5 Tips dan Cara Melukis dengan Cat Air di Kanvas

Cara Melukis dengan Cat Air di Kanvas - Cat air atau yang juga populer dengan nama aquarel, merupakan salah satu medium lukis yang menggunakan pigmen dengan air sebagai pelarutnya.

Melukis dengan cat air dapat menjadi pilihan dalam mengekspresikan kreatifitas kamu dibidang seni. Walaupun cukup sulit dilakukan, khususnya bagi kamu yang masih sangat pemula, namun seiring waktu, kemampuan melukis kamu juga akan semakin terasah.

Umumnya, kegiatan melukis identik dengan media kanvas. Maka tidaklah salah jika kamu juga mulai mempelajari cara melukis di medium kanvas. Lantas, apa saja langkah dan cara melukis dengan cat air di kanvas yang benar?

Cara Melukis dengan Cat Air

5 Tips dan Cara Melukis dengan Cat Air di Kanvas
Ada beberapa langkah yang harus kamu persiapkan saat akan melukis dengan cat air. Apa saja itu Berikut ini ulasannya:

Pertama, kamu harus membuat sketsa terlebih dahulu di sebuah kertas gambar A4. Jika sudah yakin dengan sketsa yang kamu buat, kamu dapat menggambar kembali sketsa tersebut di kanvas yang telah kamu persiapkan.

Saat menggambar sketsa, disarankan untuk mengguratkan pensil dengan tekanan yang lembut. Hal ini bertujuan agar sketsa tersebut mudah dihapus, khususnya jika terjadi kesalahan.

Setelah proses penggambaran sketsa selesai, mulailah ke tahap proses pewarnaan. Proses tersebut harus dimulai dari pewarnaan kulitnya terlebih dahulu, atau biasa yang disebut background. Untuk beberapa jenis gambar, area kertas dapat dibiarkan tetap putih. Hal ini dilakukan sebagai bentuk efek highlight.

Hindari peletakan tangan di permukaan yang lembab ataupun basah. Hal ini sering kali membuat permukaan kanvas menjadi kotor atau basah.

Mulai melukis dari sisi warna yang ringan terlebih dahulu. Barulah kamu dapat menambahkan variasi warna untuk menambah kepekatan gambar, seperti gradasi warna.

Jika dilakukan secara hati-hati dan teliti, hasil yang kamu dapatkan juga lebih maksimal . Apabila kamu masih bingung, kamu bisa melihat beberapa contoh hasil lukisan cat air di kanvas berikut:

Tips Menggunakan Cat Air dengan Medium Kanvas

1. Sensasi warna

Jika kamu memilih untuk melukis dengan cat air, maka warna yang dihasilkan akan pekat saat basah, setelah itu warna akan menjadi pudar ketika sudah kering.

Oleh sebab itu, kamu harus mewaspadai dan hati-hati memilih pada setiap warna yang telah kamu goreskan di kain kanvas yang kamu gunakan.

2. Cat air telah mongering dapat larut kembali

Walaupun cat air telah mengering, nyatanya cat air mampu dilarutkan kembali dengan kuas yang sedikit basah. Namun, sebaiknya jangan terlalu sering menggesakkan kuas basah di kanvas karena dapat merusak kertas lukis atau kanvas yang kamu gunakan.

3. Mulai menggambar dari terang ke gelap

Saat proses menggambar, usahakan untuk mewarnai bagian yang terang terlebih dahulu. Baru kemudian, lanjutkan kebagian yang gelap. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir kesalahan. Apabila kamu memulainya dari warna gelap, maka saat salah dan kamu ingin menimpanya dengan warna terang akan sangat sulit dilakukan. Namun, sebaliknya, warna terang dapat ditimpa dengan mudah oleh warna berkarateristik gelap.

4. Pilihlah kuas yang dengan kualitas terbaik

Mungkin persoalan kuas sering kali membuat para pelukis jengkel, apalagi para pelukis pemula. Untuk itu, gunakan kuas yang berkualitas baik, jika tidak ingin dipusingkan dengan permasalah ini.

5. Jangan terlalu banyak menggunakan air

Entah sadar atau tidak, penggunaan air yang terlalu banyak saat mencampur warna dapat membuat tekstur kecerahan warna berkurang. Untuk itu, pastikan air yang kamu gunakan tidak terlalu banyak, ataupun sedikit. Komposisi ini penting untuk hasil lukisan cat air yang maksimal.

Itulah beberapa tips dan cara melukis dengan cat air di kanvas yang bisa kamu coba.

Postingan terkait: