Sketchbook, Kertas Gambar untuk Cat Air

Apa itu sketchbook? Yuk kenalan dengan kertas gambar yang satu ini.  Nah untuk kalian yang masih bingung ketika memilih kertas gambar untuk cat air, kalian bisa menggunakan sketchbook.

 Kenapa harus menggunakan sketchbook?
Umumnya, kertas sketchbook memiliki karakter dengan permukaan yang bertekstur kasar pada bagian depan, dan berstektur halus di bagian belakang. Apabila kamu ingin menggambar dengan menggunakan cat air, kamu bisa memilih satu di antara keduanya. Bisa dipermukaan yang bertesktur sedikit kasar, atau juga bagian halus yang satunya.

Karena kertas sketchbook bertekstur sedikit tebal, tentunya dua bagian ini bisa digunakan. Tergantung keinginan kamu saja.

Bagaimana memilih kertas sketchbook untuk cat air?

Nah, bagi kamu yang ingin menggunakan kertas skethbook untuk menggambar dengan cat air, hal pertama yang harus diperhatikan terlebih dahulu adalah jenis kertas yang ingin kamu gunakan.
Tekstur bagian kasar atau bagian halus pada sketchbook tersebut, tentu akan menghasilkan sapuan kuas yang berbeda pula.

Jenis kertas skethbook untuk cat air
Secara garis besar, ada 3 jenis kertas sketchbook untuk cat air, yaitu rough, hot-pressed (HP) dan cold-pressed. Kertas rough lebih bertekstur kasar. Sedangkan kertas HP lebih halus, ratad an mudah mengering. Dan untuk kertas not bertekstur sedang, atau berada di antara keduanya. Kebanyakan para seniman cat air lebih menyukai kertas not.

Ukuran kertas skethbook cat air
Ukuran kertas sketchbook untuk cat air dibagi kedalam jenis ketebalan. Umumnya, dalam satuan gram per meter persegi (gsm) atau pounds per rim (lb). Ketebalan tersebut meliputi 190 gsm (90 lb), 300 gsm (140 lb), 356 gsm (260 lb), and 638 gsm (300 lb). Untuk jenis kertas yang ketebalannya di bawah 356 gsm, akan lebih baik jika diluruskan terlebih dahulu agar tidak mudah melengkung atau mengkerut.

Untuk ketebalan kertas yang cocok ketika menggambar dengan cat air umumnya yang paling baik adalah yang memiliki ketebalan 300 gsm, minimal di atas 185gsm.

Kenapa harus menggunakan kertas yang tebal? Karena kertas yang tebal tidak mudah mengkerut ketika terkenal cat air saat proses penguasan. Terlebih, melukis dengan cat air bisa lebih dari satu goresan, tentunya jika kertas tersebut tidak tebal, maka akan ditakutkan bolong atau sobek.

Untuk merek kertas sketchbook untuk cat air yang berkualitas, kamu bisa membeli merk Canson ataupun Reeves.

Postingan terkait: