Cara dan Syarat Pembuatan SKCK Online dan Langsung Terbaru

Permarksaran.com - Surat Keterangan Catatan Kepolisian atau yang lebih dikenal dengan singkatan SKCK merupakan sebuah surat yang diterbitkan secara resmi oleh Kepolisian Republik Indonesia.

Surat ini diterbitkan oleh Kepolisian Sektor (Polsek) atau Kepolisian Resort (Polres) sesuai domisili si pembuat. Umumnya, SKCK berisikan informasi mengenai informasi ataupun catatan mengenai prilaku si pembuat SKCK sesuai data yang dimiliki kepolisian.

SKCK digunakan untuk persyaratan administratif, seperti melalamar pekerjaan ataupun mengikuti Penerimaan Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Masa berlaku SKCK sendiri terhitung selama 6 bulan, yaitu dimulai dari bulan diterbitkan SKCK tersebut. Sama seperti KTP, SKCK juga harus diperpanjang jika masa berlakunya sudah habis dan memang dibutuhkan.

Walaupun SKCK sudah sangat umum, namun banyak pula masyarakat yang masih bingung tentang bagaimana cara dan syarat pembuatan SKCK tersebut, khususnya bagi para lulusan sekolah yang ingin melamar pekerjaan.

Untuk itu, pada pembahasan kali ini kita akan mereview tentang bagaimana cara dan persyaratan pembuatan SKCK. Pembahasan kali ini meliputi dua cara, yaitu bagaimana cara membuat SKCK langsung di Polsek/Polres, serta cara membuat SKCK Online.

Persyaratan Pembuatan SKCK

Untuk permbuatan SKCK secara langsung di Polsek/Polres, Anda bisa langsung menuju Polsek/Polres terdekat. Namun, sebelum mengajukan pembuatan, ada beberapa persyaratan yang harus Anda persiapkan terlebih dahulu. Berikut ini persyaratannya:

  1. Surat Pengantar dari Kantor Kelurahan

  2. Fotokopi KTP atau SIM

  3. Fotokopi Kartu Keluarga

  4. Fotokopi Akta Kelahiran

  5. Pas foto berwarna terbaru ukuran 4×6 (6 lembar)

Keterangan:

Surat Pengantar dari Kantor Kelurahan: Untuk dapat membuat SKCK, Anda perlu terlebih dahulu membuat surat pengantar dari kelurahan sesuai domisili. Umumnya, untuk bisa mendapat surat pengantar dari kelurahan, Anda harus terlebih dahulu membuat surat pengantar dari RT dan RW domisili Anda.

Jadi tahap pertamanya surat pengantar RT, kemudian RW, barulah pengantar dari kelurahan.

Surat pengantar ini menjelaskan secara resmi bahwa Anda adalah penduduk daerah atau domisili tersebut secara sah, serta memberikan pula informasi bahwa Anda memiliki catatan kelakuanmu yang baik selama menjalankan kehidupan bermasyarakat di daerah tersebut.

Untuk membuat atau mengurus surat pengantar ini, umumnya Anda tidak dikenakan biaya, namun biasanya saja setiap daerah memiliki kebijakan yang berbeda satu sama lain.

Foto kopi KTP atau SIM: Berkas kedua yang harus Anda lampirkan yaitu fotokopi KTP atau SIM yang masih berlaku. Apabila masa berlaku KTP atau SIM Anda sudah habis, segeralah perpanjangan terlebih dulu.

Jika KTP atau SIM sudah, segera fotocopy kartu identitas atau SIM tersebut

Fotokopi Kartu Keluarga: Selain KTP atau SIM, Anda juga diwajibkan melampirkan Fotocopy keluarga. Tanpa dokumen tersebut, Anda tidak bisa membuat SKCK.

Kartu Keluarga sendiri digunakan sebagai informasi ataupun rujukan bagi pihak kepolisian mengenai rekam jejak keluarga Anda melalui anggota-anggota keluarga Anda yang terdaftar. Yang harus diperhatikan yaitu salinan Kartu Keluarga harus yang terbaru.

