Cara Membuat Isi Risoles Sederhana, Mudah dan Sehat

Cara Membuat Isi Risoles Sederhana, Mudah dan Sehat - Risoles merupakan salah satu kudapan yang cukup terkenal di Indonesia. Risoles sendiri diambil dari bahasa Belanda, yaitu rissole, yang berarti pastri berisi daging. Risoles sendiri dibungkus dengan adonan yang berbentuk dadar, kemudian digorengs dan dilapisi tepung panir serta kocokan telur ayam.

awalnya berisi daging, namun tidak jarang ada juga isi risoles yang dibuat dari sayuran. Jenis isi risoles yang berupa daging, di antaranya daging ayam, daging sapi, daging ikan, udang. Sedangkan sayuran, umumnya jamur kancing, wortel, kentang, atau buncis.

Jenis Isi Risoles di Indonesia

Di Indonesia, ada dua jenis risoles yang dikenal di Indonesia yaitu risoles sayuran bercampur daging tumis, dan risoles berisi ragout.

Untuk risoles yang berbentuk persegi panjang, biasanya berisi daging atau sayur. Sedangkan risoles berbentuk segitiga umumnya berisi ragout. Di Indonesia sendiri, risoles biasa dimakan dengan cara dicocol saus kacang encer, sambal botol, ataupun cabai rawit.

Pada kesempatan ini, kita akan membahas bagainmana cara membuat isi risol sederhana dan mudah. Agar komposisinya seimbang dan sehat, maka kita akan mengkombinasikan isi antara daging dan sayuran secara bersamaan.

Bahan Membuat Isi Risoles

  1. 100 gram daging ayam cincang
  2. 150 gram atau 1 buah kentang
  3. 150 gram atau 3 buah wortel
  4. 3 siung bawang putih kemudian dicincang halus)
  5. 5 batang seledri kemudian dicincang halus
  6. 1/4 cangkir air
  7. 2 sdm minyak goreng untuk menumis
  8. Garam, gula pasir dan merica bubuk secukupnya

Cara Membuatnya:

Rasanya kurang lengkap jika kita hanya membahas cara membuat isi risoles saja tanpa membahas cara membuat risolesnya juga. Untuk itu, kita juga akan membahas lebih lanjut mengenai cara membuat risolesnya.

Bahan Kulit Risoles

  1. 200 gram tepung terigu
  2. 1 butir telur ayam (kalau kecil 2, kalau besar 1)
  3. 450 ml susu cair atau air biasa
  4. 1 1/2 sdm margarin (dicairkan)
  5. 1/2 sdt garam
  6. 1 sdm rata tepung kanji
  7. Bahan Pelapis :
  8. 3 sdm penuh tepung terigu
  9. 100 gram tepung roti
  10. 100 s/d 125 ml air

Cara Membuat Risoles 

  1. Pertama buat terlebih dahulu adonan isi risolesnya. Dimulai dari memotong wortel dan kentang berbentuk kubus atau kotak kecil, serta cincang juga daging ayamnya.
  2. Setelah itu masukan minyak ke dalam wajan penggorengan, dan tumis bawang putih hingga terasa harum. Kemudian, masukan juga cincangan daging. Setelah itu, tumislah hingga daging ayam berubah warna kecoklatan. Jika sudah, masukkan pula sayuran dan tambahkan sedikit air. 
  3. Masukan garam, merica bubuk, dan gula, setelah itu tumis kembali dan tunggu hingga sayuran matang. Cicipi apakah bumbu sudah terasa pas atau belum. kemudian, tambahkan juga seledri, dan masak sebentar. Jika sudah masak, segera angkat dan tiriskan.
  4. Untuk membuat kulit risolesnya, kamu dapat mencampurkan bahan seperti tepung, garam, telur dan beri susu atau air secara sedikit demi sedikit. Kemudian diaduk-aduk hingga merata. Sudah itu, tambahkan pula margarin cair, dan aduk kembali sampai merata.
  5. Selanjutnya panaskan wajan, gunakan wajan anti lengket/ teflon. Kemudian, tambahkan margarine secukupnya dan biarkan hingga mencair. Tuang satu sendok sayur adonan ke dalam wajan yang telah panas, kemudian ratakan. Tunggu hingga kulitnya masak, angkat, dan tiriskan.  Untuk proses selanjutnya, kamu tidak perlu mengoles margarin lagi. Lakukan hingga adonan habis. Umumnya, satu adonan akan menghasilkan 25 lembarisoles kulit , namun hal itu tergantung juga pada ukuran kulit risoles yang kamu  buat.
  6. Jika sudah, buat adonan pelapisnya. Caranya dengan mencampurkan tepung terigu dan air, setelah itu aduk, ratakan dan tiriskan.
  7. Ambillah selembar kulit risoles, kemudian pipihkan, kemudian tuangkan satu sendok makan isi risoles yang telah kita buat sebelumnya di atasnya. Setelah itu, lipat tepi bawah, kemudian lipat kiri dan kanan, kemudian gulung. Jika sudah, lem ujungnya dengan bahan pelapis yang sebelumnya sudah kita buat.
  8. Celupkan tiap gulungan risoles juga ke dalam adonan pelapis, kemudian gulingkan ke tepung roti. Lakukan hingga gulungan risoles habis.
  9. Kemudian, goreng risoles hingga matang dan berwarna agak kekuningan. Angkat, tirisklan dan sajikan dengan saus sambal. 
Risoles pun siap dinikmati sebaga teman minum teh kamu. Komposisi sayur dan daging yang pas, tentu tidak hanya enak, namun juga sehat.

Postingan terkait: