Resep dan Cara Membuat Donat Goreng Sederhana

Cara membuat donat goreng yang empuk, tentu terletak pada hasil adonan donatnya. Adonan yang lembut adalah yang dapat mengembang dengan baik, atau tidak bantet.

Selain itu, cara menggorengnya pun juga harus diperhatikan. Nah, berikut ini resep dan langkah-langkah bagaimana cara membuat donat goreng secara sederhana dan praktis:



Resep Bahan Adonan Donat Goreng

  1. ½ Kg tepung terigu
  2. 4 sendok makan gula pasir
  3. Air matang sebanyak 200 cc
  4. 2 sendok makan susu bubuk. Kamu bisa memilih varian coklat atau vanilla yang kamu sukai
  5. 3 sendok makan metega
  6. 2 butir telur ayam
Untuk dapat mengembang degan baik, kita bisa menggunakan ragi kue atau fermipan setengah bungkus saja.

Cara Membuat Adonan Donat Goreng

 Donat Goreng

Pertama, kamu harus mempersiapkan sebuah wadah baskom. Wadah ini digunakan sebagai tempat membuat adonan donat.
  1. Kemudian Kocok telur diwadah lainnya. Kamu bisa menggunakan baskom yang lebih kecil. Kocok sampai mengembang.
  2. Setelah itu, masukan tepung terigu, metega, susu bubuk, dan telur yang sudah kamu kocok tadi menjadi satu. 
  3. Masukan pula gula pasir, kemudian aduk-aduk kembali. Lakukan hingga adonan tercampur rata.
  4. Jika sudah, encerkan ragi atau fermipan dengan satu gelas air. Setelah itu, masukan ke dalam adonan, dan aduk-aduk hingga keduanya merata.
  5. Tips dan cara agar donat mengembang: Apabila semua bahan tadi telah tercampur rata, kamu dapat diamkan adonan selama 20 - 30 menit lamanya. 
  6. Birakan hingga ragi yang sudah tercampurkan tadi membantu mengembangkan adonan donat.
  7. Jangan lupa menutup adonan dengan dengan kain atau penutup lainnya. Jangan sampai ada udara atau sinar matahari masuk. Apabila sudah mengembang, adonan donat akan mengembang hingga 2x lebih besar.
Jika hasil ukuran adonan tidak begitu jauh berbeda, berarti adonan tertutup kurang sempurna. Sehingga, proses pengembangan tidak maksimal.

Cara Membentuk Bentuk Donat Goreng



Apabila umumnya bentuk donat adalah bulat dan bolong di bagian tengah, kali ini kamu berkreasi dengan menggunakan bentuk lain.

Kamu bisa membentuk adonan dengan bentuk lucu. Buat kreasi yang unik, namun tidak terlalu sulit, seperti bentuk hati atau bola.

Cara Menggoreng Donat Goreng

Untuk menggoreng adonan donat, setidaknya kamu membutuhkan kurang lebih 1 kg minyak goreng. Cara menggorengnya juga harus diperhatikan.
  1. Pertama, panaskan minyak goreng dalam wajan hingga benar-benar panas sempurna. Apabila minyak tersebut belum panas sepenuhnya, maka bisa membuat donat tidak mengembang saat di goreng.
  2. Agar tidak mengalami kegosongan, kamu dapat menggunakan api kecil, namun jangan pula terlalu kecil ya. Jika terlalu kecil proses pemasakan akan lama dan minyak akan menyerap di adonan donat saat masak.
  3. Jika suhu panas minyak untuk menggoreng tadi benar-benar sudah siap, kamu dapat menggoreng 2 donat untuk percobaan pertama dahulu. 
  4. Perhatikan warna donat, jika bagian bawah donat sudah terlihat berwarna kuning kecoklatan, maka donat harus segera dibalik agar donat dapat tergoreng sempurna dan merata.

Cara Menghias Donat agar Lebih Menarik

Cara Membuat Donat Goreng Sederhana dan Praktis

Setelah donat matang, kemudian ditiriskan. Kini kamu bisa menghias donat dengan coklat meses atau gula pasir. Untuk coklat meses, kamu bisa memberinya mentega terlebih dahulu, kemudian taburkan saat donat masih panas. Hal ini agar coklat dapat menempel di bagian atas donat.

Atau, kamu juga bisa menyiramnya dengan coklat encer panas. Setelah itu taburkan meses atau butiran kacang.

Cara Membuat Donat Goreng Sederhana dan Praktis


Itulah resep dan cara membuat kue donat sederhana dan praktis. Untuk kamu yang ingin mencoba, kamu bisa membuatnya sesuai langkah-langkah diatas.

Tidak hanya sebagai kudapan saja, donat juga bisa menjadi usaha sampingan yang cukup menarik.

Banyak ibu-ibu yang memilih berwirausaha sendiri dengan bisnis jualan donat buatannya.

Apalagi dengan tampilan dan toping yang bervariatif seperti pada donat JCO ataupun donat Dunkin. Tertarik mencoba? Atau mungkin tertarik untuk berjualan donat? Nah, jika kamu tertarik, kamu bisa membuat inovasi donat dengan keju dan pisang.

Postingan terkait: