5 Teknik dan Cara Mewarnai Gambar Dengan Crayon

Iklan by Google

Iklan by Google
Iklan by Google
Cara Mewarnai Gambar Dengan Crayon – Crayon ialah salah satu perlengkapan popular untuk menggambar dan mewarnai. Tidak hanya di kalangan anak-anak, orang dewasa pun juga kerap menggunakan alat gambar yang satu ini.

Saat kalian duduk di bangku sekolah dasar dahulu, tentu kalian sudah akrab sekali bukan dengan alat gambar yang satu ini? Nah, pada kesempatan kali ini, kita akan membahas beberapa hal mengenai cara dan teknik menggambar dengan crayon.

5 Teknik dan Cara Mewarnai Gambar Dengan Crayon

Bagaimana cara menggambar dengan crayon?

Setiap kita akan menggambar sesuatu, pastikan kita juga mengetahui jenis dan alat gambar yang kita gunakan, begitu juga ketika kita menggunakan crayon. Crayon sendiri memang memiliki bentuk dasar yang unik, yaitu seperti lilin, tetapi bertekstur lebih lembut.

Cara menggambar dengan crayon sebetulnya tidak jauh berbeda dengan menggambar menggunakan alat gambar lainnya. Hal pertama yang mesti kamu fokuskan adalah persoalan tema atau konsep gambar yang akan kamu buat.

Setidaknya, kamu sudah memiliki gambaran apa yang akan kamu buat nanti. Mengapa konsep begitu penting? Karena hal ini juga berkaitan dengan teknik gambar yang akan kamu gunakan nanti.

Sebelum membuat gambar dengan pensil 2B, ada baiknya kamu membuat pola dasarnya terlebih dahulu. Untuk lebih baiknya, kamu bisa membuat dummy atau contoh dasar gambarnya dahulu dikertas lain. Kurang lebih sebagai bentuk pemanasan saja.

Setelah polanya sudah terbentu, jangan lupa membuat bagian-bagaina lainnya. Usahakan, ketika menggambar dengan caryon, buat pola gambar yang sedikit lebih besar.

Umumnya, tekstur crayon yang memiliki ujung sedikit melebar akan sulit jika kamu menggambar detail benda yang terlalu kecil. Berbeda ketika kamu menggambar dengan pensil warna yang memang ujung pensilnya bisa kamu raut jika tumpul.

Selanjutnya kita akan membahas teknik menggambar dengan crayon.

Teknik menggambar dengan crayon


1. Blocking

Blocking ialah salah satu cara menggambar yang popular dan kerap digunakan. Bagaimana caranya menggunakan tekni bloking? Caranya cukup dengan memblok bidang gambar tertentu menggunakan warna tertentu dengan cara menyapunya secara halus.

Sebagai contohnya, misalkan kamu sedang menggambar daun dengan warna hijau, maka untuk bisa menggunakan tekni mewarnai ini kamu bisa menyapukan warna lain seperti hijau muda atau kuning di gambar daun tersebut.

2. Gradasi

Teknik mewarnai selanjutnya ialah gradisi. Setelah proses blocking sudah selesai dilakukan, kini kamu bisa melanjutkan ketahap selanjutnya, yaitu gradasi.

Misalnya, kamu bisa melapisi warna hijau pada daun itu dengan menggunakan warna hijau lain, misalkan yang lebih tua atau warna hijau lainnya. Inti dari teknik ini ialah membuat efek daunnya dengan menggambar gelap ke cerah sehingga membuat warna gradasi yang kontras pada gambar.

Teknik ini dilakukan dengan mendahulukan warna yang gelap terlebih dahulu, kemudian mentrasisikannya dengan menggunakan warna yang lebih muda atau terang setelahnya.

Agar gambar yang dibuat menjadi lebih hidup, kamu pun bisa mengeksplore sesuai dengan kreatifas kamu dalam memadukan berbagai warna lainnya.

Sekedar info, susuna pada tempat crayon yang baru dibeli, memang sudah dibentuk berdasarkan tingkat warnanya. Jadi untuk mempermudah melakukan teknik gradasi, pastikan kamu tidak memindahkan urutan crayon pada kotaknya ya. Beritanda urutan crayon tersebut jika dibutuhkan.

Dengan mengurutan sesuai standar pada kotak, pasti akan lebih memudahkan kamu ketika memilih warna saat membuat gambar gradasi.

3. Mixing

Kemudian, cara atau tekni mewarnai dengan crayon selanjutnya adalah mixing atau pencampuran warna. Teknik ini dilakukan agar bisa menghasilkan warna lebih baik atau lebih variatif.

Ada dua cara yang bisa digunakan untuk melakukan mixing warna, yaitu dengan membuat goresan linear dan circular. Goresan linier umumnya digunakan saat kamu akan mewarnai gambar langit.

4. Finishing

Langkah akhir atau teknik penutup dalam mewarnai dengan crayon kali yaitu finishing. Teknik ini kerap dipakai untuk menghaluskan warna pada bagian-bagian gambar yang masih belum sepenuhnya sempurna.

Biasanya, ketika menggambar dengan crayon, kita kerap menemukan bagian-bagian yang masih putih dan belum terwarnai secara sempurna. Untuk itulah tahap ni dibutuhkan.

5. Scrabbing

Teknik scrabbing atau pengerokan sebenarnya merupakan teknik tambahan, yaitu teknik yang menggunakan scrabber untuk proses penyempurnaannya.

Umumnya saat mewnai gambar dengan crayon, kerap ada sisa crayon di gambar yang menempel. Dengan teknik scrabbing, maka sisa-sisa warna tersebut akan terlepas dan gambar pun bisa lebih halus.


Nah, itulah 5 cara dan teknik menggambar dengan crayon. Walaupun menggambar dengan crayon sudah sering dilakukan, bahkan sejak kita duduk di bangku sekolah dasar, namun teknik-teknik di atas masih jarang sekali digunakan. Kalau kamu, pernah menggunakan teknik mewarnai yang mana saja?
Iklan by Google