Fotokopi Akta Kelahiran: Selain dokumen tadi, Anda juga diwajibkan melampirkan fotocopy akta kelahiran.

Pas foto berwarna terbaru ukuran 4×6 (6 lembar): Syarat pemuatan SKCK yang terakhir adalah pas foto. Sama seperti ketikan Anda mengurus dokumen lainnya, pas foto juga berlaku saat akan mengusur SKCK.

Sebagai catatan, foto harus dengan background merah sebanyak 6 lembar.

Syarat Pembuatan SKCK untuk WNA

  1. Untuk warga negara asing atau WNA, syarat pembuatan SKCK-nya adalah sebagai berikut

  2. Fotokopi paspor

  3. Surat sponsor dari perusahaan (asli)

  4. Fotokopi surat nikah (apabila WNA tersebut sudah menikah)

  5. Fotokopi KITAS (Kartu Izin Tinggal Terbatas) atau KITAP (Kartu Izin Tinggal Tetap)

  6. Pas foto 4×6 dengan background berwarna kuning (6 lembar)

Biaya Pembuatan SKCK Terbaru

Jika sebelum peraturan baru diterbitkan, biaya membuat SKCK hanya sebesar Rp10.000, maka sejak 6 Januari 2017 kemarin, biaya SKCK menjadi Rp30.000. Biaya ini bersifat relative, dan berlaku sama, baik di Polsek atau Polres mana pun.

Cara Membuat SKCK Online

Ketika membuat SKCK online, sebaiknya Anda melakukan registrasi sebelum pukul 08.00 di website resmi Polri sesuai domisi Anda dibawah ini:

Langkah Membuat SKCK Online

  1. Kunjungi website Polres domisili Anda.

  2. Selanjutnya cukup mengisi formulir online dan melakukan upload beberapa berkas persyaratan pembuatan SKCK yang telah dipersiapkan sebelumnya.

  3. Untuk bisa mengunggah berkas tersebut, Anda harus men-scannya terlebih dahulu. Memang untuk proses pembuatan SKCK online akan sedikit lebih rumit, karena Anda harus menscannya satu persatu. Jika tidak mempunya alat scanning, Anda bisa mencari warnet atau rental computer terdekat. Sebenarnya dengan fotopun bisa, hanya saja hasilnya kurang begitu bagus.

  4. Setelah proses pendaftaran dan upload selesai dilakukan, Anda akan diberi nomor registrasi sebagai syarat mengambil SKCK di loket Polsek/Polres sesuai website pendaftaran domisili Anda.

  5. Setelah itu, Anda bisa menuju Polsek/Polres untuk melakukan pgambilan SKCK, serta pembayaran.

Jika Anda mendaftar di bawah jam 8 pagi, umumnya siang harinya pun SKCK sudah bisa diambil.

Cara Membuat SKCK di Polsek/Polres Sekitar

Membuat SKCK offline secara langsung di Polsek/Polres domisi sebenarnya hampir sama seperti pembuatan SKCK Online, yang membedakannya hanya kehadiran Anda saja. Caranya:
  1. Anda harus datang langsung ke Polsek/Polres, kemudian menuju loket pendaftaran.

  2. Serahkan persyaratan dan dokumen pembuatan SKCK yang telah Anda siapkan sebelumnya.

  3. Isi formulir secara lengkap.

  4. Tunggu nama Anda dipanggil.

  5. Setalah nama Anda dipanggil, Anda bisa menuju meja petugas, dan petugas akan menanyakan beberapa hal tentang dokumen dan tujuan pembuatan SKCK tersebut.

  6. Setelah itu, tinggal menunggi dipanggil dan membayar biaya penerbitan SKCK.
Itulah beberapa persyaratan pembuatan SKCK serta prosedur cara pembuatannya baik langsung maupun online.

Postingan terkait: