Cara Memasukan Token Listrik Prabayar PLN Ke Meteran Listrik


Permarksaran.com - Saat ini, banyak masyarakat yang lebih memilih menggunakan listrik prabayar. Selain lebih praktis, listrik prabayar juga mudah dilimit penggunaannya. Itulah mengapa listrik prabayar juga dinamakan listrik pintar.

Untuk Anda yang masih bingung atau baru pindah ke layanan listrik prabayar, tentu Anda akan mengalami sedikit kesulitan. Masalah yang sering sekali dialami, yaitu seputar cara memasukan token listrik PLN.

Untuk itu, kali ini kita akan membahas informasi dan petunjuk bagaimana cara memasukan token listik prabayar tersebut ke dalam meteran listrik.

Cara Memasukan Token Listik Prabayar

  1. Pertama Anda harus membeli terlebih dahulu token listrik PLN

  2. Kemudian masukkan 20 angka kode token listrik prabayar yang sudah Anda beli. Jika sudah, tekan tombol “ENTER” (⏎)

  3. Jika mengalami kesalahan saat memasukan nomor token, gunakan tombol “Backspace”. Tombol tersebut berfungsi untuk menghapus nomor token listrik.

  4. Apabila dilayar meteran Anda tertera “ACCEPT” tandanya kWh sudah berhasil ditambahkan ke meter Anda. Dengan kata lain, token listrik yang Anda masukan telah berhasil.

  5. Apabila notifikasi yang muncul tertulis “REJECT”, tandanya nomor token yang Anda masukan salah. Anda bisa mengulanginya kembali dengan memasukan 20 angka token yang benar.
Cara memasukan token listrik prabayar sebenarnya mudah. Sama seperti mengisi pulsa vocher, Anda hanya perlu memasukan angka token atau nomor saja. Kegagalan pengisian terjadi umumnya karena kesalahan memasukan nomor token.

Arti Indikator LED atau Lampu pada Meter Listrik Prabayar

  1. HIJAU: Persediaan kWh tersedia

  2. KUNING: Persediaan kWh cukup

  3. MERAH: Persediaan kWh hampir habis

  4. MERAH BERKEDIP-KEDIP + ADA BUNYI: Persediaan kWh sudah mau habis
Apabila indikator LED atau lampu berwarna MERAH, ada baiknya segera isi kWh listrik Anda. Ada baiknya pula, Anda juga memberikan informasi kepada orang di rumah tentang arti lampu notif dan cara mengisi token listrik di meteran listrik prabayar Anda.

Sehingga, jika sewaktu-waktu kWh sudah mau habis, orang rumah bisa segera membeli token listrik.

Hal yang perlu diperhatikan ketika memasukan token listrik prabayar ke dalam meteran:

Jangan menekan menggunakan benda tajam (Ada beberapa kasus, di mana orang tersebut menekan tombol meteran dengan benda tajam atau tumpul dikarenakan takut tersetrum.

Hal ini tentu sangat keliru. Meteran listrik prabayar didesain cukup aman saat digunakan)

Jangan memasukan token listrik dalam keadaan tangan yang basah. Kondisi yang basah dapat merusak meteran listrik.

Jangan memasukan atau menaruh benda yang basah kedalam meter (Setelah membersihkan meteran, terkadang ada beberapa orang yang menaruh kain lap basah di area atau dalam meteran listrik milikinya. Sebaiknya hal ini dihindari)

Itulah beberapa informasi tentang cara memasukan token listik prabayar tersebut ke dalam meteran listrik.

Pastikan Anda sudah tahu cara dan arti warna dari meteran tersebut. Jadi, Anda dapat bergegas membeli token listrik jika sudah mau habis. Apalagi jika penjual token listik di rumah Anda sulit ditemui.