Cara Pasang Wall Sticker Dinding Kamar Sendiri

Cara Pasang Wall Sticker Dinding Kamar Sendiri – Rumahku istanaku, mungkin itulah filosofi yang tepat ketika menggambarkan rumah tempat yang kita tinggali. Bagaimana pun, rumah adalah tempat tinggal yang paling nyaman. Maka tidaklah salah jika setiap orang ingin menghias rumahnya senyaman dan secantik mungkin, termasuk kamar.

Apa Wall Sticker itu?

Wall sticker merupakan salah satu media yang sering digunakan untuk mendekorasi ruangan secara cepat dan mudah. Selain itu, harga wall sticker pun cukup murah. Karna desain yang beraneka ragam, kita pun bisa meng-costume dan mengkombinasikan wall sticker yang kita ingin sesuai bentuk dan gambar yang kita sukai.

Perbedaan Anatar Wall Sticker dan Wall Paper

Wall sticker tidaklah sama dengan wall paper. Wall sticker adalah stiker yang berfungsi sebagai media tempel untuk melapisi dan mempercantik pada sebagian dinding ruangan saja, sedangkan wall paper adalah media tempel yang melapisi permukaan dinding secara keseluruhan.

Apabila kamu yang ingin mendekorasi kamar sesuai keinginan, wall sticker bisa menjadi pilihan yang tepat. Terutama jika kamu belum begitu faham dengan dunia interior. Dengan wall sticker, kamu juga bisa meng-customize sendiri wall sticker yang akan kamu inginkan di kamar atau ruangan kamu sesuai kreatifitas yang kamu miliki.

Cara Memasang Wall Sticker

Bagaimana sih cara memasang wall sticker itu? Apakah bisa dilakukan sendiri? Ya, tentu saja bisa. Asalkan, kamu mengetahui cara memasang wall sticker yang tepat. Jika dilakukan secara asal-asalan, wall sticker bisa menggelembung atau terlipat ketika proses penempelan. Hal ini tentu akan membuatnya kurang menarik.

Lantas bagaimana cara memasang wall sticker di dinding secara benar. Berikut ini 7 tahap dan cara memasang wall sticker yang benar.

Tahap #1: Usahakan memilih permukaan dinding yang bertekstur halus dan memiliki permukaan yang rata. Permukaan yang bergelombang akan berpengaruh pada kekuatan daya lekat stiker tersebut. Maka, penting bagi kita untuk memastikan terlebih dahulu jika permukaan tembok yang akan kita pasangi wall sticker bertekstur rata.

Tahap #2: Jika dinding yang akan kamu pasangi wall sticker baru selesai dicat, maka jangan terburu-buru menempelkannya. Paling tidak, tunggu minimal hingga 1 minggu atau hingga cat benar-benar mengering. Sama seperti penjelasan pertama sebelumnya, apabila cat pada tembok belum kering sempurn, maka daya lekat wall sticker pun tidak akan maksimal.

Tahap #3: Sebelum menempelkan atau memasang wall sticker, kamu harus membersihkan permukaan dinding atau tembok tersebut terlebih dahulu. Bersihkan hingga tembok tidak ada kotoran, debu atau minyak yang menempel. Apabila dirasa perlu, bersihkan juga dinding dengan lap basah. Setelah tembok dibersihkan, biarkan tembok benar-benar kering. Barulah setelah itu kamu bisa menempelkan wall sticker di tembok tersebut.

Tahap #4: Tahap ini adalah tahap terpenting. Sebelum memasang wall sticker, pelajari dahulu desain dan ukurannya. Jika desain wall sticker yang kamu pilih cukup rumit atau terlalu besar, kamu bisa memotongnya menjadi 2 bagian. Setelah itu kamu bisa menempelnya secara berdampingan. Pastikan kamu menempelnya dengan benar. Walaupun wall sticker dapat dilepas dan dipasang kembali, namun tetap saja jika dilepas dan pasang secara berulang kekuatan daya rekatnya juga akan berkurang.

Tahap #5: Sebelum menempekan wall sticker, pastikan posisinya sudah benar. Jangan menekan wall sticker jika posisinya masih belum benar-benar sesuai keinginan. Apabila sudah, kamu dapat menekannya dengan tangan. Kamu juga bisa menggunakan kain lembut untuk menekannya secara perlahan.

Tahap #6: Tahap ini meliputi proses melepas tempelan belakang wall sticker. Tahap ini juga harus dilakukan secara hati-hati. Usahakan untuk melakukannya secara perlahan-lahan.

Tahap #7: Saat menekan wall sticker, pastikan memulainya dari ujung yang satu hingga ujung yang satunya lagi. Mengapa harus dimulai dari ujung? Hal ini dilakukan agar wall sticker tidak menggelembung. Jika saat menempel ada udara yang terjebak, maka wall sticker akan mengalami penggelembungan.

Itulah tips dan cara memasang wall sticker dinding kamar sendiri yang benar. Bagaimana? Tertarik menggunakan wall sticker untuk medekorasi rumah atau ruangan kamar kamu?

Postingan terkait: