Cara Cek Kuota Internet 3 Lengkap & Mudah

Cara cek kuota 3 kini bukan perkara sulit, namun tidak sedikit pengguna baru kartu 3 belum tahucaranya, sehingga, terkadang mereka kerap bingung bila ngecek saldo kuota internet tri mereka.

Dengan mengetahui bagaimana cara cek kuota tri mereka, setidaknya mereka dapat lebih mudah mengatur limit kuota mereka. Memang, terkadang ketika asik berinternet kita sering kelupaan sampai memakai kuota melebihi batas maksimal.

Apalagi ketika jaringan 3 kini jauh lebih baik jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Peningkatan kualitas pita jaringan 3 dan jangkauannya yang semakin luas tidak lepas dari campur tangan XL yang kebetulan telah me-merger-nya.

Tidak hanya sebatas jaringan 3G saja, jaringan 4G LTE yang ditawarkan 3, kini telah tersebar di 227 Kabupaten/Kota di Indonesia dan menciptakan keuntungan bagi kita yang ingin berinternet dan streaming musik maupun video namun dengan biaya yang jauh lebih murah.

Sehingga, tidak heran jika tanpa sadar kita malah kehabisan kuota.

Agar kuota internet dapat dikontrol dan di monitor sebaik mungkin, kita mesti tahu bagaimana cara memeriksa kuota internet tri tersebut.

Cek cek kuota dengan phone dial

Cara memeriksa kuota yang sangat sering dipakai dan sangat mudah dilakukan ialah dengan memakai phone dial. Caranya:

  • Ketik *111# setelah itu tekan “dial”
  • Pada dialog menu yang muncul, pilih “cek kuota”
  • Kemudian pilih “kuota data”
  • Pada dialog selanjutnya, kamu dapat pilih “data reguler.”

Untuk memeriksa kuota yang telah kita habiskan, dial phone dapat kita lakukan baik dengan feature phone, smartphone, modem, atau gadget yang lainnya.

Pada umumnya, informasi tentang saldo kuota 3 bakal kita dapatkan dalam bentuk kiriman SMS.

Cek Kuota lewat SMS

 Jika hendak memeriksa kuota dengan memakai pesan singkat, kita dapat mengetik “info(spasi)data” dan kirim ke “234”.

Tidak perlu menunggu lama, kita akan segera dikirimkan SMS balasan berupa informasi tentang saldo kuota yang kita miliki.


Cek Kuota dengan Menggunakan Modem

 Bagi kita yang suka internetan menggunakan modem dan kartu 3, entah memakai laptop, PC (komputer) atau yang lainnya, pastikan driver modem sudah terinstall dan support “USSD Dial.”

Karena hal itu adalah syarat utama ketika kita ingin memeriksa kuota. Kita dapat laukan dengan mengakses menu “dial phone” pada software modem setelah itu dial ke “*111*3*1*1#.”

Mengecek Kuota 3 Menggunakan Internet

 Kamu pun dapat memeriksa kuota yang tersisa dengan memakai browser.

Caranya kita terlebih dahulu mesti mengakses website official 3 dengan alamat www.my.tri.co.id.

Tidak usah takut kuota akan terpakai, walaupun kita tidak punya saldo kuota, kita tetap dapat mengakses website 3 guna memeriksa kuota internet yang kita miliki secara gratis.

Mengecek Sisa Kuota melewati Aplikasi BimaTri

 Cara terakhir yang dapat kamu gunakan guna untuk bisa mengakses informasi tentang saldo kuota internet yang kita miliki ialah dengan memanfaatkan software BimaTri. Namun, pertama kamu harus install terlebih dahulu di dalam smartphone.

Bagi pengguna kartu 3, software ini mesti kita install sebab memiliki banyak kegunaan, salah satunya cek saldo pulsa dan sisa kuota internet beserta masa aktifnya.

Itulah beberapa cara cek kuota 3 yang dapat kita pilih.

Agar tidak gampang kehabisan kuota, lebih baik kamu rajin-rajin memeriksa kuota yag sudah kamu habiskan, dan hindari membuka website-website berukuran besar dan streaming video atau musik.

Kalau saya sendiri lebih memilih cek kuota internet 3 menggunakan aplikasi BimaTri. Selain info kuota internet, di sana juga tertera berbagai informais lainnya, seperti sisa paket telpon, sisa paket SMS dan lainnya.

Yang membuat aplikasi BimaTri menarik, di sana kita pun bisa membeli paket secara langsung. Terkadang, Tri sendiri sering membuat paket sale bulanan dengan beragam promo. Jadi kita pun bisa melihat penawaran apa saja yang ditawarkan Tri di bukan itu.

Postingan terkait: