Cara membuat ZPT dari Air Kelapa Secara Mudah untuk Pertumbuhan Tanaman

Cara membuat ZPT dari Air Kelapa - ZPT atau zat pertumbuhan tanaman memang kerap dimanfaatkan dalam dunia pertanian sebagai zat yang mampu mempercepat pertumbuhan tanaman. 

Nah, ternyata air kelapa pun bisa kita manfaatkan sebagai bahan dalam membuat ZPT ini. Lantas bagaimana cara membauta ZPT dari air kelapa? Berikut ini ulasannya.

Bahan membuat ZPT dari air kelapa

Siapkan bahan berikut: Rebung bambu 2 kg - Tauge 1 kg - Bonggol pisang 2 kg - Pucuk daun 2 kg - Gula aren atau gula jawa 1 kg EM 4 200 ml - Air kelapa 20 liter

Cara membuat ZPT dari Air Kelapa

Pertama, masukkan semua bahan berkategori padat, seperti rebung bonggol pisang, pucuk daun dan tauge. masukan ke dalam sebuah blender lalu kamu dapat mencang bahan-bahan padat tersebut hingga menjadi halus.

Setelah itu, rebus gula dengan air secukupnya. Rebusa hingga dirasa larut dan tunggu hingga medidih. Jika sudah, kamu dapat mengangkat dan kemudian dinginkan.

Setelah itu, campurkan kesemua bahan di atas ke dalam satu wadah besar. Kamu bisa menggunakan drum terbuka, jika sudah, aduk sampai bahan merata lalu tutup bagian atasiya menggunakan plastik.

Kamu dapat mengikat bagian tepi plastiknya. Jika sudah, simpanlah hingga 1 minggu. Umumnya, setiap 4 hari sekali, fermentasi ZPT tersebut harus diaduk agar fermentasinya merata.

Bagaimana cara menggunakan ZPT dari air kelapa ini?

Pertama kamu dapat merendam benih dan bibit tanaman dengan larutan ZPT yang kamu buat sebelumnya sebelum menanamnya.

Khusus untuk biji-bijian tanaman sayur dan buah, proses perendamannya bisa dilakukan selama 34 jam.

Untuk jenis tanaman kacang-kacangan, cukup dengan 1 jam saja sebelum proses penanaman.

Untuk benih padi, kamu bisa merendamnya selama 12 hingga 24 jam.

Jika bibit tanaman stek direndam, kamu bisa merendamnya selama 1/2 hingga 1 jam saja.

Sedangkan jika untuk bibit umbi-umbian, cukup dengan disiramkan pada lubang tanahnya saja. Lakukan dengan 1 sendok makan saja saat proses penanaman.

Postingan terkait: