Bisnis Jualan Donat, Inilah Analisis Modalnya

Jualan Donat - Bisnis kuliner memang masih menjadi pilihan banyak orang. Bagaimana tidak, prospek keuntungan yang dihasilkannya cukup menjanjikan.

Banyak sekali inovasi-inovasi bisnis makan yang muncul dengan beragam kreasi baru setiap harinya. Hal tersebut tentu menjadi sebuah tanda bahwa keuntungan bisnis kuliner memang cukup menjanjikan.

Walaupun terdengar menggiurkan, nyatanya mencoba peruntungan di bisnis kuliner juga tidak semudah yang dibayangkan. Banyak para pelaku pengusaha dan pebisnis di bidang ini gulung tikar dalam waktu yang terhitung pendek.

Ya, banyak kegagalan pebisnis kuliner terjadi bukan karena permintaan yang terus surut, namun karena konsumen yang sudah mulai jenuh dengan produk atau makanan tersebut. Mungkin terdengar cukup klise, namun itulah yang terjadi.

Makanan dengan rasa yang sama, namun diberi sedikit tampilan yang berbeda, nyatanya mampu membuat pembeli lebih tertarik.

Hal ini berlaku untuk Anda yang ingin berbisnis jualan donat. Walaupun makanan yang satu ini memiliki penggemar yang cukup banyak, namun banyak konsumen yang merasa bosan dengan tampilan dan rasa donat yang ada di pasaran saat ini. Untuk itu, dengan kekreatifitasan dan inovasi baru, bukan hal yang mustahil Anda bisa sukses melakoni bisnis jualan donat ini.

Bisnis Jualan Donat

Hal yang cukup menarik dari bisnis ini, yaitu modal yang tidak terlalu besar. Untuk segmen pasarnya sendiri, donat memiliki penggemar yang cukup besar. Dari kalangan tua dan muda, sudah pasti mengenal makanan yang satu ini.

Rasanya yang manis, dan taburan toping yang menarik seperti coklat, meses, strawberry, bahkan rasa buah seperti selai durian, mangga dan anggur, bisnis jualan donat tentu lebih mudah pemasarannya. Hal terpenting, yaitu kemampuan Anda dalam memahami keinginan pasar dan menuangkan kekreatifitasan Anda agar donat yang Anda jual lebih menarik lagi.

Keuntungan yang didapat dari bisnis ini memang bervariasi. Hal itu tergantung dengan segmen pasar yang Anda tuju nanti. Misalkan Anda menjual donat tersebut di kantin sekolah tentu harga jualnyua pun diantara Rp. 1.000 samapi  Rp. 2000 per donat.

Namun apabila Anda menjualnya di mall atau supermarket, tentu harga yang bisa Anda berikan akan lebih besar. Umumnya sebesar Rp. 5.000 sampai Rp. 10.000 per buahnya.

Untuk lebih mengenalk bisnis jualan donat kali ini, kita akan lakukan beberapa analisis.

Analisa Bisnis Jualan Donat

Pilihan Rasa Donat

Beberapa produk donat yang bisa Anda pilih sebagai varian rasa, diantaranya:
    • Donat Coklat
    • Donat Kacang
    • Donat Meses
    • Donat Keju
    • Donat Keju Pisang
    • Donat Abon
    • Donat Ayam
    • Donat Goreng

    Harga Jual dan Promosi Donat

    Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, harga jual donat tentu tergantung di mana tempat Anda berjualan. Pada pembahasan kali ini kita akan memilih lokasi yang paling umum, yaitu tempat terbuka seperti car freeday. Untuk lokasi ini, maka harga jual yang akan kita pilih yaitu Rp 5.000. Untuk promosi Anda dapat membuka stand dan memberikan sampel gratis, serta mempromosikannya di media sosial seperti Instagram dan Facebook.

    3. Perhitungan Modal dan Harga Bisnis Jualan Donat


    Bahan-bahan umum produksi donat:

    Nama BahanJumlahHarga SatuanTotal
    Terigu25 kgRp. 9.000Rp. 225.000
    Kentang20 kgRp. 7.500Rp. 150.000
    Mentega2 dusRp. 10.000Rp. 140.000
    Gula40 kgRp. 11.000Rp. 440.000
    Varmipan6 bungkusRp. 3.000Rp. 18.000
    Telur10 kgRp. 18.000Rp. 180.000
    Coklat3 batangRp. 11.000Rp. 33.000
    Ayam1 kgRp. 25.000Rp. 25.000
    Abon1 kgRp. 20.000Rp. 20.000
    Kacang2 kgRp. 6.000Rp. 12.000
    Meses2 bungkusRp. 5.000Rp. 10.000
    Minyak9 literRp. 12.000Rp. 108.000
    TOTALRp. 1.361.000

    Itulah beberapa list harga bahan baku yang Anda keluarkan untuk bisa memulai bisnis jualan donat. Namun, list diatas bukanlah patokan, tergantung dengan jumlah yang ingin Anda buat, dan siapa segmen yang Anda tuju. Selain tampilan yang manarik, kemasan juga menjadi faktor penting dalam berbisnis jualan donat. Tertarik mencoba?

    Sebagai variasi resep donat kali ini, kamu bisa membaca cara membuat donat goreng sederhana.

    Postingan terkait: