baik-baik saja.

Keteledoran pengendara mobil lain bisa menjadi penyebab kerusakan pada mobil Anda, dengan kata lain mobil Anda menjadi korban dari tabrakan tersebut.

Polis asuransi mobil akan memberikan perlindungan dan meringankan biaya perbaikan dari berbagai kerusakan yang tidak Anda kira sebelumnya.

Mengapa harus memiliki asuransi mobil?

Dengan cover perlindungan dan tanggungan hingga keseluruhan biaya perbaikan, memiliki asuransi mobil terbaik akan menjadi solusi pelindung keuangan Anda. Khususnya dari biaya perbaikan mobil yang kian hari kian mahal.

Apakah Anda pernah mengalami keraguan ketika hendak mencari asuransi mobil untuk kendaraan?
Jika ya, mungkin cara termudah mencari ansuransi terbaik yaitu dengan membandingkan tingkat premi dan fasilitas yang didapat berdasarkan refrensi teman atau anggota keluarga terdekat. Padahal, kini mencari informasi tersebut cukup mudah.

Lantas bagaimana menemukan asuransi mobil terbaik untuk kendaraan Anda?

Ingat! Terbaik bukan berarti lebih murah, atau lebih mahal. Terbaik berarti sesuai kebutuhan Anda.

Memahami Pengertian Asuransi Mobil

Semua orang mengakuinya. Polis asuransi mobil bukan hal yang mudah untuk difahami. Anda mungkin berfikir bahasa dan pembahasan tentang pertanggungan mobil yang tertera di polis cukup sulit dimengerti, terutama untuk Anda yang baru pertama kali bersinggungan dengan asuransi mobil.

Untuk lebih memahami pengertian asuransi mobil, ada baiknya Anda memahami pembahasan di bawah ini dengan seksama.

Ya, beberapa orang mungkin hanya suka membaca kebijakan yang terlihat menguntungkan mereka saja tanpa melihat syarat dan pertimbangan lainnya (Ok, mungkin ya, mungkin juga tidak, namun kebanyakan menjawab ya).

Kekeliruan dan pemahaman yang kurang, terkadang membuat para pemiliki polis asuransi mobil merasa kecewa dengan asuransi kendaraan yang mereka beli, khususnya saat pengajuan mereka ditolak.

Hal ini pun lantas membuat mereka berspekulasi bahwa mereka di bohongi pihak asuransi.

Hal ini juga mungkin membuat Anda berfikir asuransi mobil terbaik itu tidak ada. Oke, untuk itu kita akan membahas mengenai pertanggungan asuransi mobil terlebih dahulu.

Apa pertanggungan asuransi kendaraan itu?

Pertanggungan adalah kewajiban yang diberikan dalam bentuk perlindungan terhadap kendaraan ketika mengalami kerusakan yang diakibatkan kecelakaan atau suatu hal. Dalam beberapa kasus kecelakaan serius, asuransi bahkan berani memberikan perlindungan biaya perbaikan kendaraan secara menyeluruh.

Apa saja pertanggungan yang didapat saat membeli asuransi mobil?

Tentu hal ini sangat variatif. Bisa dikatakan tergantung biaya yang Anda keluarkan. Kalau begitu, asuransi mobil terbaik pasti mahal?

Tentu hal ini relatif, mari kita beranalogi sederhana. Berapa jumlah dana yang akan Anda keluarkan saat mobil mengalami kecelakaan yang tidak diduga sebelumnya?   Rp 2.000.000 – 3.000.000?

Tentu tidak! Jumlah tersebut terlalu kecil. Bagaimana jika kerusakan cukup sering terjadi? Yakinkah Anda siap terus-menerus mengeluarkan uang untuk biaya perbaikan tersebut? Tentu tidak, bukan? Begitu pula jika hal tersebut terjadi pada kendaraan saya.

Kasus itu belum seberapa. Bagaimana jika mobil yang baru Anda beli dicuri?

Yakin, Anda ingin siap merelakan biaya yang Anda gunakan untuk membeli kendaraan tersebut hilang sia-sia tanpa sisa? Jika saya diposisi tersebut pasti menjawab tidak! Bagaimana dengan Anda?

Baik, Anda sudah mengerti tentang pertanggungan dan perlindungan? Lantas apa saja perlindungan yang asuransi mobil berikan?

Jika kendaraan yang diasuransikan adalah kendaraan baru, tentu perlindungan asuransi mobil terbaik adalah asuransi yang mampu meng-cover kendaraan Anda dari berbagai kemungkinan yang terjadi, khususnya tindak kriminal dan pencurian.

Apa Pengertian Asuransi Kendaraan Itu?

Dengan kata lain, asuransi mobil merupakan bentuk perjanjian antara Anda, selaku pemilik kendaraan dengan pihak perusahaan asuransi, di mana pihak asuransi akan menanggung resiko perbaikan dan perlindungan yang mungkin terjadi pada kendaraan Anda.

Singkatnya, biaya pertanggungan mobil dari resiko atau kecelakaan yang mungkin terjadi akan ditanggung pihak asuransi. Lalu, apa saja perlinundungan dan resiko yang dijamin oleh pihak asuransi?

Perlindungan Comprehensive

Perlindungan yang biasa disebut dengan perlindungan all-risk atau gabungan merupakan asuransi kendaraan yang menjamin biaya sebagian atupun keseluruhan resiko pada mobil Anda. Bisa karena kebakaran, tabrakan, kecelakaan, pencurian, dan kerusakan pada mobil yang diakibatkan tertimpa sebuah benda.

Perlindungan yang diberikan tidak hanya berlaku untuk kerusakan kecil saja, bahkan sebagian kerusakan yang terhitung parah akan dijamin pihak auransi. Anda yang ingin mendapatkan perlindungan ini, biasanya perlu membayar lebih mahal. Untuk dapat manfaat perlindungan ini, maksimal umur mobil adalah 5 hingga 10 tahun.

Perlindungan Total Loss Only (TLO)

Berbeda dari all risk, jenis perlindungan ini lebih ke arah perlindungan terhadap biaya ganti rugi yang diakibatkan kaus pencurian, atau dengan total keruskan minimal 75%.

Cover perlindungan bisa diakibatkan karena kejatuhan benda, kebakaran, tabrakan, kecelakaan lalu lintas, pencurian, ataupun benturan.

Dengan kata lain, Anda baru akan mendapatkan uang pengganti ketika mobil Anda sudah tidak dapat digunakan lagi, atau mengalami kerusakan total.

Perlindungan Perluasan

Mungkin Anda akan bertanya, bagaimana jika mobil mengalami kerusakan yang diakibatkan bencana alam, seperti: banjir, tsunami, angin topan, dan karena letusan gunung berapi?

Kerusakan yang diakibat hal-hal tersebut tentulah tidak masuk di dalam perlindungan all-risk maupun TLO. Untuk itu, asuransi perlindungan perluasan akan membantu melindungi mobil Anda dari kejadian-kejadian tersebut.

Dengan kata lain, asuransi mobil terbaik akan membatu melindungi keuangan Anda dari biaya perbaikan kendaraan yang diakibatkan beberapa hal.

Jangan biarkan kerusakan yang terjadi pada kendaraan memaksa Anda merogoh kantong lebih dalam lagi.

Pastikan Anda tahu apa yang Anda pilih, dan jangan ragu untuk bertanya. Pilih dan tentukan jenis perlindungan lebih bijak dan tepat.

Postingan terkait: