Macam-Macam Zat Pengatur Tumbuh Yang Kerap Digunakan Dalam Dunia Pertanian

Macam-Macam Zat Pengatur Tumbuh  - Bagi kamu yang akrab dengan dunia pertanian, pasti sudah tidak asing lagi dengan zat pengatur tumbuhan atau yang bisa dikenal dengan ZPT. Nah kali ini kita akan membahas macam-macam zat pengatur tumbuhan (ZPT).

Saat ini, ada 5 kelompok utama ZPT, yang diantaranya auksin (auxins), sitokinin (cytokinins), giberelin (giberelins, GA), etilen (etena, ETH), dan asam absisat (abscisic acid, ABA). ke 5 kelompok utama dari zat pengatur tumbuhan (ZPT) tersebut, juga terbagi ke dalam menjadi 3 kelompok jika kita membaginya berdasarkan sifatnya:
  1. ZPT ini bermanfaat untuk pertumbuhan tanaman (positif) : Auksin,Sitokinin, dan Giberelin
  2. ZPT ini bertujuan untuk membantu menghambat (inhibitor) pertumbuhan : Asam Absisat (ABA)
  3. ZPT ini bermanfaat dalam mendukung dan menghambat pertumbuhan : Etilena

Berikut ini penjelasan dari macam-macam ZTP

Macam-macam zat pengatur tumbuh

1. Auksin

Auksin merupakan ZTP berjenis hormon yang kerap ditemukan pada pucuk daun, pucuk akar, dan pucuk batang. Umumnya, di setiap pucuk pada bagian tanaman, contohnya bunga, juga terdapat kandungan zat Auksin. Peran utama dari zat atau hormon ini yaitu untuk membantu percepatan pertumbuhan tanaman.

2. Sitokinin

Sitokinin merupakan salah satu zat atau hormon tumbuhan yang berupa turunan adenine. Di mana zat ini berfungsi untuk membantu merangsang pembelahan sel.

Zat Sitokinin ini, umumnya dimanfaatkan sebagai zat untuk merangsang tumbuhnya tunas tanaman muda. Sayangnya, ZTP ini sering kurang maksimal ketika digunakan pada tanaman dewasa.

Konsentrasi pada zat Sitokinin yang tertinggi umumnya ditemui pada daerah meristematik dan daerah potensi pertumbuhan perkelanjutan, contohnya seperti pada akar, daun muda, pengembangan buah-buahan, serta biji-bijian.

3. Giberelin

Giberelin sendiri merupakan salah satu zat atau jenis hormon memiliki manfaat atau fungsi untuk merangsang munculnya bunga, mempermudah proses pemanjangan batang serta pembungaan yang serempak. 

Giberelin sendiri merupakan salah satu turunan dari asam gibberelat. Dari sekian ratus jenis giberelin, Gibberellic acid (GA3) lah yang acap kali digunakan dalam dunia pertanian.

4. Asam Absisat (ABA)

Zat Asam Absisat yang kerap juga disingkat dengan nama ABA merupakan zat atau hormon inhibitor, Asam Absisat memiliki cara kerja yang berbeda atau berlawanan dengan ZPT lain (Auksin, Sitokinin dan Giberelin). Cara kerjanya justru menghambat aktivitas apical meristematik.

5. Etilen

Etilen merupakan salah satu zat atau hormon yang bekerja untuk mendukung pertumbuhan sekaligus juga untuk menghambat.

Hormon Etilen sangat berperan penting pada proses pematangan buah. Namun apabila pengunaanya dilakukan secara berlebihan justru , dapat berdampak buruk yakni akan menghambat pertumbuhan pada tumbuhan, menyebabkan daun gugur bahkan bisa membuat tanaman menjadi mati.

Nah itulah macam-macam zat pengatur tumbuh yang kerap digunakan dalam dunia pertanian.

Postingan terkait: