Cara Mempromosikan Produk secara Online dengan Sukses

Iklan by Google

Iklan by Google
Iklan by Google
Cara Mempromosikan Produk secara Online - Jika kita baru mengawali bisnis online, kini saatnya mempelajari segala sesuatunya dari awal. Mulai dari promosi bisnis, hingga pemasaran iklan secara online. Berikut ini beberapa di antara cara efektif guna mempromosikan bisnis kita secara online.

Seperti yang telah kita ketahui, suatu website akan kian berarti dan dapat mendatangkkan profit andai website itu dikunjungi oleh banyak pengunjung.

Jika lebih banyak orang yang mendatangi website kita, maka kemungkinan apa yang kita jual lewat situs tersebut terjual lebih besar. Entah kita memasarkan produk digital, ruang untuk iklan, hingga produk nyata (seperti makanan, pakaian, dll).

Akan tetapi, untuk sebagian orang yang masih pemula, terkadang mereka masih bingung dalam membangun dan meningkatkan trafik situs mereka. Memang, hal itu bukanlah perkara mudah, karena tidak semua tau cara mengerjakannya. Berikut ini tips dan cara mempromosikan produk secara Online:

Tips & Cara Mempromosikan Produk secara Online

  1. Facebook


Media sosial satu ini masih menjadi pilihan lebih banyak orang guna menjalin komunikasi dengan teman dan keluarga. Keberadaan mereka menjadi salah satu keuntungan mengapa Facebook menjadi media sosial yang lebih banyak dijadikan media promosi online di samping di website bisnis.

Penggunaan Facebook sebagai media promosi pun dinyatakan lebih mudah dan gampang digunakan oleh semua pemain bisnis online bahkan tidak tidak banyak dari semua pebisnis yang telah mempunyai toko fisik pun telah memanfaatkan Facebook sebagai media promosi produk.

Tidak jarang pun bisnis yang sukses berawal dengan memperkenalkan produk mereka melalui Facebook. Bagaimana cara supaya promosi melewati Facebook dapat sukses? Pertama, pastikan halaman utama Facebook Kita unik bagi konsumen sebab hal ini bakal menjadi pesona dan bisa menciptakan ketertarikan.

Memberi Like menjadi tahapan kedua yang mesti kita dapatkan dari ketertarikan yang dimiliki konsumen tersebut. Ketiga, tidak boleh lupa untuk mengenali target pelanggan dengan menggali orang-orang yang mempunyai ketertarikan dengan halaman Facebook Kita. Terakhir, fokuslah untuk menciptakan konten yang menarik.

Mengirimkan Alamat Web Kita di Status Facebook

Cara ini paling praktis, dan lumayan ampuh. Yakni Kita cukup mengantarkan alamat situs Kita ke Facebook Kita. Misalnya kita baru saja menciptakan posting tulisan baru di blog, maka alamat url posting tersebut dapat Kita kirimkan ke Facebook. Dari sana teman-teman Facebook Kita dapat tahu eksistensi web Kita, mungkin saja mereka tertarik membuka dan mengunjunginya. Bukan tidak mungkin, mereka malah jadi pengunjung setia website Kita.

Promosi web dengan Facebook ini juga dapat menciptakan efek viral, saat ada rekan Kita yang me-like/memberi komentar di Facebook Kita, maka kegiatan teman tersebut akan hadir dan dapat dilihat oleh teman-teman mereka yang lain, dan saat temannya rekan me-like link tersebut, maka dia bakal menjadi teman kita, dan seterusnya. Hasilnya makin lebih banyak orang yang bakal tahu alamat situs Kita.
  1. Twitter

Di samping Facebook, Twitter pun menjadi salah satu di antara media sosial online yang lebih banyak digunakan sebagai media bisnis online. Meski tadinya hanya didesain maksimal 160 karakter, sekarang Twitter dapat menjadi media yang lumayan ampuh untuk menjual produk. Media ini dinilai mudah dicapai oleh pelanggan toko online karena cukup dengan ponsel cerdas (smartphone) mereka bisa mengakses microweb satu ini.

Beberapa teknik sederhana sebenarnya dapat dilakukan untuk memaksimalkan promosi dan pemasaran produk yang kita lakukan dengan media Twitter ini. Salah satunya ialah dengan menggandakan jumlah follower, membuat tweet secara teratur, mempromosikan website secara teratur, rutin melakukan posting tweet, iklan dengan buzzer untuk menambah promosi, atau dengan saling promo akun twitter bisnis online lainnya.
  1. Instagram

Nampaknya media sosial satu ini kini sedang menjadi primadona media bisnis online. Di samping karena dapat menampakkan gambar dan foto produk, pun karena caption yang dapat ditulis dengan lebih panjang apabila dibandingkan dengan Twitter. Instagram pun juga mudah diakses baik dari aplikasi ataupun browser.

Dan, kini media sosial berbagi foto dan gambar tersebut telah menjadi media sosial yang mampu meningkatkan awareness produk bisnis kita di kalangan anak muda.

Inilah salah satu kesempatan besar untuk Kita agar dapat mempromosikan produk dan bisnis dengan lebih mudah dan luas, sebab calon konsumen juga lebih lebih banyak berkumpul di media sosial. Hashtag ialah salah satu kekuatan promosi yang luar biasa andai Kita memakai Instagram sebagai media bisnis.

Di samping itu, aktif berinteraksi dengan semua pelanggan pun menjadi salah satu trik yang dapat membuat pelanggan memiliki perhatian lebih pada bisnis Kita.
  1. Path

Path tadinya dikenal sebagai media sosial yang khusus karena keterbatasan jumlah rekan yang dapat ditambahkan pada akun ini. Meskipun begitu, bukan berarti media sosail yang satu ini tidak dapat diandalkan untuk melakukan promosi dan pemasaran secara online.

Dailybeautyhouse adalah salah satu bisnis yang melengkapi promosi mereka dengan memakai Path. Bisa disebutkan bahwa Path merupakan format private dari Facebook dan Twitter tetapi bukan berarti media sosial satu ini tidak dapat memberikan Kita peluang memperluas jaringan dan pasar.
  1. Kaskus

Media sosial yang satu ini tidak diragukan lagi kemampuannya dalam mempromosikan produk untuk masa lokal. Kaskus dikenal sebagai market place yang lebih banyak digunakan guna berjualan dan dirasakan sebagai media sosial sangat ampuh guna berbisnis, terlebih dengan hadirnya Forum Jual Beli. Memang butuh Kita ketahui bahwa tidak mudah mengerjakan promosi dan bisnis di Kaskus sebab banyaknya penipuan dari bisnis online yang berawal di media sosial ini tetapi bukan berarti tidak barangkali Kaskus dijadikan media bisnis yang ampuh.
  1. Google+

Media sosial pesaing Facebook yang dapat menjadi media promosi dan pemasaran online Kita ialah Google+. Dengan memakai akun ini, lebih banyak pebisnis yang akhirnya dapat mempromosikan bisnis online mereka. Tahukah Kita andai Google+ ternyata adalah produk Google yang kini pun tidak kalah ramai dipakai sebagai media promosi online? Beberapa teknik mudah guna memaksimalkan pemakaian Google+ sebagai media bisnis online Kita ialah dengan menyaring dan menata Gmail dengan Google+ Circles, menciptakan interaksi dengan Hangouts, mengedit dokumen bareng dengan rekan, dan pun merencanakan serta menata acara.
  1. Market Place

Nah selain memakai media sosial seperti halnya yang dijabarkan di atas, kita juga dapat menggunakan website marketplace seperti OLX.co.id, tokopedia.com, elevenia.com, bukalapak.com dan lain-lain. Marketplace ini sangat menolong para pebisnis online guna melakukan kegiatan promo dan pemasaran produk mereka. Tidak jarang semua pemilik bisnis yang telah mempunyai toko fisik pun menciptakan halaman toko mereka di sekian banyak marketplace untuk memperluas jaringan dan menemukan lebih lebih banyak konsumen.
  1. Blog

Media satu ini memang memiliki kesamaan dengan website secara sekilas, tetapi pemakaian blog bukan hanya sebatas untuk menyokong usaha promosi saja. Caranya dengan memuat berbagai tulisan seputar bisnis dan produk toko online, bahkan kita juga bisa memuat berita terbaru tentang toko online kita. Agar hasil semakin mengoptimalkan pemakaiannya, lebih banyak dari pebisnis online yang memakai blog pun dengan memaksimalkan menggunakan SEO untuk meraih lebih banyak pelanggan.
  1. Email Marketing

Email marketing dirasakan sebagai cara kuno, namun masih menjadi salah satu cara pemsaran online yang tidak boleh diremehkan kekuatannya. Email marketing dikenal mempunyai kekuatan yang lumayan besar untuk mengerjakan promosi secara online, sebab hal tersebut lebih mudah dalam memberikan berita promosi sampai penawaran produk teranyar pada semua pelanggan.
  1. Youtube

Website broadcast yang didirikan pada tahun 2005 ini sudah menjadi media untuk mengekspresikan diri mereka melewati video. Youtube adalah salah satu situs yang kini sangat digemari oleh orang dari segala golongan, umur dan jenis kelamin. Oleh sebab itu, mempromosikan bisnis di Youtube telah menjadi bagian yang mesti dilakukan dari rencana promosi sebuah usaha. Langkah utama bila hendak mempromosikan bisnis pada Youtube ialah mengupload video dengan akun individu lalu pilih kelompok yang tepat guna jenis bisnis yang bakal dipromosikan, judul video mestilah unik dan berisi lebih banyak keywords yang digunakan orang agar ketika hasil penelusuran video berhubungan keywords, video kita mudah ditemukan.
  1. Blogwalking.

Apa sih blogwalking itu? Blogwalking ialah suatu istilah di mana kita berkomentar di website/blog lain. Misalnya kita berkomentar di blogdetik, kompasiana, tulisan di situs berita / portal, maka Kita dapat menyertakan link situs Kita pada.

Nah andai ada orang yang mengklik nama kita maka si pengklik tersebut akan ditunjukkan ke situs Kita. Dan dari sanalah trafik dapat Kita dapatkan.

Untuk melakukan pekerjaan blogwalking ini metodenya mudah, Kita mengunjungi sebuah website/blog, baca di antara artikelnya, kemudian berikan komentar (positif dan membangun, tidak boleh mengkritik lagipula mencaci maki) seraya menyertakan link situs Kita pada unsur nama pemberi komentar.

Di samping gratis, teknik ini tidak hanya berfungsi untuk menyebabkan trafik, tapi pun untuk kepentingan silaturahim dengan blogger lain. Dengan memberi komentar di blog lain, maka memungkinkan blog kita untuk pun dikunjungi oleh empunya blog lain, sampai-sampai dari sana hubungan antar blogger pun dapat tercipta.

Dalam melakukan pekerjaan blogwalking, usahakan untuk tidak boleh sampai mengerjakan tindakan spamming, contohnya menebar link secara sembarangan, berkomentar tidak berkualitas, dan sekian banyak tindakan mengganggu lainnya.
  1. Menggunakan Iklan.

Iklan ialah media pemasaran yang lumayan ampuh di internet, di samping ampuh pemasaran dengan iklan pun relatif praktis dan mudah. Hanya saja, jelas kita harus mengeluarkan uang bila hendak beriklan. Ada lebih banyak metode periklanan yang dapat Kita coba gunakan dalam mengiklankan situs Kita, contohnya contohnya :
  1. Beriklan di jaringan PPC lokal Indonesia.
  2. Beriklan di Facebook.
  3. Beriklan di Google Adwords.
  4. Memasang iklan baner di situs lain.
  5. Iklan dalam bentuk tulisan review dari blog lain.
  6. Akan tetapi, bakal jauh lebih baik andai Kita bisa mengandalkan iklan, tetapi Kita dapat juga memadukan sejumlah strategi lainnya.
  1. Menulislah di Media Online Lain

Sudah banyak tulisan yang membahas sejumlah cara supaya tulisan Kita dapat dibaca lebih banyak orang di internet. Nah di samping mengembangkan kegemaran menulis Kita, menulis di sejumlah media online dapat juga menjadi sarana yang mampu meningkatkan trafik web Kita.

Misalnya Kita dapat menulis di forum Kaskus.co.id, kemudian dalam artikel Kita terdapat berisi satu link yang mengarah ke website Kita, dari sana ada lebih banyak orang yang dapat datang ke web kita dari artikel yang Kita bikin di Kaskus.
  1. Photo Blog

Selama ini kita mengenal blog (tulisan) sebagai media curahan / artikel, tidak ada salahnya apabila kita memakai photo blog (catatan yang berupa photo) sebab photo dapat berkata lebih dari seribu kata dibanding dengan tulisan.
Iklan by Google